Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Kantong Plastik dan Botol)

Aisyah Tulfitri, Emma Lilianti

Abstract


ABSTRACT

Plastic bottles have a high enough resistance, so they don't break easily. Therefore, if used as an object of use value will also produce products that are not easily destroyed. For this reason, the Utilization of Plastic Bottle Waste is used as something that has a selling value. This activity is carried out by the PKM-Entrepreneurship team, Accounting Economics Program. The basis of this activity is the concern for environmental sustainability and human creativity in creating. The outputs of the PKM-Entrepreneurship activities are 3 types of product creations and innovations for household needs, namely sandals, decorative lamps and wall hangings. The results of this activity are published through posters and scientific journals. There are many benefits taken from this activity, such as reducing environmental pollution, managing household waste into high-value creative products, increasing creativity and innovation in business opportunities and creating jobs for the community, and improving hygiene because waste treatment works better.

 

Keywords: waste, plastic bottles, household products

 

ABSTRAK

Botol plastik memiliki ketahanan yang cukup tinggi, sehingga tidak mudah hancur. Oleh karena jika dimanfaatkan sebagai benda bernilai guna juga akan menghasilkan produk yang tidak mudah hancur. Untuk itu dilakukan Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Untuk dijadikan sesuatu yang mempunyai nilai jual. Kegiatan ini dilakukan oleh tim PKM–Kewirausahaan, Program Ekonomi akuntansi. Dasar dari dilakukannya kegiatan ini adalah kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan kreativitas manusia dalam berkreasi. Luaran dari kegiatan PKM-Kewirausahaan adalah 3 jenis produk kreasi dan inovasi untuk kebutuhan rumah tangga yaitu sandal kreasi, lampu Hias, dan hiasan dinding. Hasil dari kegiatan ini di publikasikan melalui poster, dan jurnal ilmiah. Ada banyak manfaat yang diambil dari kegiatan ini, seperti mengurangi pencemaran lingkungan, mengelola limbah rumah tangga menjadi produk kreatif yang bernilai tinggi, meningkatkan kreativitas dan inovasi peluang usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat, serta meningkatkan kebersihan karena pengolahan limbah berjalan lebih baik.

 

Kata Kunci: limbah, botol plastik, produk rumah tangga


Keywords


waste, plastic bottles, household products

Full Text:

PDF

References


Wahyono, E.H. dan Sudarno. N. 2012.Pengelolaan Sampah Plastik:Aneka kerajinan dari Sampah Plastik. Yapeka, Bogor

http://griyagawe.com/2010/02/fajar-purwaningsih-perajin-sampah-daur-ulang/

Yapeka, Agustus 2011.Laporan program pengelolaansampah rumah tangga.Coca-cola foundation Indonesia-yapeka

https://www.hipwee.com/tips/25-kreasi-kantong-plastik-yang-nggak-malu-maluin-kalau-dipakai-kemana-mana-hasilnya-bagus-semua/

https://www.duniabelajaranak.id/craft/membuat-sandal-dari-kardus-bekas/




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v4i1.559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats