PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 6 DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Ari Indriani, Novi Mayasari

Abstract


Kampus mengajar diselenggarakan sebagai upaya memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus dengan menjadi mitra guru dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah, yang selanjutnya disebut sekolah penugasan. Mahasiswa diharapkan menjadi agen perubahan pendidikan dengan membantu peningkatan literasi dan numerasi siswa di sekolah penugasan yang memiliki hasil Asesmen Nasional (AN) level 1 dan 2 pada kemampuan literasi dan numerasi. tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peran mahasiswa Kampus Mengajar dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tempat penelitiannya yaitu SD N 3 Woro Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Waktu penelitiannya yaitu bulan Agustus-November 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Mahasiswa Kampus Mengajar 6 berperan sebagai mitra sekolah, khususnya di SDN 3 Woro, yaitu membantu dalam proses peningkatan literasi numerasi siswa di SDN 3 Woro. Program kerja mahasiswa KM 6 telah dilaksanakan selama 16 minggu dan hasil post test AKM menunjukkan bahwa ada peningkatan 28% untuk literasi dan 20% untuk numerasi. Selain itu mahasiswa juga menambah ilmunya dengan melakukan kegiatan di luar kampus.

Kata Kunci: Peran Mahasiswa, Literasi, Numerasi  


Full Text:

PDF

References


Dian P, Anita, Aryo Andri N, Rina Dwi S, dan Susilo Raharjo. (2023). Analsis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. Janacitta: Journal of Primary and Children’s Education, 6(1), Hal 38-47.

Januarty, Restu H, Nurfaizah S, dan Aljuwanti. (2023). Eksistensi Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Dan Numerasi Sekolah Dasar. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), Hal 125-132.

Mumayizah, Nabila H, Primavera F T, dan Murwani D W. (2023). Penguatan Literasi dan Numerasi Menggunakan Adaptasi Teknologi dalam Pembelajaran Di SD Oleh Kampus Mengajar Angkatan 6. Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Ke-7, 6(3), Hal 320-326.

Nuriyah, Yudita A, dan Martinus Legowo. (2022). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi Dan Motivasi Di SD Negeri Poter 2 Bangkalan. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), Vol 01 2022, Hal 267-280.

Siahaan, Mian, Rinawati L, Dapot Tua M, dan Vina Merina Br S. (2023). Pengaruh Program Kampus Mengajar Angkatan IV dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi dan Kompetensi Numerasi Siswa SMP Terpadu Al-Bukhari Muslim Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Journal on Education, 5(4), Hal 14834-14849.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v4i1.4297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats