PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI BERANI (BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI FUNGSI) UNTUK MEMBANGUN PEMAHAMAN KONSEP FUNGSI PADA SISWA KELAS X MA AL-KHOIRIYAH BALEN KABUPATEN BOJONEGORO

Robby Purnomo, Junarti Junarti, Anis Umi Khoirotunnisa

Abstract


Abstrak: Selama ini pembelajaran materi fungsi kelas X di MA AL-Khoiriyah Balen belum menggunakan media yang bervariasi sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada pembelajaran tersebut dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: (1) Analyze (analisis), (2) Design (desain atau perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Penelitian tersebut dilakukan di MA AL-khoiriyah Balen dengan melibatkan 10 siswa dengan tujuan mengetahui keefektifan aplikasi BERANI tersebut,serta 1 Guru dan 2 Dosen sebagai validator pada bulan mei sampai juni 2022. Data yang dikumpulkan melalui metode angket kemudian dilakukan analisis dengan mengubah rata-rata hasil skor ke dalam bentuk persentase. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Produk media pembelajaran berbasis Android materi fungsi yang di beri nama aplikasi BERANI untuk siswa kelas X yang memiliki fitur petunjuk penggunaan, materi pembelajaran, video pembelajaran, dan latihan soal,. (2) Tingkat kelayakan media aplikasi BERANI(berbasis android untuk materi fungsi) untuk siswa kelas X oleh ahli media diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 82,85% dengan kategori “Layak”, oleh ahli materi diperoleh rata- rata keseluruhan sebesar 88,6% dengan kategori “Sangat Layak”, dan pengujian oleh siswa diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 82,47% dengan kategori “Sangat Layak”, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan sangat layak digunakan dan efektif terhadap pemahaman konsep fungsi pada siswa kelas X MA AL-Khoiriyah Balen.

Kata kunci: media pembelajaran, Pemahaman konsep, Android, kelayakan, materi fungsi.

Abstract: So far, learning material for class X functions at MA AL-Khoiriyah Balen has not used varied media so that students are less motivated in learning. This study aims to develop an Android-based learning media in this study and determine the feasibility of the developed learning media. This study uses the ADDIE development model, namely: (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, and (5) Evaluation. . The research was conducted at MA AL-Khoiriyah Balen involving 10 students with the aim of knowing the effectiveness of the BERANI application, as well as 1 teacher and 2 lecturers as validators from May to June 2022. Data collected through the questionnaire method was then analyzed by changing the average the results of the score in the form of a percentage. The results of this development research are: (1) An Android-based learning media product with function material which is named the BERANI application for class X students which features instructions for use, learning materials, learning videos, and practice questions. (2) The level of feasibility of the media application BERANI (android-based for function material) for class X students by media experts obtained an overall average of 82.85% with the category "Decent", by material experts obtained an overall average of 88.6 % with the "Very Eligible" category, and testing by students obtained an overall average of 82.47% with the "Very Eligible" category, so it can be concluded that the Android-based learning media developed is very feasible to use and effective for understanding the concept of function in students class X MA AL-Khoiriyah Balen.

Keywords: learning media, Concept understanding, Android, feasibility, function material.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (1997). Media Pengajaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Denbel, D. G. (2015). Students' Learning Experiences When Using a Dynamic Geometry Software Tool in a Geometry Lesson at Secondary School in Ethiopia. Journal of Education and Practice, 6(1), 23-38.

Duffin, J., & Simpson, A. (1997). Towards a new theory of understanding. In PME CONFERENCE (Vol. 4, pp. 4-166). THE PROGRAM COMMITTEE OF THE 18TH PME CONFERENCE.

Montfort, Devlin. (2013). Secondary students' conceptual understanding of engineering as a field. Journal of Pre-College Engineering Education Research (J-PEER), 3(2), 2

Murtiwiyati, G. L. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, 12, 12.

Muhandaz, R., Trisnawita, O., & Risnawati, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa smk pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 137-146.

Ruseffendi, E. . (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Safaat, H. N. (2012). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v3i1.3249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

pengeluaran sgp