Pengaruh Metode Pembelajaran Small Group Discussion terhadap Critical Thinking Siswa
Abstract
Abstrak: Merespon pendidikan abad 21 maka pembelajaran diorientasikan menjadi pembelajaran keterampilan abad 21. Pembelajaran abad 21 menggunakan istilah yang dikenal sebagai 4Cs (critical thinking, communication, collaboration, and creativity). Keterampilan-keterampilan tersebut sangat penting dan diperlukan untuk pendidikan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran Small Group Discussion terhadap kemampuan critical thinking siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan posttest only control design. Populasinya seluruh kelas X dengan pengambilan sampel secara cluster random sampling dimana kelas X D sebagai kelas kontrol dan kelas X C sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data diperoleh nilai rata- rata kelas eksperimen 86,42 dan kelas kontrol dengan nilai rata- rata 78,47, sehingga terbukti bahwa metode Small Group Discussion lebih baik dibandingkan metode ceramah. Serta diperoleh nilai t hitung 17,226 > t tabel 2,001 dan bila dilihat dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Sehingga hasil penelitian ini disimpulkan ada pengaruh metode pembelajaran Small Group Discussion terhadap critical thinking siswa kelas X pada pelajaran ekonomi di MAN 2 Bojonegoro tahun ajaran 2022/2023.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, M., & Pratama, Y. A. (2022). Keterampilan Berpikir Dalam Konteks Pembelajaran Abad ke-21 (2nd ed). Bandung: PT Refika Aditama.
Budiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian (4th ed). Surakarta : UNS Press.
Fauzan, M. F., Nadhir, L. A., Kustanti, S., Suciani., & Kamilah, S.
(2022). Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil : Seberapa Efektif kah dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Siswa ?. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08 (3), 1805- 1814.
Maknuniyah, L., Mahardika, I. K., & Supeno. (2023). Efektivitas model pembelajaran DIIASE (Display problem, Identify problems, Investigation, Analysis, Sharing, Evaluating) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran fisika di SMA. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) , 10 (2), 33 – 40.
Putra, M., Mulyadi, H., & Ahman, E. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMA Negeri 1 Cikarang Pusat. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 2,(1), 10 – 18.
Raito., & Agustin, S. (2022). Pengaruh Implementasi Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X Otomatisasi & Tata Kelola (OTKP) DI SMK Ciledug AL-MUSADDADIYAH Garut. Jurnal MASAGI , 01 (01). 1 – 8.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i2.3374
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/Â is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.