MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU MEDIA PLOTAGON TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI SIKAP KREATIF SISWA

Alfi Nofita Sari, Anis Umi Khoirotunnisa, Rika Pristian Fitri Astuti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw dengan Media Plotagon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Sikap Kreatif Siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalaah siswa MA Al Khoiriyah Balen Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah 30 Siswa. Pengumpulan data menggunakan Metode tes dan angket.Adapun hasil penelitian Fhitung > Ftabel atau P-value (0.30) < α (0.05), maka H0a ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan yang lebih baik, antara hasil belajar siswa terhadap sikap kreatif tinggi sedang atau rendah. Fhitung < Ftabel atau P-value (0.08) > α (0.05), maka H0b ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan yang lebih efektif, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media plotagon terhadap model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Fhitung > Ftabel atau P-value (0.50) < α (0.05), maka H0ab ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa Pada masing-masing model pembelajaran terdapat perbedaan yang memberikan hasil belajar lebih baik, terhadap siswa dengan sikap kreatif tinggi, sedang, atau rendah. Fhitung > Ftabel atau P-value (0.50) < α (0.05), maka H0ab ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada masing-masing sikap kreatif siswa terdapat perbedaan yang memberikan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media plotagon terhadap siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif; Media Plotagon; Hasil belajar; sikap kreatif.

 

Abstract: This study aims to describe the Jigsaw Type Cooperative Learning Model with Plotagon Media on Learning Outcomes in terms of Students' Creative Attitudes. This research is a quantitative research using a quantitative approach. The population in this study was MA Al Khoiriyah Balen students for the 2021/2022 academic year with a total of 30 students. Collecting data using test and questionnaire methods. As for the results of the study Fcount > Ftable or P-value (0.30) < (0.05), then H0a is rejected. So it can be concluded that there is a better difference between student learning outcomes on high, medium or low creative attitudes. Fcount < Ftable or P-value (0.08) > (0.05), then H0b is rejected. So it can be concluded that there is a difference that is more effective, the jigsaw type cooperative learning model assisted by plotagon media to the jigsaw type cooperative learning model. Fcount > Ftable or P-value (0.50) < (0.05), then H0ab is rejected. So it can be concluded that in each learning model there are differences that provide better learning outcomes, for students with high, medium, or low creative attitudes. Fcount > Ftable or P-value (0.50) < (0.05), then H0ab is rejected. So it can be concluded that in each student's creative attitude there are differences that provide student learning outcomes with the jigsaw type cooperative learning model assisted by plotagon media to students with the jigsaw cooperative learning model.

 

Keywords: Cooperative Learning Model; Plotagon Media; Learning outcomes; creative attitude

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 16.

Aprillia, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SD 060910 Kecamatan Medan Denai. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article

Farida, N. (2014). Pengaruh Sikap Kreatif terhadap Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 3(2), 10–15. https://doi.org/10.24127/ajpm.v3i2.77

Leo Ferdinandus Manalu, Asmadi M. Noer, R. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA DI KELAS XI IPA SMAN 3 PEKANBARU Leo Ferdinandus Manalu*, Asmadi M. Noer**, dan Rasmiwetti***.

Riansyah, Rifky; Sya’roni, D. A. W. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kreativitas dan Inovasi serta Implikasinya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Konsultan Perencanaan dan Pengawasan Arsitektur di Kota Serang, Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 31–34.

Sardainah. (2014). Perbandingan Hasil Belajar Fisika Antara Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan Model Pembelajaran Langsung Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Pesertra Didik Kelas XI IPA SMAN 14 Gowa. J Surg CI Res, 5(1), 47–55.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v3i1.3253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

pengeluaran sgp