SISTEM LITERATURE REVIEW: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR

Indah nur hariati, Novi Mayasari, Anis Umi Khoirotunnisa

Abstract


Proses pembelajaran adalah kunci dalam membentuk mutu Pendidikan. Namun, pendidikan dihadapi dengan tantangan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang bermakna. Salah satu masalah utama adalah hasil pembelajaran matematika yang belum memuaskan, disebabkan oleh persepsi siswa yang sulit dan motivasi belajar yang rendah. Solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan antara lain dengan memperbaiki metode pembelajaran dan menerapkan model pembelajaran kooperatif seperti TGT (Teams Games Tournament), yang memungkinkan siswa bekerja sama dalam kelompok untuk memperdalam pemahaman materi dan meningkatkan semangat belajar. tujuan dari penelitian ini adalah engidentifikasi metodologi penelitian membantu peneliti memahami metode yang telah digunakan dalam penelitian sebelumnya dan mengidentifikasi metode yang sesuai. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic literature review). Pengumpulan data dilakukan dengan meninjau dan mereview beberapa artikel mengenai pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang diterbitkan selama kurun waktu 2013-2023. Tujuan dari penggunaan SLR (Systematic literature review) adalah guna mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) Team Game Share denggan berbantuan media Qestion Card. Hasil dari 10 artikel ini mengkaji tentang keefektifitasan penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Tournament Game (TGT) berbantuan Question Card terhadap hasil belajar dan hasil yang didapatkan dari bebrapa jurnal ialah: penggunan model pembelajaran kooperatif Tipe Game Tournament Game (TGT) berbantuan Question Card menjadikan keefektifan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan

Full Text:

PDF

References


Arizka, N., & Khairuna. (2022). The effect of the team games tournament learning model assisted by question card media on student learning outcomes. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(3), 260–266. https://doi.org/10.20527/bino.v4i3.13874

Armidi, N. L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 214–220. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45825

Astutik, T., & Abdullah, M. H. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–11. https://www.neliti.com

Damiati, S., & Apriyanto, M. T. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 235–244. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338

Khasanah, D. U., Kusmiyati, & Marulia, V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Dengan Bantuan Media Uno Stacko for Question Card Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Topik Bahasan Puisi Rakyat. Sarasvati, 3(2), 184–192. https://doi.org/10.30742/sv.v3i2.1602

Kholipah, N., Surindra, B., & Forijati, R. (2022). Penerapan Media Qestion Card dalam Model Pembelajaran Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(1), 43–52. https://doi.org/10.29407/pn.v8i1.18626

Kusumawati, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kertosari II Kabupaten Madiun. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 87–100. https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.66

Maryoto, G. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Dan Numbered-Heads-Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 17(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.271.2016

Nurmilah, A. A. R. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN APLIKASI MICROSOFT MATHEMATICS PADA SISWA SMK KUSUMA NEGARA MOJOAGUNG. EduMath, 15, 48–53.

Paramitha, I. R., Trisiana, A., Rahman, I. H., Studi, P., Pancasila, P., Keguruan, F., Pendidikan, I., & Riyadi, U. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS ) terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Gandekan Surakarta Tahun Ajaran 2022 / 2023. 7(2), 18429–18437.

Pradana, O. R. Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(1), 1–6.

Putri, A. A., Mardiana, T., & Wijayanto, S. (2022). Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Question Card Terhadap Pemahamn Konsep Bangun Ruang. Borobudur Educational Review, 2(2), 50–57. https://doi.org/10.31603/bedr.6793

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.52188/ijpess.v3i2.465

Sudarsih, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS ( Think Pair Share) Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI B SDN 19 Cakranegara. Reflection Journal, 1(2), 93–99. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.682

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Ula, N. S. S., & Jamilah, M. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model Tgt. Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 194–204.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v4i2.4553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot gacor

Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

btn4d

ada777

cukongbet

POSKOBET

POSKOBET

POSTOTO787

POSTOTO787

EMAS787

EMAS787

Slot thailand

SUNDA787

Bandar Togel

ASIABET777

ASIABET777

https://mega888slots.com

https://www.thecarecommunity.com

https://dikporanganjuk.org

https://dikporapapua.org

POSTOTO787

slot4d

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787/

https://tepisawahvillas.com/

POSTOTO787

demo slot pg slot gacor slot gacor