Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kualitas Pembelajaran Daring di Universitas HKBP Nommensen Medan (Pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Ekonomi) 2021

Dearlina Sinaga, Nova Yunita Sari, Taridauli Sormin, Yolandita Indriani Sihombing

Abstract


Abstract: The covid-19 pandemic has a very bad influence on education. For instance, the teaching and learning activities in the classroom can no longer be carried out. Therefore, the purpose of this study is to find out the influence of COVID-19 pandemic on online learning carried out by the Economics Department, FKIP at University of HKBP Nommensen, Medan. This study is a qualitative research with the subjects of study are students of the Economics Department. Data collection techniques are observation, questionnaires, and interviews. The data validation technique uses source triangulation. The data analysis technique in this study implements content analysis which includes three activities, namely, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The conclusion of this study is that the online learning; during the covid-19 pandemic carried out by the Economic Department at the University of HKBP Nomensen Medan by utilizing internet media and learning applications that have been provided; has not been implemented properly or has not been optimal because there are several indicators that have not been fulfilled in which the indicator comes from students and lecturers.

 

Keywords: covid-19 pandemic, online learning, Economics Department, University students

 

 

Abstrak: Pandemi covid-19 memberikan pengaruh sangat buruk terhadap pendidikan. Pengaruh buruk yang dapat dirasakan di dalam pendidikan ialah aktivitas belajar mengajar di dalam kelas kini tidak dapat lagi terlaksana. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui dampak pandemi covid-19 terhadap pembelajaran daring yang dilaksankan oleh Program Studi Ekonomi, FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian mahasiswa Program Studi Ekonomi, FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan konten analisis yang mencakup tiga kegiatan, yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Simpulan penelitian ini adalah proses pembelajaran daring selama pandemi covid-19 yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi di universitas HKBP Nomensen Medan dengan memanfaatkan media internet dan aplikasi belajar yang sudah sediakan belum terlaksana dengan baik atau belum optimal karena ada beberapa indikator yang belum terpenuhi, baik itu indikator yang berasal dari mahasiswa maupun dosen.

 

Kata Kunci: pandemi covid-19, pembelajaran daring, Program Studi Ekonomi, mahasiswa


Keywords


Dampak pandemi covid-19, kualitas pembelajaran daring.

Full Text:

PDF

References


Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139-149. Doi http://dx.doi.org/10.24014/.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288. Doi https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Astuti, A. K., & Rusmawati, D. (2022). Hubungan antara kecerdasan emosional dan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro di tengah pandemi covid-19. Jurnal EMPATI, 10(05), 328-333. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/32934.

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905.

Della, E. I., & Aljamaliah, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Minat Belajar pada Mahasiswa PGPAUD. JURNAL PENDIDIKAN, 30(2), 177-186. Doi https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1524.

Firman. & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89. Doi https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.

Haderani. (2018). Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41-49. Doi https://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103.

Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19. Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship, 2(2), 83-92. Doi https://doi.org/10.54268/baskara.2.2.83-92.

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14. Doi http://dx.doi.org/10.30596%2Fbibliocouns.v3i1.4804.

Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Google Classroom sebagai Bentuk Self-Development Siswa Mengikuti Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Doi https://doi.org/10.34001/intelegensia.v8i2.1414.

Hasanudin, C., Wagiran, W., & Subyantoro, S. (2021). Evaluasi Perkuliahan Daring Keterampilan Menulis selama Masa Pandemi Covid-19 dengan Model Evaluasi CIPP. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 27-38. Doi http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1784.

Hidayah, L. N., Rahmawati, L. E., & Wardani, L. S. P. (2021). Variasi Tugas dan Aktivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Corona. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 93-98. Doi http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1068.

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39-48. Doi https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261.

Irawan, A. W., Dwisona, D., & Lestari, M. (2020). Psychological impacts of students on online learning during the pandemic COVID-19. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 7(1), 53-60. Doi https://doi.org/10.24042/kons.v7i1.6389.

Lutfiah, S. Z. (2020). Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Dealektik, 2(2), 69-73. Retrieved from https://www.journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/554.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-870. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/460.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2). 297-302. Doi https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224. Doi https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. Doi http://dx.doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34. Doi https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243. Doi https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.

Zuchdi, D. (2010). Humanisasi pendidikan: menemukan kembali pendidikan yang manusiawi. Jakarta, Indoensia: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i1.2234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats