Sinergi Poker Online dengan Teknologi Matematika dan Ilmu Sosial dalam Era Digital
Abstract
Poker online merupakan salah satu permainan yang berkembang pesat dalam era digital, memanfaatkan teknologi sebagai fondasi utama operasionalnya. Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara poker online, teknologi, matematika, dan ilmu sosial, dengan fokus pada bagaimana keempat elemen ini saling berinteraksi untuk menciptakan pengalaman bermain yang mendalam sekaligus kompleks. Teknologi, seperti algoritma komputer dan kecerdasan buatan, memainkan peran penting dalam pengelolaan permainan, keamanan, serta analisis data pemain. Sementara itu, aspek matematika, seperti teori probabilitas dan statistik, digunakan secara strategis baik oleh pemain maupun sistem untuk mendukung pengambilan keputusan.
Dari perspektif ilmu sosial, poker online memberikan wawasan mendalam tentang perilaku manusia, pengambilan risiko, dan interaksi sosial di lingkungan virtual. Permainan ini juga menciptakan ruang ekonomi digital yang melibatkan transaksi keuangan global dan menciptakan dinamika sosial baru, termasuk komunitas daring yang berbasis kompetisi dan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang yang muncul dari konvergensi teknologi, matematika, dan ilmu sosial dalam konteks poker online, serta implikasinya terhadap pengembangan permainan berbasis teknologi di masa depan.
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap literatur yang ada, terutama dalam memahami pengaruh teknologi terhadap perilaku manusia di lingkungan digital, serta mengidentifikasi potensi inovasi di industri poker online dan permainan lainnya.
Full Text:
Poker OnlineReferences
Hidayat, S. R., Setyadin, A. H., Hermawan, H., Kaniawati, I., Suhendi, E., Siahaan, P., & Samsudin, A. 2017. Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Jackpot Poker. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Algoritma, 3(2), 157–166. https://doi.org/10.21009/1.03206
Arafyana, A. A., Sugita, G., & Murdiana, I. N. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kiu Vip (PKV) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Qiu Qiu Sosial di Kelas VII E SMP Negeri 2 Sigi. Jurnal QQ Pendidikan Matematika Tadulako, 5(3). 311-367.
Astuti, Y., Bennu, S., & Paloloang, B. 2018. Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Model Terpadu Madani pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Poker Pendidikan Matematika Tadulako, 5(3), 356–370.
Afifah, S. F. N., & Khabibah, S. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 147–151.
Masjaya, M. & Wardono, W. 2018. Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.
Sumartini, T. S. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 88–99. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Yumiati, Y., & Wahyuningrum, E. 2015. Pembelajaran Icare (Inroduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) dalam Tutorial Online untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa UT. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 4(2). https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.81
Angriani, A. D., Nursalam, N., Fuadah, N., & Baharuddin, B. 2018. Penelitian Hukum Permainan Poker untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 211. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a9.2018
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v2i2.2958
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)
Published by IKIP PGRI Bojonegoro
Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.