Workshop Internet-Of-Things untuk Guru dan Siswa Sekolah Menengah di Purwakarta, Jawa Barat, Guna Menunjang Kompetensi Era Industri 4.0

Syifaul Fuada, Ichwan Nul Ichsan, Hafiyyan Putra Pratama, Dewi Indriati Hadi Putri, Galura Muhammad Suranegara, Endah Setyowati, Ahmad Fauzi

Abstract


ABSTRACT

Internet of Things (IoT)  is one of the technological paradigms developed in the industrial revolution 4.0. The concept of IoT is an object can transfer data over a network without interaction from human-to-human or from human-to-computer. One of the IoT implementations in the education sector is the attendance system using IoT-based Radio Frequency Identification (RFID).  The attendance machines such as fingerprints and face recognition have a relatively high-cost compared to RFID machines. Hence, if the number of attendance machines within the School is limited, it will be less efficient for a large number of students and vulnerable to queuing. The RFID implementation in the Education sector was socialized through a Workshop with students and teachers of the secondary schools in Purwakarta, West Java, as the participants. To provide additional insight and expertise about the RFID-IoT concept to the workshop participants, this community service activity needs to be done. Several benefits will be obtained through this workshop, including saving paper use and efficiency, because the RFID-based IoT can reduce the teachers’ workload in processing the student attendance lists. Teachers are also invited to this workshop so they can guide their students and pass on the additional skills. Moreover, the invited teacher will teach new knowledge related to workshop material to other students in the School.

Keywords: Internet-of-things, RFID, Mesin Kehadiran, Workshop, Purwakarta

 

ABSTRAK

Internet of Things (IoT) merupakan salah satu paradigma teknologi yang dikembangkan dalam revolusi industri 4.0. Konsep IoT adalah suatau objek dapat mentransfer data lewat jaringan tanpa adanya interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer. Salah satu implementasinya pada bidang pendidikan yaitu sistem kehadiran menggunakan  Radio Frequency Identification (RFID) berbasis teknologi IoT. Mesin kehadiran seperti fingerprint dan face recognition memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan mesin RFID. Sementara, jika jumlah mesin kehadiran yang ada di sekolah terbatas, hal ini sedikit kurang efisien untuk jumlah siswa yang sangat banyak dan rentan menimbulkan antrian. Implementasi RFID di bidang Pendidikan ini disosialisasikan melalui sebuah Workshop dengan siswa dan Guru dari sekolah menengah di Purwakarta, Jawa Barat sebagai peserta. Untuk dapat memberikan tambahan wawasan dan keterampilan mengenai mesin kehadiran RFID dengan konsep IoT kepada peserta Workshop, maka pengabdian masyarakat ini perlu dilakukan. Beberapa manfaat akan didapat memalui workshop ini, termasuk menghemat penggunaan kertas dan efisiensi karena RFID berbasis IoT mengurangi beban kerja guru dalam mengolah data kehadiran siswa. Guru turut diundang dalam workshop ini agar mereka dapat membimbing siswanya dan menularkan tambahan keterampilan dan wawasan yang didapat dari kegiatan PKM ini kepada siswa lainnya di sekolah..

Kata Kunci: Internet-of-things, RFID, Workshop, Purwakarta


Keywords


Internet-of-things, RFID, Workshop, Purwakarta

Full Text:

PDF

References


Afriliana, I., Budihartono, E., & Sabanise, Y. (2018). Pengenalan Internet Of Things (Iot) untuk Peningkatan Softskill pada Siswa SMA N 5 Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(2), 92–97.

Aji, K. P., Darusalam, U., & Nathasia, N. D. (2020). Perancangan Sistem Presensi Untuk Pegawai Dengan RFID Berbasis IoT Menggunakan NodeMCU ESP8266. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 5(1), 25.

Ananda, R., & Amin, M. (2019). Workshop Pelatihan Perancangan Internet of Things Berbasis Arduino UNO Jenis r3/r3 SMD di SMK swasta Karya Utama Kota Tanjungbalai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 6.

Fauziah, H. Y., Sukowati, A. I., & Purwanto, I. (n.d.). Rancang Bangun Sistem Absensi Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Cendekia (Sttc) Berbasis Radio Frequency Identification (Rfid). 8.

Fuada, S. (2015). Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri. 8.

Hasanah, N., Mahali, M. I., & Wulandari, B. (2018). Pengembangan Trainer Internet Of Things Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Internet Of Things. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 3(2), 19–29.

Irmansyah, M., & Madona, E. (2019). Penerapan IoT Menggunakan Mikrokontroler NodeMCU ESP8266 untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK. 1(1), 5.

Manfaluthy, M., & Ekawati, R. (2019). Pelatihan Internet Of Things (Iot Trainer) Berbasis Esp8266 pada SMK Al-Muhadjirin Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 0(0), Article 0.

Novianto, I. (2016). Implementasi Eliminasi Derau Dengan Metode Tapis FIR Pada Feedback Pengeras Amplifier dan Microphone Berbasis SAM3X8E. 6.

Purwiantono, F. E., Romli, M. S., & Aditya, A. (2019). Pemanfaatan RFID (Radio Frequency Identification) sebagai Alternatif Absensi Siswa (Studi Kasus: SMK Ar-Rahmah Sukabumi, Jawa Barat). Jurnal Teknoinfo, 13(2), 118.

Setiawan, E. B., & Kurniawan, B. (2015). Perancangan Sistem Absensi Kehadiran Perkuliahan dengan Menggunakan Radio Frequency Identification (RFId). 6.

Setiawan, H. S. (2018). Pelatihan Guru dalam Penggunaan Internet of Things pada Madrasah Darussa’adah. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 9(2), 167.

Setyowati, E., Fuada, S., Suranegara, G. M., Pratama, H. P., Hadi Putri, D. I., & Ichsan, I. N. (2019). Mesin Absensi RFID berbasis Internet-of-Things (IoT) untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa di Purwakarta terhadap Teknologi. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2).

Wagyana, A. (2019). Jurnal Ilmiah Setrum Article In Press. 10.

Widayanti, A. T. E. (2019). Penerapan Absensi Berbasis Sistem Barcode dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Sedati Sidoarjo [Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/38923/




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v4i2.938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats