Pembelajaran Menulis Teks Laporan Percobaan Dengan Desain Eksperimen Sederhana
Abstract
Abstract: This research is motivated by the assumption that in writing the text of the experimental report, students do not need to conduct experiments because they are already practicum in science learning. In addition, the limited adequate laboratory facilities are a strong reason that students can directly write the text of the experiment report by recalling the experiments that have been carried out. The purpose of this study is to show the learning design of writing experimental report texts applied to students of class IX MTs Negeri 4 Boyolali with simple experiments so that learners can still learn contextually even though the means are limited. This research method is descriptive qualitative with interactive analysis. The results showed that the lack of adequate laboratory facilities was not a significant obstacle in learning to write the text of the report. Practicum can still be done with simple devices in the classroom by conducting food tests, especially the presence or absence of carbohydrates and fats in foodstuffs. With simple experimental activities, students are more enthusiastic in learning activities. In addition, it provides convenience to students in producing experimental report texts so that the quality of the writing is more optimal, according to the structure, and still pays attention to linguistic elements.
Keywords: Text of experiment, experiment, food test reports
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya asumsi bahwa dalam kegiatan penulisan teks laporan percobaan peserta didik tidak perlu melakukan eksperimen karena sudah praktikum pada pembelajaran IPA. Selain itu, adanya keterbatasan fasilitas laboratorium yang memadai menjadi alasan kuat bahwa peserta didik dapat langsung menulis teks laporan percobaan dengan mengingat kembali eksperimen yang pernah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan desain pembelajaran menulis teks laporan percobaan yang diterapkan pada siswa kelas IX MTs Negeri 4 Boyolali dengan eksperimen sederhana sehingga peserta didik tetap dapat belajar secara kontekstual meskipun sarana terbatas. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum dimilikinya fasilitas laboratorium yang memadai tidak menjadi hambatan yang berarti dalam pembelajaran menulis teks laporan percoaan. Praktikum tetap dapat dilakukan dengan perangkat sederhana di dalam kelas dengan melakukan uji makanan khususnya ada tidaknya kandungan karbohidrat dan lemak pada bahan makanan. Dengan kegiatan eksperimen sederhana peserta didik lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam produksi teks laporan percobaan sehingga kualitas tulisannya lebih optimal, sesuai struktur, dan tetap memperhatikan unsur-unsur kebahasaan.
Kata Kunci: Teks Laporan Percobaan, Eksperimen, Uji Makanan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Angelia, Ika Okhtora. (2016). Analisis Kadar Lemak pada Tepung Ampas Kelapa. Jtech, 4(1), 19-23. DOI: https://doi.org/10.30869/jtech.v4i1.42
Chamidiyah. (2015). Pembelajaran Melalui Brain Based Learning dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 279-300. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.795
BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). (2006). Standar Sarana dan Prasarana Sekolah/Madrasah Pendidikan Umum. Jakarta.
Fitri, Ardhista Shabrina dan Yolla Arinda Nur Fitriana. 2020. Analisis Senyawa Kimia pada Karbohidrat. Sainteks, 17(1), 45-52. DOI: 10.30595/sainteks.v17i1.8536
Hajarah. (2021). Hasil Belajar Teks Laporan Percobaan Melalui Model Pembelajaran Projek Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IX-2 MTsN 1 Nagan Raya. Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 89-97. DOI: https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i1.986
Husna, Ahsanul. (2021) . Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Percoban oleh Siswa Kelas IX-4 SMP Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jurnal Dharmawangsa, 96-104.
Juanda, Inayanti Anggraeni dkk. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Campur Kode dalam Menulis Laporan Percobaan pada Siswa SMP. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(4), 591-600.
Kusumaningsih, Rr. Yuliana Rachmawati dkk. (2014). Pengembangan Model Laboratorium Virtual sebagai Solusi Keterbatasan Sumber Daya Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi (SNASST), A 301-306.
Mulyati dan Sari’ah. (2019). Pengaruh Collaborative Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Percobaan Siswa Kelas IX SMP Negeri 24 Palembang. Jurnal Bina Edukasi, 12(2), 1-10. DOI: https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i2.791.
Murdiyanto, Eko. 2020. Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: LP2M UPN Veteran Yogyakarta Press.
Laelasari, Iseu dan Yusuf Hilmi Adisendjaja. (2018). Mengeksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Kegiatan Laboratorium Inquiry Sederhana. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 01(01), 14-19. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v1i1.3879.
Poerwati, Christiani Endah dkk. (2014). Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Motorik Melalui Pengenalan Sains Berbasis Eksperimen Sederhana pada Anak TK Tunas Mekar II Dalung. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Rohmawati, Afifatu. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.091
Sartika, Rina dkk. (2022). PKM SMP Negeri 12 Padang dalam Penerapan Media Pembelajaran dan Teknik Membaca Intensif pada Keterampilan Teks Laporan Percobaan. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 170-174. DOI: 10.29303/jppm.v5i2.3521.
Subamia, I Dewa Putu dkk. (2014). Analisis Kebutuhan Tata Kelola Tata Laksana Laboratorium IPA SMP di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 446-459. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4461.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Harapan dkk. (2012). Pengetahuan Individu dan Pengembangan Kerja Tim Berpegaruh Terhadap Kinerja Perusahaan dan Kawasan Industri MM2100 Cikarang, Bekasi. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 14(1), 23-42. DOI: https://doi.org/10.9744/jmk.14.1.23-43
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i2.3416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/Â is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.