Self Assessment of FKIP Univet Bantara Lecturer

Meidawati Suswandari, Erika Laras Astutiningtyas, Annisa Prima Exacta, Isna Farahsanti

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to find out Self assessment of FKIP Lecturer, Universitas Veteran Bangun Nusantara The method used in this research is a survey. Survey data is collected using a questionnaire. The population is aimed at lecturers in 11 study programs and PPG in the FKIP Univet Bantara Sukoharjo as many as 89 lecturers. The research samples consisted of 46 lecturers who are spreaded from 11 FKIP and PPG study programs. The sampling technique in self-assessment is cluster sampling. The measurement of the self-assessment survey for lecturers in the 2021/2022 academic year uses the Likert scale. Analysis of research data uses scale criteria based on Permendikbud No. 81 A of 2013. The results obtained from this survey research are self-assessment of lecturers in charge of courses in the FKIP Univet Bantara environment in the Good category with a percentage above 80%. This self-assessment builds lecturers' knowledge in planning and monitoring developments in terms of strengths and weaknesses, both between lecturers and students in achieving learning objectives.

 

Keywords: Self assessment, course, study program

 

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui self assessment dari dosen FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Pengumpulan data survey menggunakan kuesioner. Populasi ditujukan pada dosen yang ada di 11 program studi dan PPG di lingkungan FKIP Univet Bantara Sukoharjo sejumlah 89 dosen. Sampel penelitian sejumlah 46 dosen yang tersebar dari 11 program studi FKIP dan PPG. Teknik pengambilan sampel dalam self assessment yaitu cluster sampling. Pengukuran survey self assesment dosen pengampu mata kuliah tahun akademik 2021/2022 menggunakan skala likert. Analisisi data penelitian memakai kriteria skala berdasarkan Permendikbud No.81 A Tahun 2013. Hasil yang diperoleh dari penelitian survey ini yaitu self assesment dosen pengampu mata kuliah di lingkungan FKIP Univet Bantara dalam kategori Baik dengan persentase di atas 80%. Self assessment ini membangun pengetahuan dosen dalam merencanakan dan memantau perkembangan secara kelebihan maupun kekurangan kemampuan, baik antara dosen maupun mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.

 

Kata Kunci: penilaian diri, mata kuliah, program studi


Keywords


Self assessment, course, study program

Full Text:

PDF

References


Cenderawasih, L. (2019). Standar Proses Pembelajaran. In LPPM Cenderawasih. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Cilacap, U. (2021). Standar Isi Pembelajaran. UNU Al Ghazali.

Depdiknas. (2008). Teknik Penyusunan Modul. In Teknik Penyusunan Modul (pp. 1–14). Departemen Pendidikan Nasional.

Desi Indriyani, Yanti Fitria, I. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Devianto, A., Soebiyanto, A., & Wujoso, H. (2014). Perbedaan Self Assessment dan Peer Assessment Terhadap Kompetensi Pemasangan Infus Ditinjau dari Motivasi. Journal of Health, 1(1), 46. https://doi.org/10.30590/vol1-no1-p46-53

DirjenDikti. (2018). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0. In Buku Panduan KPT. Kementrian Pendidikan Tinggi.

Ekayanti Nur Anix, 2Fifi Fauziyah. (2018). Implementasi Performance Based Assessment Dalam. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonom, II(1), 71.

Habibah, S. (2020). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran. Kompasiana, 1. https://www.kompasiana.com/sihaasiaherman/5e9426af097f36097871e462/penggunaan-media-audio-visual-dalam-pembelajaran

Handayani, R., & Wulandari, D. (2021). Modern Assessment dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21 dan Hambatan di Negara Berkembang. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 13. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1363

Hardianti, S. (2018). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas VII SMP Darul Hikmah Makasar. In Skripsi. Progdi teknologi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makasar. http://www.fao.org/3/I8739EN/i8739en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.01.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.childyouth.2011.10.007%0Ahttps://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23288604.2016.1224023%0Ahttp://pjx.sagepub.com/lookup/doi/10

Haryanto. (2020). Evaluasi pembelajaran; Konsep dan Manajemen. In UNY Press.

Ibrahim, M, D. (2006). Naskah Akademik Pengembangan Kurikulumm. In Unsesa University Press (Vol. 1999, Issue December). Unesa University Press.

Iqbal, M., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Ginting, B. A. A., Aldila, F. T., Putri, W. A., Maryani, S., & Ratnawati, T. (2022). Hubungan Persepsi Siswa Dalam Penggunaan Web-Based Assessment Dengan Karakter Siswa Di Smpn 2 Batanghari. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 51–60.

Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457

Kemendikbud. (2021). Keputusan Dirjen Dikti Kemendikbud No.12/E/KPT/2021 “Pedoman Operasional BKD” (pp. 1–22).

Kemendiknas. (2007). Lampiran Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No.24 tahun 2007 “Standar Sarana Prasarana Sekolah/Madrasah Pendidikan Umum.” In Permendiknas (Issue 235, p. 245). http://digilib.unila.ac.id/11478/16/16. BAB II.pdf

Lestari, D., Susiarno, H., & Sukandar, H. (2020). Metode Pembelajaran Kombinasi (Self Dan Peer Assessment) Efektif Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Di Laboratorium Klinik. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 8(1), 48. https://doi.org/10.33366/jc.v8i1.1404

Nadeak, B. (2020). Deskripsi Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta Di Indonesia. Deskripsi Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta Di Indonesia, 98. www.penerbitwidina.com

Otaya, L. G. (2015). Urgensi sikap mahasiswa menilai kemampuan diri dalam belajar melalui asesmen diri (Self-Assessment). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 58–67.

Pontianak, S. (2018). Rencana Pembelajaran Semester Bahasa Mandarin.

Program Studi Sarjana Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Trisakti. (2020). Buku Kurikulum 2020.

Rachmawati, V. Y., Budiyanto, M., & Susiawati, E. (2021). Penerapan Self-Assessment Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Self-Regulation Siswa SMPN 1 Gresik. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(3), 414–421. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/40979/36819

Ristekdikti. (2016). Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. In Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Kementrian Pendidikan Tinggi.

Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874

Sitepu, B. P., & Lestari, I. (2018). Pelaksanaan Rencana Pembelajaran Semester Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 41–49. https://doi.org/10.21009/pip.321.6

Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654

Tangjungpura, U. (2019). Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester Berbasis Daring dan Blended Learning.

Turahman, M. (2016). Ketersediaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 28 Makassar. In Skripsi (p. 53). Universitas Muhammadiyah Makasar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/1817-Full_Text.pdf

UAD. (2016). Kurikulum Pendidikan Tinggi. Progdi Magister Pendidikan Agama Islam UAD.

UMJ. (2016). Buku Pedoman Perencanaan, Pengembangan dan Pemutakhiran Kurikulum Prodi Universitas Muhammadiyah Jakarta. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

UMS, T. (2019). Panduan Pengembangan Kurikulum. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

UMSIDA, T. P. (2020). Pedoman akademik 2020-2021. Pedoman Akademik, 3, 123.

Unimus. (2020). Panduan Kurikulum Perguruan Tinggi Bermutuatan MBKM. In Buku Dokumen Unimus. Universitas Muhammadiyah Semarang. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

UnivJember. (2018). Pedoman Pelaksanaan Penilaian BKD. Universitas Jember.

Unlam. (2021). Dokumen formulir mutu. In Buku Doukmen Formulir Mutu. Universitas Lambung Amangkurat.

Wahyudi, I. (2021). Peran dosen dalam mendukung capaian pembelajaran prodi akutansi: Era merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Forum Ilmiah, 18(4), 420–431.

Wahyuni, D. (2019). Buku Pedoman Pengembangan Perguruan TInggi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. In Buku Pedoman Universitas. Umsida Press.

Wahyuningsih, R., Wahyuni, S., Lesmono, A. D., Program, M., & Pendidikan, S. (2016). Pengembangan instrumen self asessment berbasis web untuk menilai sikap ilmiah pada pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 338–343.

Wedho, M. (2017). Buku Pedoman Praktikum. In Buku Pedoman Praktikum Keperawatan. Penerbit Lima Bintang. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

Wismadi, P. (2017). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Anak yang Mengalami Keterlambatan Belajar di SD Negeri Tunas Bangsa Yogyakarta. Jurnal Universitas Sanata Dharma.

Wolfman, L. S. B. A. (2013). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Yudi, A. A. (2012). Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau Dari Segi Sarana dan Prasarana (Sarana Dan Prasarana PPLP). Jurnal Cerdas Sifa, 1(1), 1–9.

Zamrodah, Y. (2020). Buku Pedoman Airlangga Smart Education. In Buku Pedoman Airlangga Smart Education. Universitas Airlangga Press.

Zura. (2021). Analisis kemampuan guru dalam memanfaaatkan media audio visual pada pembelajaran tematik kelas V SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. In Skripsi. Universitas Islam Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats