ANALISIS TIPE KESALAHAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN DALAM PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG PECAHAN DI SDI LUQMAN AL-HAKIM BOJONEGORO

Suen Yektiana, Ari Indriani, Neneng Rika Jazilatul Kholidah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal terkait operasi hitung pecahan berdasarkan Teori Newman pada siswa kelas IV SDI Luqman Al-Hakim Bojonegoro. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDI Luqman Al-Hakim Bojonegoro Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 22 siswa. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah observasi, soal tes, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam pemahaman konsep operasi hitung pecahan berdasarkan Teori Newman yaitu : (1) kesalahan memahami masalah yaitu siswa tidak lengkap dalam menuliskan informasi yang ada dalam soal, (2) kesalahan transformasi masalah yaitu siswa tidak bisa menulis operasi hitung yang digunakan dengan benar, (3) kesalahan ketrampilan proses yaitu siswa tidak menggunakan prosedur penyelesaian dengan benar, (4) kesalahan penulisan jawaban akhir yaitu siswa tidak dapat menuliskan kesimpulan dengan benar. Kesalahan yang tidak dilakukan siswa adalah kesalahan membaca soal.

Kata kunci: Kesalahan; Newman; Konsep; Pecahan

Abstract: This research to describe the types of students concept errors in solving problems fraction operation  with the Newman’s theory in the fourth grade Luqman Al-Hakim Integral Elementary School Bojonegoro. The approach research used is a qualitative approach with a qualitative descriptive type. The subject is  fourth grade Luqman Al-Hakim Integral Elementary School Bojonegoro in 2020/2021 Academic Year totaling 22 students. The research method used is observation,  test questions, interview, and documentation. The research data show that the types of students concept errors in solving problems fraction operation  with the Newman’s theory : (1) comprehension errors, students are not complete in writing the information in the questions, (2) transformation errors, students can’t write which arithmetic operations are used correctly, (3) process skill errors, students don’t use solution the procedure correctly, (4) conclusion errors, students can’t write conclusions correctly. The error that the students didn’t make was a reading error.

 

Keywords: Error, Newman, Concept, Fraction


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of students’ errors in solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) problems for the topic of fraction. Asian Social Science, 11(21), 133–142.

Clemen, M. N. (1980). The Newman Procedure For Analysing Errors On Written Mathematical Tasks. Educational Studies in Mathematics.

Damayanti, N. W., Mayangsari, S. N., Mahardhika, L. T. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemahaman Konsep Operasi Hitung pada Pecahan. 4(1),

Fatahillah, dkk. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Jurnal Kadikma. 8(1):45-46

Indriani, A. (2018). Penggunaan Blok Pecahan pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 11.

Jha, S. K. (2012). Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences. 2(1).

Junaedi, I., Suyitno, A., Sugiharti, E., & Eng, C. K. (2015). Disclosure Causes of Students Error in Resolving Discrete Mathematics Problems Based on NEA as A Means of Enhancing Creativity. International Journal of Education, 7(4), 31.

Mulyadi, M., Riyadi, R., & Subanti, S. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(4), 370-382.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Prakitipong, N. & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperative Education. 9(1), 111-122.

Rismawati, M & Hutagaol, A. S. R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.n. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. 4(1), 91-105.

Rismawati, M. & Asnayani, M. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematika dengan Metode Newman. J-PiMat. 1(2), 73-77.

Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Sughesti, M. M., Muhsetyo, G., Susanto, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Pecahan dan Penyebabnya. 4(2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukestiyarno. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Widodo, H. (2015). Potret Pendidikan di Indonesia dan Kesiapannya dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). 13(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v1i1.2321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

pengeluaran sgp