Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Virus dengan Pembelajaran Flipped Classroom berbantukan Media Audio Visual

Ni Luh Putu Suratna Dewi

Abstract


Abstract: This study aims to find out 1) the implementation of flipped classroom teaching by using audio-visual media, 2) the improvement of student’s motivation and learning achievement in class X MIPA 3, SMAN 1 Negara, Jembrana, Bali. This study is a Classroom Action Research using instruments in form of test questions, interview and observation guidelines. The data is collected using test, interview and observation methods. The data is validated using theory and data triangulations. The data analysis in this study uses the techniques of descriptive comparative and critical analysis. The indicators are measured by the improvement of student’s achievement above the Minimum Mastery Criteria, which is 70. The results of study show that 1) the implementation of flipped classroom teaching by using audio-visual media on the virus material has been integrated with a scientific approach, 2) the student’s motivation and learning achievement in class X MIPA 3 has increased. Increased motivation can be seen from the percentage of classical success of 1)student’s attention to pre-action activities by 37,71%, cycle I 56,57%, and cycle II 82,29%, 2) student’s activity in pre-action by 41,14%, cycle I 45,14%, and cycle II 71,43%, and 3) the student’s activeness in pre-action activities by 40,00%, cycle I 71,43%, and cycle II 81,71%, 4)the improvement of student’s learning achievement about the virus material can be seen from the percentage of classical success ranging from pre-action activities by 57,14%, cycle I 64,44%, and cycle II 76,51%.

 

Keyword: motivation, learning achievement, virus, flipped classroom, audio visual.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui 1) penerapkan pembelajaran flipped classroom berbantukan media audio visual, 2) peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X MIPA 3, SMAN 1 Negara, Jembrana, Bali. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan instrumen berupa soal tes, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, wawancara, dan observasi. Data divalidasi dengan triangulasi teori dan data. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskripti komparatif dan teknik analisis kritis. Indikator keberhasilan diukur dengan adanya peningatakan prestasi belajar siswa di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapkan pembelajaran flipped classroom berbantukan media audio visual pada materi virus sudah terintegrasi dengan pendekatan saintifik (5M). 2) motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X MIPA 3, SMAN 1 Negara mengalami peningkatan. Peningkatan motivasi dapat dilihat dari persentasi keberhasilan klasikal dari, 1) perhatian siswa pada kegiatan pratindakan sebesar 37,71%, siklus I 56,57%, dan siklus II 82,29%, 2) keaktifan siswa pada kegiatan pratindakan sebesar 41,14%, siklus I 45,14%, dan siklus II  71,43%, dan 3) keaktifan siswa pada kegiatan pratindakan sebesar 40,00%, siklus I 71,43%, dan siklus II 81,71%. 2) peningkatan prestasi belajar siswa tentang materi virus dapat dilihat dari persentasi keberhasilan klasikal mulai dari kegiatan pratindakan sebesar 57,14%, siklus I 64,44%, dan siklus II 76,51%.

 

Kata kunci: motivasi, prestasi belajar, virus, flipped classroom, audio visual.


Keywords


motivation, learning achievement, virus, flipped classroom, audio visual

Full Text:

PDF

References


Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media audio visual dan metode quantum learning. Jurnal refleksi edukatika, 6(2), 158-171. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE /article/view/607/0.

Arikunto, S., dkk. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11-21.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68-75. doi. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167.

Brata, D. N. P., dkk. (2020). Developing Pancasila and Civic Education (PPKn) based on local wisdom. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(1), 768-773. Doi https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8192.

Chandra, F. H. & Nugroho, Y. W. (2015, November 14). Teknologi dan pedagogy: Video tutorial dalam metode pembelajaran flipped classroom. Diseminarkan pada Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, Malang, Indonesia. Retrieved from http://www.academia.edu/download/49087500/Prosiding-Seminar-Nasional-TEP-2015.pdf#page=325.

Diniyah, L. F. (2020). Peningkatan self confidence dan hasil belajar tema selamatkan makhluk hidup dengan teknik call on the next speaker pada siswa kelas VI MI Al-Iman tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 3(1), 33-48. Retrieved from http://jurnal.magelangkota.go.id/index.php/cendelainovasi/article/view/68/27.

Efendi, N. F. (2000). Pendidikan dalam keperawatan. Jakarta, Indonesia: Salemba Medika.

Hamalik, O. (1989). Teknik pengukur dan evaluasi pendidikan. Bandung, Indonesia: Mandar Maju.

Hamdu, G. & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pestasi belajar IPA di sekolah dasar (Studi kasus terhadap siswa kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81-86.

Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas: Teori dan aplikasinya. Bandung, Indonesia: UPI Press.

Hariandja, M. T. E. (2002). Manajemen sumber daya manusia: Pengadaan, pengembangan, pengkompensasian, dan peningkatan produktivitas pegawai. Jakarta, Indonesia: Grasindo.

Hasanudin, C. & Fitrianigsih, A. (2019c). Analisis gaya belajar mahasiswa pada pembelajaran flipped classroom. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 31-36. Retrieved from https://doi.org/10.30734/jpe.v6i1.364.

Hasanudin, C. & Fitrianingsih, A. (2018a). Flipped classroom using screencast-o-matic apps in teaching reading skill in Indonesian language. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2: 143-150. Retrieved from https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.25356.

Hasanudin, C. & Fitrianingsih, A. (2018b). The implementation of flipped classroom using screencastomatic to improve students’ verbal linguistic intelligence. International Journal of Engineering & Technology, 7(4.15), 435-439. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.15.23602.

Hasanudin, C. (2017). Media Pembelajaran: Kajian Teoritis dan Kemanfaatan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., & Saddhono, K. (2019a). How is the student’s negotiation text in collaborative learning of flipped classroom and a CyberLink power director media apps. Ingénierie des Systèmes d’Information, 24(6), 559-567. https://doi.org/10.18280/isi.240601.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., & Saddhono, K. (2019b). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. https://doi.org/10.18280/rces.060301.

Ifdiana, D. (2016). Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan numbered head together pada konsep virus (Skripsi, FKIP Universitas Pasundan, Indonesia). Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/12566/.

Istifarini, R., Bintari, S. H., & Martuti, N. K. T. (2012). Pembelajaran materi virus menggunakan media kartu bergambar di SMA Negeri 2 Wonosobo. Unnes Journal of Biology Education, 1(2), 122-128. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/1145/1112.

Karmana, O. (2014). Biologi 1 Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung, Indonesia: Grafindo Media Pratama.

Lestari, I., Ariyati, E., & Marlina, R. (2016). Efektivitas pembelajaran kooperatif berbantuan flipbook terhadap hasil belajar siswa pada materi virus di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(6), 1-13. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15652/13752.

Mayasari, N., Hasanudin, C., dan Fitrianingsih, A. (2020). The use of wingeom software in geometry subject, how is the learning outcomes of junior high school students? IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, 1477(4) 1-6. Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1477/4/042042.

Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri (2020). Pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya kognitif siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11-21. Retrieved from http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/2081/1426.

Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 27-31. doi. https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00.

Nazmi, N. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dengan menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok virus di kelas X SMA Negeri 1 Kisaran T.P 2012/2013 (Tesis, Universitas Negeri Medan, Medan, Indonesia). Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/10475/.

Riyono, B. & Retnoningsih, A. (2015). Efektivitas model pembelajaran picture and picture dengan strategi inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Unnes Journal of Biology Education, 4(2), 166-172. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/8907/5827.

Sabornie, E. J., Cullinan, D., Osborne, S. S., & Brock, L. B. (2005). Intellectual academicy and behavioural functioning of students with high‐incidence disabilities: A cross‐categorical meta‐analysis. Council for Exceptional Children, 72(1), 47‐63.

Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran kooperatif mind mapping berbantu audio visual dalam meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal pipsi, 4(1), 13-19. Retrieved from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JurnalPIPSI/article/view/1204.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-81. Retieved from http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/144/115.

Suwandi, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penulisan karya ilmiah. Surakarta, Indonesia: Yuma Pustaka.

Wena, M. (2013). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.

Widyaningrum, H. K., dkk. (2020). The use of Edmodo apps in flipped classroom learning. How is the students’ creative thinking ability? Ingénierie des Systèmes d’Information, 25(1), 69-74. Doi https://doi.org/10.18280/isi.250109.

Wirawan, G., Hurri, I., & Pandikar, E. (2018). Studi komparatif: Analisis implementasi media audiovisual dalam pembelajaran IPS di Amerika Serikat dan Turki. JPIS, 27(1), 43-51. Retrieved from http://eprints.ummi.ac.id/357/.

Wuitt, W. (2001). Motivation to learn. An Overview. Educational Psychology Interactive. Valdosta: Saldosta State University.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i2.922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats