Analisis Hasil Belajar Kalkulus Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Mahasiswa Informatika

Septi Fajarwati, Desty Rakhmawati

Abstract


Abstract: Since the Covid-19 pandemic, the online learning method is the best alternative step for the sake of running lectures on campus. Adapting to a new situation is not an easy thing; both lecturers and students have to start getting used to doing lectures that were previously conducted face-to-face or offline, turning into remotely or online. In reality, online learning is not as much as when learning in class, especially in mathematics, one of which is basic calculus courses. Based on these differences in learning methods, the purpose of this study will be to see whether there are any significants changes caused by covid 19 pandemic on the results of learning via online versus offline on basic calculus study. The method used is using unpaired t-test if the test score data is normal, but if it is not normal then the Mann-Whitney test is used. The results of the analysis showed that the data are not normally distributed, so the analysis to see the difference between offline and online learning is to use Mann-Whitney U. The Mann-Whitney U test results conclude that there is a difference between the final score of online learning and the final score of offline learning.

 

Keywords: Covid-19, Online Learning, Mann-Whitney Test       

 

Abstrak: Semenjak pandemi Covid-19, metode belajar online merupakan langkah alternatif terbaik sejauh ini demi berjalannya perkuliahan di kampus. Adaptasi dengan situasi yang baru bukanlah hal yang gampang, baik dosen maupun mahasiswa harus mulai membiasakan diri melakukan perkuliahan yang tadinya dilakukan secara tatap muka atau luring berubah menjadi tatap maya atau daring. Pada kenyataannya pembelajaran daring atau online tidak semaksimal saat pembelajaran di kelas, terutama pada pelajaran matematika, salah satunya mata kuliah kalkulus dasar. Berdasarkan perbedaan metode pembelajaran tersebut, tujuan penelitian ini akan dilihat apakah ada perbedaan hasil pembelajaran secara luring dan daring dengan adanya pandemi Covid-19 pada mata kuliah kalkulus dasar. Metode yang digunakan dengan menggunakan uji t tidak berpasangan apabila data nilai hasil ujian bersifat normal, tetapi apabila tidak normal maka menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil analisis bahwa data tidak berdistribusi normal, sehingga analisis untuk melihat perbedaan pembelajaran luring dan daring adalah dengan menggunakan Mann-Whitney U. Hasil Uji Mann-Whitney U menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai akhir pembelajaran secara daring dan nilai akhir secara luring.

 

Kata kunci: Covid-19, Pembelajaran Daring, Uji Mann-Whitney

 


Keywords


Covid-19, Pembelajaran Daring, Uji Mann-Whitney

Full Text:

PDF

References


Andrade, C. (2021). The Inconvenient Truth About Convenience and Purposive Samples. Indian Journal of Psychological Medicine, 43(1), 86–88. https://doi.org/10.1177/0253717620977000

Berty, T. T. S. (2020). Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia Jadi Sorotan Dunia. Retrieved from https://www.liputan6.com/global/read/4191815/kasus-pertama-virus-corona-di-indonesia-jadi-sorotan-dunia

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Heryenzus, S. (2019). Pengaruh kinerja pelayanan dengan pendekatan malcolm baldrige terhadap kepuasan pasien bpjs kesehatan pada rumah sakit umum daerah kota batam. 11(2), 150–158.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. 6(2), 190–199.

Kemdikbud RI. (2020). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. Dk, 53(9), 1689–1699.

Khosim, N. (2017). Model- Model Pembelajaran. Surabaya: Suryamedia Publishing.

Kumboyono. (2011). Perbedaan Efek Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Media Cetak dengan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pasien Tuberkulosis. 7(1), 43–49.

Kusnandar, D., & Perdana, H. (2021). Pengembangan Aplikasi Web Interaktif Menggunakan Rshiny. 10(3), 299–308.

Mubarok, A., Sahroni, & Sunanto. (2021). Mann Whitney Test In Comparing The Students’ Consultation Results Ofentrepreneurial Practice Between Male And Female Lecturers In Economic Faculty Of Pamulang University. Pracuratio, 9(1), 9–15.

Mutakin, T. Z. (n.d.). Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika. 3(1), 49–60.

Perempuan, D. A. N. (2015). Perbedaan Pola Cedera Olahraga Pada Atlet Laki-Laki. 4681, 123–128.

Rahayu, W. (2015). Model Pembelajaran Komeks: Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Katrakter Aspek Membaca Intensif di SD. Jakarta: Deepublish.

Rakhmawati, D., & Lestari, R. P. L. (2019). Estimasi Model Logit Untuk Melihat Efek Model Pem-Belajaran Yang Berbeda Terhadap Nilai Akhir Ma-Hasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(02), 65–74. https://doi.org/10.36526/tr.v3i02.748

Saputra, H. N., & Salim. (2020). Application of Teaching Materials Based Critical Thinking Skills. Jurnal Pedagogik, 07(01), 22–46.

Sinuhaji, E. (2014). Pengaruh Kepribadian, Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja SDM. 1(1), 11–22.

Sriwidadi, T. (n.d.). Penggunaan Uji Mann-Whitney Pada Analisis Pengaruh Pelatihan Wiraniaga Dalam Penjualan Produk Baru. 751–762.

Sulisawati, D. N. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis E-Learning. 2, 58–65.

Trisusilosakti, A., & Aisyah, R. S. S. (2020). Kegiatan Laboratorium Kimia Berbasis Mini-Project Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Praktikum Uji Aldehid. Jambura Journal of Educational Chemistry, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.34312/jjec.v2i1.2681

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis. 7(1), 50–62.

Wijaya, H., Praktikum, P. B., & Konsep, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa ( LKS ) Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum Dan Efektivitasnya Terhadap Peraihan Konsep Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Ntb. 5(1).

Yuni, B., Hamidiyanti, F., Pratiwi, I. G., Kesehatan, P., & Mataram, K. (2020). Intervensi Bimbingan Belajar Pada Tryout Interna Terhadap Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Prodi D – III Kebidanan Intervention Of Learning Guidance In Internal Try Out To Competency Test Results Of D - Iii Midwifery Students. 7(November 2019), 237–246.

Zhu, Y., & Zhang, B. (2021). Clustering based on Kolmogorov – ¬ Smirnov statistic with application to bank card transaction data. (February 2020), 1–21. https://doi.org/10.1111/rssc.12471




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i1.2209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats