PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LKPD DAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Ainul Hafid, Novi Mayasari

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X-6 SMA Negeri 1 Balen Bojonegoro Tahun Pelajaran 2021-2022 dengan model pembelajaran Project Based Learning dengan media LKPD dan Quizizz. 2) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-6 SMA Negeri 1 Balen Bojonegoro Tahun Pelajaran 2021-2022 dengan model pembelajaran Project Based Learning dengan media LKPD dan quizizz. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart berlangsung selama tiga siklus, dan setiap siklus terdiri dari : perencanaan (plan), pelaksanaan (Act), Pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Analisis data dalam penelitian ini meliputi mengumpulkan dan mengolah data secara kuantitatif berdasarkan hasil observasi dan hasil penilaian (unjuk kerja) dari setiap siklus sehingga peneliti dapat mengetahui prosentase peningkatan pemahaman materi Sistem Jaringan Komputer dan Internet pada peserta didik kelas X yang kemudian dideskrifsikan untuk diambil suatu kesimpulanterdapat peningkatan presentase kelulusan dari tahap siklus I, Siklus II dan siklus III. adapun pada tahap Siklus I hanya sebesar 18 (56,25%) siswa yang mencapai nilai ketuntasan dan pada siklus II terdapat 25 (78,13%) siswa yang mencapai nilai ketuntasan serta pada siklus III terdapat 32 (100%) siswa yang mencapai nilai ketuntasan, Sehingga perolehan peningkatan ini telah memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal 100% siswa harus memperoleh nilai ≥ 70.

Kata kunci: PBL; Media LKPD; Quizizz; Hasil Belajar

Abstract: The purposes of this study are 1) to increase the learning motivation of students in class X-6 SMA Negeri 1 Balen Bojonegoro for the 2021-2022 academic year with the Project Based Learning learning model using LKPD and Quizizz media. 2) to improve the learning outcomes of students in class X-6 SMA Negeri 1 Balen Bojonegoro for the 2021-2022 Academic Year with the Project Based Learning learning model with LKPD and quizizz media. This research method is Classroom Action Research (PTK) model Kemmis and McTaggart lasts for three cycles, and each cycle consists of: planning (plan), implementation (Act), observation (observe), and reflection (reflect). Data analysis in this study included collecting and processing data quantitatively based on the results of observations and assessment results (performance) of each cycle so that researchers could find out the percentage of increased understanding of the material on Computer Network Systems and the Internet in class X students which were then described to draw a conclusion. increase in the percentage of graduation from the stages of cycle I, Cycle II and cycle III. while in Cycle I only 18 (56.25%) students achieved a completeness score and in cycle II there were 25 (78.13%) students who achieved a completeness score and in cycle III there were 32 (100%) students who achieved a completeness, so that the acquisition of this increase has fulfilled the classical completeness criteria 100% of students must obtain a score of ≥ 70

 

Keywords: PBL; Media LKPD; Quizizz; Learning outcomes


Full Text:

PDF

References


Achmadi, Abu dan Shuyadi. (1985). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amornchewin, R. (2018). The Development of SQL Language Skills in Data Definition and Data Manipulation Languages Using Exercises with Quizizz for Students' Learning Engagement. Indonesian Journal of Informatics Education, (2):85-90.

Basuki, Y. & Hidayati. (2019). Kahoot! or Quizizz: the Students’ Perspectives. Proceedings of the 3rd English Language and Literature International Conference. Semarang.

Dewina, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Menganalisis dan Keterampilan Berargumentasi Peserta didik pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(2): 46-54

Eggen, Paul dan Kauchak, Don. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks

Fahrezi, G., & Susanti, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Flip Book Kontekstual Berbasis Android Pada Materi Akuntansi Persediaan. Educatio, 16(1), 58-70.

Farid Ahmadi, H. I. (2020). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. CV Pilar Nusantara.

I Made Gede Swiyadnya dkk, (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha (2021) 9(2).203-210. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/36111/20012/100333

Minangsih, Pitri (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di Kelas Viii Smp Pada Materi Persamaan Garis Lurus. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=CDXl62gAAAAJ&citation_for_view=CDXl62gAAAAJ:YsMSGLbcyi4C

Prasasti, P.A.T. (2015). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Fishbone Diagram (FD) untuk Memberdayakan Kemampuan Menganalisis. Journal Premiere Educandum, 5(2): 223–238

Priyono, Edy & I.G.P.A Buditjahjanto. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Edu-Game Adventure pada Standar Kompetensi Menginstalasi PC di SMKN 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Elektro,1(1).

Purba, L.S.L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar paha Peserta didik Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. JDP. 12(1): 29.

Purwanto, Ngalim. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rasyad. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UHAMKA.

Rahayu, I.S.D., & P. Purnawarman. (2018). Penggunaan Quizizz untuk Meningkatkan Pemahaman Grammar Peserta didik melalui Self- Assessment. Bandung: Atlantis Press

Redhana, I.W, (2010), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Peta Argumen Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(17). 141-148. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1721

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. (1998). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardjono, Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Remaja Cipta.

Sukardi, M. (2009). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara.

Suliyanto. 2014. Statistika Nonparametrik. Yogyakarta: Andi Publisher

Thorndike, Edward. (1973). The Measurement of Intelligence. Madison: University of Wisconsin.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v3i1.3251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

pengeluaran sgp