PENGARUH E-LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DITINJAU DARI HASIL BELAJAR

M Zainudin

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk membuktikan apakah ada tidaknya pengaruh (1) e-learning terhadap hasil belajar siswa, (2) kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa,  (3) pemanfaatan e-learning dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian kausal komparatif ini melibatkan 59 siswa dari 144 siswa kelas VII MTsN 5 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021 yang diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah angket dan dokumentasi. Estimasi validitas instrumen penelitian ini menggunakan V’Aiken, sedangkan estimasi reliabilitas mengunakan Alpha Cronbach’s. Teknik analisis data yaitu dengan (1) uji prasyarat analisis : uji normalitas, linearitas, multikolinearitas dan heterokestisitas, (2) analisis regresi : analisis regresi berganda dan koefisien determinan, (3) uji hipotesis : uji t (parsial) dan uji f (simultan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan e-learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. (2) Kemandirian belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (3) Pemanfaatan e-learning dan kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: e-learning; kemandirian belajar; hasil belajar.

Abstract: The purpose of this study is to prove whether there is an effect of (1) e-learning on student learning outcomes, (2) independent learning on student learning outcomes, (3) the use of e-learning and learning independence on student learning outcomes. This comparative causal research involved 59 students from 144 grade VII students of MTsN 5 Bojonegoro for the 2020/2021 academic year, which were taken by simple random sampling. Data collection techniques used are questionnaires and documentation. The estimation of the validity of this research instrument uses V'Aiken, while the estimation of reliability uses Cronbach's Alpha. The data analysis technique is (1) the prerequisite analysis test: normality, linearity, multicollinearity and heteroscedasticity tests, (2) regression analysis: multiple regression analysis and determinant coefficients, (3) hypothesis testing: t test (partial) and f test (simultaneous). ). The results of this study indicate that (1) the use of e-learning has an effect on student learning outcomes. (2) Independent learning has no effect on student learning outcomes (3) Utilization of e-learning and learning independence has an effect on student learning outcomes

 

Keywords: e-learning; kemandirian belajar; hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Suyanto, S (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.

Retnawati, H. (2014). Teori respon butir dan penerapannya. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rahmawati, U., & Suryanto, S. (2014). Pengembangan model pembelajaran matematika berbasis masalah untuk siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 88-97.

Wijaya, Reni, Dkk. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pemanfaatan E-learning. Jurnal Dimensi, 9(2), 307-322.

Aswan, Dedy. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Media E-learning Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas X SMAN 1 Majene. Jurnal Tata Arta, 1(1). 2-14.

Aliyyah, RR, Dkk. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora p-ISSN 2087-4928 e-ISSN 2550-0236, 8(2), 126-143.

Sari, Mulya. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Penelitian Geografi, 2(7), 1-9.

Misdalina, Dkk. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang. 858-861.

Ranti, Mayang Gadih, Dkk. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1), 75-83.

Mudjiman, Haris. 2011. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS PRESS

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.

Haikal. (2015). Pengaruh Pemanfaatan E-learning, Lingkungan teman sebaya, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Hidayah Semarang. JPIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial). 6(1), 1-12.

Maharani. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi di SMKN 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 3(4), 1-13.

Oktavera., Siska. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dam Kemandirian Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(2), 312-323.

Wijayanto, Setiawan Arief. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA. Jurnal Agastya. 9(2), 172-184.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v1i1.2316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

pengeluaran sgp