Formulasi Strategi Bisnis Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Industri Batik “Mliwis Putih†Di Desa Sobontoro, Balen, Bojonegoro.

Taufiq Hidayat

Abstract


Formulasi Strategi Bisnis dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Industri Batik “Mliwis Putih†di Desa Sobontoro, Balen, Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi internal dan eksternal yang dihadapi oleh industri Batik "Mliwis Putih" serta memberikan saran strategi bisnis bagi industri batik “Mliwis Putih†agar memiliki daya saing untuk memenangkan persaingan pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif, IFE, EFE, I-E, dan QSP Matrix. Validitas data yang digunakan adalah metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kondisi internal dan eksternal Industri Batik "Mliwis Putih" menunjukkan kinerja yang cukup baik. (2) strategi penetrasi pasar adalah strategi alternatif yang terbaik untuk dilaksanakan oleh Industri Batik "Mliwis Putih" untuk mencapai daya saing, karena memiliki nilai tertinggi 5,59 di STAS di QSP Matrix.

Key words: Formulasi Strategi, Daya Saing, Industri Batik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i1.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Edutama



Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats