Analisis Kualitas Pembelajaran Daring Ditinjau dari Pengaruh Profesionalisme Kinerja Guru dan Kemampuan Literasi Digital Guru

Rosmiati Rosmiati, Junita Yosephine Sinurat, Uli Wahyuni, Hanif Ramadhan Fahmi Putra, Trisna Rukhmana, Sri Mulyati, Zuhri Saputra Hutabarat

Abstract


ABSTRACT: The purpose of this study was to find out whether there is an influence between: 1) the professionalism of teacher performance on the quality of online learning; 2) teacher's digital literacy skills on the quality of online learning; and 3) professionalism of teacher performance and teacher digital literacy skills on the quality of online learning. This research is a quantitative research using Ex Po Facto research approach. The population in this study were 46 people. Sampling technique with saturated samples. The results showed that 1) there was an effect of X1 on Y with tcount > ttable (3.873 > 2.01669); 2) there is an effect of X2 on Y obtained tcount > ttable (2.480 > 2.01669); 3) there is a simultaneous effect, X1 and X2 on Y based on data analysis obtained Fcount > Ftable (16.506 > 3.214) and the coefficient of determination (R Square) is 0.434 which means that the quality of online learning is influenced by the professionalism of teacher performance and the teacher's digital literacy ability of 43.4%. So it can be concluded that there is an influence of teacher performance professionalism and teacher digital literacy skills on the quality of online learning in Jambi Province.

Keywords: Professionalism, Digital Literacy, Learning Quality.

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara: 1) profesionalisme kinerja guru terhadap kualitas pembelajaran daring; 2) kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran daring; dan 3) profesionalisme kinerja guru dan kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian Ex Po Facto. Populasi pada penelitian ini sebanyak 46 orang. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh X1 terhadap Y dengan thitung > ttabel (3,873 > 2,01669); 2) terdapat pengaruh X2 terhadap Y diperoleh thitung > ttabel (2,480 > 2,01669); 3) terdapat pengaruh secara simultan, X1 dan X2 terhadap Y berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung > Ftabel (16,506 >3,214) dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,434 yang berarti bahwa kualitas pembelajaran daring dipengaruhi oleh profesionalisme kinerja guru dan kemampuan literasi digital guru sebesar 43,4%. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh profesionalisme kinerja guru dan kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran daring di Provinsi Jambi.

Kata kunci: Profesionalisme, Literasi Digital, Kualitas Pembelajaran.


Keywords


Profesionalisme, Literasi Digital, Kualitas Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Agung, Iskandar. Ulumudin, Ikhya dan Sofyatiningrum, Etty. 2017. Kompetensi Guru: Refleksi Kritis dan Pemikiran Alternatif. Jakarta: Edu Pustaka.

Arikunto, Suharsini. 2013. ProsedurPenelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aliyah, Siti. 2019. Pengaruh Kemampuan Literasi Digital Guru dalam Rumpun PAI terhadap Mutu Pembelajaran di MTs Negeri 1 Kota Cirebo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah IAI Bunga Bangsa Cirebon.

Asmuni. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Pedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 7, No. 4. p-ISSN: 2355-7761. e-ISSN: 2722-4627.

Danniarti, Rahma. 2018. Modul Panduan Profesionalisme Guru yang Efektif dalam Proses Pembelajaran. Palembang: Noer Fikri.

Haryati, Titik. & Rochman, Noor. 2012. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah Civis. Halaman: Vol: 2, No: 2.

Hermino, Agustinus. 2018. Guru dalam Tantangan Globalisasi, Kajian Teoretis dan Praktis dalam Manajemen Pendidikan. Depok: Ar-Ruzz Media.

Istiqomah, Ainul Nurhayati. 2020. Pengaruh Profesionalisme Guru dan Pengelolaan Sarana Prasarana terhadap Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngrayun Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. Jakarta.

Khairinal. 2016. Menyusun: Proposal, Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jambi: Salim Media Indonesia.

Kunandar. (2014). Penilaian autentik (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan berdasarkan kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mudlofir, Ali. 2012. Pendidik Profesional: Konsep, Strategi, dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Depok: Rajagrafindo Persada.

Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Satriadi, Alfian. Wilian, Alfian. dan Syuaib, Muhammad Zulfikar. 2016. Peran Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di SMAN 2 Selong. Jurnal Ilmiah ProfesiPendidikan. Vol: 1, No: 2. Halaman 211-224. ISSN: 2502-7069.

Setyosati, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.

Sormin, Salman Alparis. Siregar, Ali Padang. dan Priyono, Cipto Duwi. 2019. Konsepsi Literasi Digital dalam Pembelajaran Sejarah di Era Disruptif.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sukitman, Tri. Yazid, Ahmad. 2020. Peran Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. STKIP PGRI Sumenep.

Supardi. 2014. Aplikasi Statistika dalam Penelitian: Konsep Statistik yang Lebih Komperehensif. Jakarta: Change Publication.

Supardi. 2016. Kinerja Guru. Cetakan Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers. Supriyadi, E. 2014. SPSS + Amos. Jakarta: In Media.

Thoifah, I’anatut. 2015. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani.

Widiasworo, Erwin. 2019. Guru Ideal di Era Digital: Panduan Pemanfaatan Teknologi untuk Guru Masa Kini. Yogyakarta: Noktah.

Zuhro, Wan Ulfa Nur, (2017), Program JKN Gagal Dongkrak Laba Perusahaan Farmasi, Sabtu, 12/05 Tirto Bisnis, https://tirto.id/program-jkn-gagaldongkrak-laba-perusahaan-farmasi-covp.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats