Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Etnomatematika dengan Konteks Ertutur dalam Suku Karo pada Materi Relasi Kelas 10 SMA

Robin Tarigan, Efron Manik, Dame Ifa Sihombing

Abstract


Abstract: One of the problems in learning mathematics is that students tend not to understand concepts that depend on the mathematical material they are learning, and teachers use learning tools that make teachers and students not passive in learning, thinking, and learning. The culture of the Ertutur area of the Karo tribe must also be reached by the younger generation so that it does not disappear. This study aims to develop an ethnomathematics-based learning tool with the context of Ertutur in the Karo tribe in class 10 Senior High School material that is valid, effective and practical in order to improve meaningful learning. This type of research is research and development with the Plomp method which consists of 5 stages, namely initial assessment, design, realization/construction, test, evaluation, and revision, and implementation. Data collection techniques using observation sheets and learning outcomes tests. The results of this study indicate that the ethnomathematics-based learning tools meet the criteria, practical criteria and effective criteria based on observation sheets, learning outcomes tests, and validator suggestions.

 

Keywords: Learning tools, Ethnomathematics, Relations, Ertutur, Karonese. 

 

Abstrak: Salah satu permasalahan pembelajaran matematika yaitu peserta didik cenderung tidak memahami konsep yang tergantung pada materi matematika yang dipelajarinya, serta guru menggunakan perangkat pembelajaran konvensional yang menjadikan guru dan peserta didik tidak pasif belajar, berpikir, dan berinovasi. Kebudayaan daerah Ertutur pada suku Karo harus juga dipahami generasi muda agar tidak hilang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Etnomatematika dengan konteks Ertutur dalam suku Karo pada materi Relasi kelas 10 SMA yang valid, efektif dan praktis agar dapat meningkatkan pembelajaran yang bermakna. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan metode Plomp yang terdiri atas 5 tahapan yaitu pengkajian awal (preliminary investigation), Perancangan (design), realisasi/kontruksi (realization/contruction), tes, evaluasi, dan revisi (test, evaluation, and revision), dan implementasi (implementation).  Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika memenuhi kriteria valid, kriteria praktis serta kriteria efektif berdasarkan lembar observasi, tes hasil belajar, serta saran-saran validator.

 

Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, Etnomatematika, Relasi, Ertutur, Karo


Keywords


Perangkat pembelajaran, Etnomatematika, Relasi, Ertutur, Karo

Full Text:

PDF

References


Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75

Arifin, Z. (2018). Pengembangan instrumen analisis kesalahan untuk mengukur critical thinking skill berdasarkan kompetensi inti kurikulum 2013. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1), 53–62. https://doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2734

Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 44–52.

Fani Yantik, Suttrisno, W. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420–3427. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2624

Harahap, L., & Mujib, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Medan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 61–72. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/jesa.v3i2.520

Hartuti, P. M., & Z, R. W. P. (2020). Penggunaan Software Cabri Geometri II D untuk Materi Bidang Datar di SMP Negeri 11 Depok. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(4), 580–585. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i4.6691

Haryanto, R., Manaf, A., & Priambudi, B. N. (2020). The level of community readiness in Semarang Regency for online single submission of building permits. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 562(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/562/1/012008

Hasanah, S., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2019). Penerapan Problem Solving Berbantuan Lead AQ untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Perbedaan Gender. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 141–152.

Maha, D. H. S., & Surakti, Y. (2017). Membangun aplikasi ertutur dalam adat karo berbasis android. Publikasi Ilmiah Teknologi Informasi Neumann (PITIN), 81–85.

Meliala, D. A. (2017). Sistem pakar hubungan kekerabatan (ertutur) dalam adat istiadat masyarakat Suku Batak Karo. Respati, 12(2). https://doi.org/10.35842/jtir.v12i2.221

Mendoca, E. F., Disnawati, H., & Suddin, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kain Tenun Masyarakat Desa Lamaksenulu. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(3), 123–131. https://doi.org/10.32938/jipm.6.3.2021.123-131

Muslimin, M., Tendri, M., & Khasanah, I. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card Math Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Kelas VII. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 13–21. https://doi.org/10.30738/union.v9i1.6289

Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan berpikir abstrak matematika siswa dalam pembelajaran problem posing berkelompok. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no2.2017pp159-176

Putri, A. I., Dharmono, D., & Zaini, M. (2020). Validitas buku ilmiah populer keanekaragaman spesies family fabaceae dalam meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 186. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i2.8822

Rulyansah, A., & Wardana, L. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi 4K Anies Baswedan dan Multiple Intelligences. Jurnal Basicedu, 4(4), 1236–1245.

Rusdyi, & Isman M. Nur. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Problem solving dengan Jigsaw. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 11(2), 47–53. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.475

Samad, I., Ali P, M., & Assaibin, M. (2021). Pengaruh kemampuan penalaran matematis dengan model pembelajaran double loop problem solving terhadap hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 43–50. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i1.1202

Setiawan, P., & Sudana, I. D. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 164–173.

Siahaan, K. W. A., Haloho, U. N., Raja Guk-guk, M. P. A., & Panjaitan, F. R. (2021). Implementation of Discovery Learning Methods to Improve Science Skills in Kindergarten B Children. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 33. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1332

Sulistiyono, P. I., Zakaria, P., Usman, K., & Abdullah, A. W. (2021). Deskripsi Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 226–233. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.556

Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166.

Syahriannur, S. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Kain Songket Minang Kabau Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Konsep Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 58–63. https://doi.org/https://doi.org/10.32696/jmn.v2i1.69

Uskono, I. V., Lakapu, M., Jagom, Y. O., Dosinaeng, W. B. N., & Bria, K. (2020). Pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis etnomatematika dan prestasi belajar siswa. Journal of Honai Math, 3(2), 145–156. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i2.126




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats