Pemberian Literasi Digital Marketing dan Pendampingan Penjualan Produk UMKM di Lampung melalui Aplikasi Platform Digital, Periklanan dan Konten Marketing

Mahrinasari MS, Remy Yudha Saputra, Ayu Gita Permata, Apridalia Apridalia, Haysi Muliyana, Lusia Dewi Sulistiati, M. Fahrudin

Abstract


ABSTRACT

The Community Service Activities carried out are Providing Digital Marketing Literacy and Product Sales Assistance to MSMEs through the Digital Platform Application, Advertising, and Marketing Content with the aim of providing the community, especially MSME business actors, with literacy related to digital marketing and can increase sales of their products using the Digital Platform so that they can open up opportunities to increase customer potential with "suspect" customer level and increase the opportunity for many customers to appear at the "active” customer level because of the ease of ordering on the digital platform used. The Digital Marketing literacy provided can be the basis for MSME players to always innovate in marketing their products.

Keywords: MSMEs, Digital Marketing, Digital Platforms, Advertising, Content Marketing

 

ABSTRAK

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan adalah Pemberian Literasi Digital Marketing dan Pendampingan Penjualan Produk pada UMKM melalui Aplikasi Platform Digital, Periklanan dan Konten Marketing bertujuan agar masyarakat khususnya pelaku usaha UMKM mendapatkan literasi terkait digital marketing dan dapat meningkatkan penjualan produknya menggunakan Platform Digital  sehingga dapat membuka peluang untuk menambah potensi pelanggan dengan level “suspect” dan memperbesar peluang munculnya banyak pelanggan dengan level “active customer” karena kemudahan pemesanan pada platform digital yang digunakan. Literasi Digital Marketing yang diberikan dapat menjadi dasar pelaku UMKM untuk selalu berinovasi dalam pemasaran produknya.

Kata Kunci: UMKM, Digital Marketing, Platform Digital, Periklanan, Konten Marketing


Keywords


UMKM, Digital Marketing, Platform Digital, Periklanan, Konten Marketing

Full Text:

PDF

References


Aprilisanda, I.D., Puspitasaria D.S., and Romaisyah L., (2020). Optimizing the Utilization of GoFood System Application as an Income Enhancement at Rungkut Surabaya MSME, Journal of Economics, Business and Government Challenges [JoEBGC] Vol. 3 No. 01, Jawa Timur, Indonesia ISSN : 1979-7117 , eISSN : 2614-4115 DOI:https://doi.org/10.33005/ebgc.v3i01.298

Durmaz, Y. & Celik, C., (2022). A Theoretical Approach to Digital Marketing and Usage Channels, Advances in Social Science and Culture ISSN : 2640-9682 e-ISSN : 2640-9674 Vol. 4, No. 2, DOI:https://doi.org/10.22158/assc.v4n2p72

Eka, C., Fatahillah, R., Sarsono, A., Hanavi, A., & Sitorus, P. (2021). Pengaruh Tipe Post, Waktu Post, Testimoni Dan Follower Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(1), 91-100. DOI:https://doi.org/10.37366/master.v1i1.158

Faizah, F.N., & Zulfaturrohmaniyah (2022) GoFood Vs ShopeeFood : Manakah yang Menjadi Pilihan Generasi Z ? , Al- Tijary - Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 2022, Vol. 7, No. 2, Hal. 157 – 168 P-ISSN: 2460-9404; E-ISSN: 2460-9412 DOI:http://dx.doi.org/10.21093/at.v7i2.4801

Hasan, M., Artiningsih, D. W., & Wicaksono, T. (2019). Analisis Eksistensi Layanan Go-Food Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Rumah Makan di Banjarmasin. Al-Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 15-27. ISSN 2355-3197 DOI:http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v6i2.2313

Mekari Qontak Editorial. (2023). Content Marketing : Pengertian, Jenis dan Tipsnya, Article link: https://qontak.com/blog/content-marketing/

Natapraja, A.,(2023) Bandar Lampung 'Banjir' Billboard, Ternyata Begini Cara Menghitung Pajak Reklame Usaha untuk Kalian Ketahui, Article, Radar Lampung Online https://radarlampung.disway.id/read/683155/bandar-lampung-banjir-billboard-ternyata-begini-cara-menghitung-pajak-reklame-usaha-untuk-kalian-ketahui

Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah https://peraturan.go.id/id/pp-no-7-tahun-2021

Puthussery, A. (2020). Digital marketing: An overview. e-Book. eISBN : 978-1-64783-867-6 Notion Press, Chennai

Waziana, W., Sari, D.N., Hendrawan, E., dan Kusnadi, D., (2023) Pendampingan dan Peningkatan Pemahaman Urgensi Pembuatan NIB kepada Pelaku UMKM di Desa Patoman Kec. Pagelaran Kab. Pringsewu sebagai Upaya Legalitas Usaha, Begawi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat FEB Unila Vol. 1 No 2 Tahun 2023 , E-ISSN 2985-6973.

Website Gojek https://www.gojek.com/id-id/merchant/cara-daftar-gofood/

Website Grabfood https://www.grab.com/id/merchant/food/

Website Google Map https://support.google.com/maps/answer/

Wiastuti, R. (2022). Behavioral Intention Pada Aplikasi Pemesanan Makanan Gofood, Grabfood dan Shopeefood. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 13(1), 42-49. DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v13i1.214

Widyayanti, E. R. (2022). Analisis Penjualan Produk Kuliner Melalui Online Pada Aplikasi Sophee Platform Sopheefood Di Yogyakarta. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 394-417. DOI: https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.475




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v8i1.4018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats