Pemberdayaan Usaha Baru Masyarakat Desa Melalui Kearifan Lokal Berbasis Seni, Teknologi, Ekonomi, Agrobisnis & Mode

Ima Isnaini Taufiqur Rohmah, Dwi Erna Novianti, Ifa Khoiria Ningrum, Boedy Irhadtanto, Day Ramadhani Amir

Abstract


perkebunan yang sangat potensial untuk dikembangkan. Selain itu, struktur masyarakat yang didominasi 80% penduduk asli menjaga bertahannya ke khasan lokal Desa Pacul. Berdasarkan studi pendahuluan, permasalahan yang ada antara lain: 1) terdapat 53% dari 52 sektor home industry yang mengalami pengelolaan yang stagnan; 2) masyarakat memiliki sikap skeptis dan apatis terhadap pembangunan desa;; 3) lambannya pengenalan teknologi dan ditunjang lemahnya sumberdaya individu dalam membaca pengembangan peningkatan kompetensi diri, produktivitas, dan literasi pada akhirnya menjadikan rantai pembangunan perekonomian pada khususnya tidak maksimal. Diperlukan upaya penanganan secara kolektif pengembangan kompetensi individu masyarakat agar terbentuk pola pikir dan sikap proaktif dalam menggali potensi diri melalui aktivitas pojok- pojok literasi sesuai kebutuhan, potensi & peminatan masyarakat. Tujuan dari program ini adalah untuk mereduksi sikap skeptis dan apatis masyarakat Desa Pacul serta mengembangkan potensi individu penduduk desa untuk meningkatkan kompetensi sebagai modal berkarya disektor peminatan masing-masing dalam kerangka RPJM partisipatif desa. Program ini dikemas dalam beberapa aktivitas pokok antara lain: 1) identifikasi potensi masyarakat desa; 2) penelusuran peminatan masyarakat desa; 2) pendataan potensi usaha desa; 4) pembentukan pojok-pojok literasi berbasis Etno- STEAM; 5) pelatihan kompetensi; 6) pendampingan pengembangan usaha individu/ kelompok.

Keywords


Etno-STEAM, Literasi Usaha, Pemberdayaan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Bachrein, S., 2010, Pendekatan Desa Membangun di Jawa Barat: Strategi Pembangunan dan Kebijakan Pembangunan Perdesaan. Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian, 8 (2), 133-149.

Syahza, A. (2003). Rancangan Model Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pedesaan Berbasis Agribisnis Di Daerah Riau Modeling Of Economic Empowerment Of Rural Community Based On Agro-Business Activities In Riau. Pembangunan Pedesaan,3(2),105–111




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i2.3480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats