Evaluasi Perkuliahan Daring Keterampilan Menulis selama Masa Pandemi Covid-19 dengan Model Evaluasi CIPP

Cahyo Hasanudin, Wagiran Wagiran, Subyantoro Subyantoro

Abstract


Abstract: The evaluation of CIPP model is a very complete and comprehensive evaluation model in evaluating a program. This study aims to evaluate online learning for writing subject in the Indonesian Language and Literature Education Department, IKIP PGRI Bojonegoro during the covid-19 pandemic using CIPP evaluation model. This qualitative study is descriptive evaluative research. There are primary and secondary data. Technique in collecting data are interview, questionnaire, and documentation. This study utilizes an online learning evaluation instrument for writing subject using 21 questions and implementing very inappropriate criteria ( 25 %), not suitable criteria (≥ 26%), appropriate criteria (≥ 51%), and very suitable criteria (≥ 76%). The data is analyzed using content analysis method. The results of study show that the evaluation of online learning on writing subject during the covid-19 pandemic using CIPP evaluation model on the context aspect obtains 90%. In the input aspect, the percentage is 82%. In the process aspect, the percentage is 88%. In the product aspect, the percentage is 92%. The percentage is obtained from the average number of all indicators in each aspect. It can be concluded that online learning of writing subject during the covid-19 pandemic from all aspects (context, input, process, product) is very appropriate.

 

Keywords: CIPP evaluation model, online learning, writing subject, covid-19 pandemic

 

Abstrak: Evaluasi model CIPP merupakan model evaluasi yang sangat lengkap dan komprehensif dalam mengevaluasi suatu program. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi pada perkuliahan daring mata kuliah keterampilan menulis di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Bojonegoro selama masa pandemi covid-19 dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif evaluatif. Data pada penelitian ini bersifat primer dan sekunder. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen evalusi perkuliahan daring keterampilan menulis dengan menggunakan 21 soal dan menerapkan kriteria sangat tidak sesuai (≤ 25%), tidak sesuai (≥ 26%), sesuai (≥ 51%), dan sangat sesuai (≥ 76%). Data dianalisis dengan menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi perkuliahan daring keterampilan menulis selama masa pandemi covid-19 dengan model evaluasi CIPP pada aspek context didapatkan persentase sebesar 90%. Pada aspek input didapatkan persentase sebesar 82%. Pada aspek process didapatkan persentase sebesar 88%. Pada aspek product didapatkan persentase sebesar 92%. Persentase ini diambil dari rata-rata jumlah semua indikator pada masing-masing aspek. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perkulian daring keterampilan menulis selama masa pandemi covid-19 dari semua aspek (context, input, process, product) sudah sangat sesuai.

 

Kata Kunci: evaluasi model CIPP, perkulihan daring, keterampilan menulis, pandemi covid-19


Keywords


evaluasi model CIPP, perkulihan daring, keterampilan menulis, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Anggara, F. (2021). Evaluasi tingkat pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga & kesehatan pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 1(1), 37-45. Retrieved from http://jurnal.umika.ac.id/index.php/jurnal_edukasi/article/view/158.

Aprilia, W., Adnan, & Aini, R. Q. (2021). Evaluasi implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri 2 sumbawa tahun pelajaran 2020. Jurnal PELITA (Pembelajaran, Linguistik, & Sastra), 1(1), 16-22. Retrieved from http://jurnalfkip.universitas-samawa.ac.id/index.php/PELITA/article/view/13.

Argi, A., Pelana, R., & Setiakarnawijaya, Y. (2021). Evaluation of learning physical education in the covid-19 pandemic. Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 12(01), 55-61. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/gjik/article/download/17720/10355.

Asngari. H. (2018). CIPP (Context, Input, Process, Product). Retrieved from https://docplayer.info/72917861-Cipp-context-input-process-product-oleh-hasim-asngari-nim.html.

Asrul, dkk. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Medan, Indonesai: Ciptapustaka Media.

Destrianto, K. (2021). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen 04 Eben Haezer. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 133-139. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3505.

Djuwita, W. (2012). Evaluasi pembelajaran. Lombok Barat, Indonesia: El Hikam Press Lombok.

Fitzpatrick, J. L. Sanders, J. R., Worthen, B. R. (2004). Program Evaluation Alternative Approaches and Practical Guidelines. New York: Pearson Education.

Frechtling, J. A. (2010). The 2010 User-Friendly Handbook for Project Evaluation tt: Division of Research and Learning in Formal and Informal Settings National Science Foundation.

Gainau, M. B. (2021). Pengantar Metode penelitian. Yogyakarta, Indonesia: PT Kanisius.

Hasanudin, C. (2020, May). E-Learning Schoology: Bagaimana Peran dan Implementasi pada Pembelajaran Masa Pandemi covid-19?. dalam Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 85-90. Retrieved from http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/13/13.

Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Retrieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1414.

Hidayat, B. (2021). Analisis pelaksanaan perkuliahan pendidikan IPS dengan memanfaatkan e-learning berbasis SPADA UM Metro. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(2). Retrieved from http://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/sejarah/article/view/3646.

Ismail. M. I. (2020). Evaluasi pembelajaran: Konsep dasar, prinsip, teknik, dan prosedur. Depok, Indonesia: PR RajaGrafindo Persada.

Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2019). Penerapan model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program layanan PAUD holistik integratif. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 10-25. Doi http://dx.doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2622.

Kaufma, R. dan Thomas, S. (1980). Evaluation Without Fear. New York: New Viewpoints Division, Franklin Watts, Inc.

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. At-Ta'dib, 6(1), 111-125. Doi http://dx.doi.org/10.21111/at-tadib.v6i1.551.

Miles, M. B. dan Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Murwani, S. (2006). Evaluasi Pendidikan. Jakarta, Indonesia: Uhamka Press.

Nurkholis. (2015). Santri Wajib Belajar. Purwokerto: Stain Press.

Oktaria, S. D., & Hadiwinarto, H. (2021). Evaluasi penerapan pembelajaran online menggunakan e-learning di masa pandemi covid-19 pada tingkat perguruan tinggi. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 3(2), 24-29. Retrieved from https://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation/article/view/3055.

Rosyida, F., Kristiana, Y., & Hasanudin, C. (2020). Analisis keterampilan menceritakan kembali teks ulasan dengan kolaborasi metode flipped classroom dan aplikasi schoology. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan, 5(2), 86-96. Doi https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v5i2.303.

Saddhono, K., Hasanudin, C., & Fitrianingsih, A. (2021). The Analysis of “Search Solve Create Share” Learning Model Using Schoology Apps: Indonesian Syntax Learning. Psychology and Education Journal, 58(2), 4702-4710. Doi https://doi.org/10.17762/pae.v58i2.2857.

Saleh, A. R. (2000). Pendidikan Agama dan Keagamaan Visi, Misi dan aksi. Jakarta, Indonesia: Gemawindu Pancaperkasa.

Salim dan Haidir (2019). Penelitian pendidikan: Metode, pendekatan, dan jenis. Edisi pertama. Jakarta, Indonesia: Kencana.

Siregar, K. A. A. (2021). Evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product). Dalam Mawardi Lubis (ed.), Evaluasi program dan kelembagaan pendidikan Islam (hlm. 163-174). Bengkulu, Indonesia: CV. Zigie Utama.

Stufflebeam, D. L. (1971). Evaluation as enlightment for decisión making. Columbus, Ohio: Ohio State University.

Stufflebeam, D.L., Coryn, Chris L. S. (2014). Evaluation: Theory, Models, & Application (Second Edition). San Fransisco: Jossey-Bass.

Sudjana, N. (2002). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung, Indonesia: Sinar Baru.

Sukardi. (2009). Evaluasi pendidikan. medan, Indonesia: PT Bumi Aksara.

Supriyantoko, I., Jaya, A., Kurnia, V., & Habiba, P. G. S. (2020). Evaluasi implementasi kebijakan teaching factory dengan model evaluasi CIPP di SMK Negeri DKI Jakarta. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2), 1-10. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/JVTE/article/view/10869/4557.

Sutikno. (2013). Belajar dan pembelajaran. Lombok, Indonesia: Holistica.

Syahrir, Supriyati, Y., & Fauzi, A. (2021). Evaluasi dampak program pendidikan jarak jauh (pjj) melalui model CIPP pada kinerja dosen aspek pembelajaran pada masa pendemi covid 19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). 144-150. Retrieved from http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1716.

Tayipnapis, F. Y. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evvaluasi untuk Program Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.

Wholey, J. S. (2010). Handbook of Practical Program Evaluation. San Fransisco: Jossey-Bass.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar 238.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats