ANALISIS KESULITAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP UNGGULAN AL-FALAH PACUL BOJONEGORO

Siti Khusnul Kotimah, Dwi Erna Novianti, Ari Indriani

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika materi Lingkaran. Terdapat beberapa langkah dalam pemecahan masalah matematika. Menurut Polya dalam Nur (2018) ada empat Langkah dalam pemecahan masalah matematika yaitu (1) memahami masaah (understanding the problem); (2) merencanakan pemecaha soal (devising a plan); (3) merencanakan pemecahan masalah (carrying out the plan); (4) Memeriksa kembali solusi yang diperolah (looking back). Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII Unggulan Al-Falah Pacul Bojonegoro dengan jumlah 16 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes soal, wawancara dan dokumenasi. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah dengan purposive sampling yaitu ada 12 subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan dalam memecahkan matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Unggulan Al-Falah Pacul Bojonegoro cenderung ada 4 siswa yang memenuhi langkah polya dan ada 11 siswa yang tidak memenuhi langkah polya.    

Kata Kunci: Analisis Kesulitan, Pemecahan Masalah.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Syafii. (2020). Analisis kemampua pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkalan Barat dalam penyelesaian soal cerita. Skripsi. Makasar: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322

EFRIYONO, T., Jannah, S. R., & Zulyanty, M. (2019). Deskripsi Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Madrasah TSanawiyah Negri 3 Talang Bakung Kota Jambi. I (Doctoral dissertation, UIN SULTHAN THAHA SAIPUDDIN JAMBI).

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Pada Materi Teorema Phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 415. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p415-426

Nur, R. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Pembelajaran Matematika Di Mts Swasta Aisyiyah Sumatera Utara (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Rusdianti dw. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peerta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas IV SD Negeri Karang Rejo Sugkai Selatan Lampung Utara. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden INTANLampung.

Sari, R. H. N. 2015. Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015.

Wahyu, D. P. (2016). Analisis Kesulitan Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa SMP Kelas VII (Doctoral dissertation, Pendidikan Matematika-FKIP).




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v4i1.2594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats