Pengembangan UKMK dapur Jejama Melalui Implementasi Konten Social Media Marketing

Mahrinasari MS, Nanda Destyana Suci, Ghina Erza Fortuna, Nadia Ayu Wulandari, Kenny Abel Batara Barus, Tri Agustam, Muharrom Ainul Yaqin

Abstract


The rapid advancement of digital technology has profoundly impacted business operations, particularly for MSMEs. Digital innovations, such as digital media, have introduced new marketing trends, significantly influencing MSMEs' growth. This community service initiative aims to enhance digital marketing literacy among MSMEs and implement social media marketing strategies on platforms like Instagram and TikTok for Dapur Jejama, an MSME specializing in Lampung cuisine. The project utilizes observation, interviews, and literature studies to support its objectives. It encourages Dapur Jejama to adopt effective promotional strategies on digital platforms, particularly leveraging TikTok and Instagram, to enhance their visibility and sales effectiveness across various social media channels.

 

Kemajuan teknologi digital yang pesat telah berdampak signifikan pada dunia bisnis, terutama bagi UMKM. Inovasi teknologi digital, seperti media digital, telah memperkenalkan tren pemasaran baru yang berpengaruh besar terhadap perkembangan UMKM. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi pemasaran digital bagi UMKM serta mengimplementasikan strategi pemasaran media sosial di platform seperti Instagram dan TikTok untuk UMKM Dapur Jejama, yang mengkhususkan diri dalam kuliner khas Lampung. Proyek ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi literatur untuk mendukung tujuannya. Ini mendorong Dapur Jejama untuk mengadopsi strategi promosi yang efektif di platform digital, terutama dengan memanfaatkan TikTok dan Instagram, guna meningkatkan visibilitas dan efektivitas penjualan mereka melalui berbagai saluran media sosial.

 

 


Keywords


Pemasaran, Digital Marketing, Pelatihan Digital Marketing, UMKM, Media Sosial, Kuliner

Full Text:

PDF

References


Agustinova, Danu Eko. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Calpulis, Yogyakarta.

Dima, Yustin, E., T dan Waja, M., A., S. 2022. “Peran UMKM Dalam Menjaga Stabilitas Perekonomian Masyarakat Akibat Pandemi Covid-19 Di Kota Atambua ( Studi Kasus Home Industri Pembuatan Stik Berbahan Dasar Daun Kelor ).” Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan 5(1):9–13.

Evans, D., Bratton, S., & McKee, J. (2021). Social media marketing. AG Printing & Publishing.

Wardana, dkk. (2020). Antologi Karya Perpajakan - Sebuah Persembahan Mahasiswa Jurusan Pajak. Deepublish, Sleman.

Apriwiyanti, Ika (2019). Pengaruh Pinjaman Modal dan Teknologi Terhadap Perkembangan UMKM Menurut Perspektif Ekonomi Islam di Kota Bandar Lampung. Skripsi Ekonomi Syariah UIN raden Intan Lampung

Purwidiantoro, Moch Hari., el.al. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal EKA CIDA Vol. 1 No. 1 Maret 2016 30 ISSN: 2503-3565 e-ISSN: 2503- 3689

Dwi Riyanto, Andi. (2021). We Are Social Hootsuite.https://datareportal.com/ reports/digital-2021-indonesia

Lisyawati, E. 2022. “Pembedayaan UMKM Melalui Penguatan Legalitas Usaha Di Desa Cogreg Kecamatan Parung Kabupaten Bogor.” PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):46–52.

Mustika, M. (2021). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics) Vol: 2(2), 165–171.

Nadiah, N., A 2019. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Pendapatan Pelaku UMKM Di Kota Makassar. Skripsi Program Studi Studi Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar

Pratama, A dan Anggraeni, R. 2019. Pengaruh Youtube Advertising Terhadap Respons Konsumen. Journal of Communication Empowerment Vol :1(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v8i1.4014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats