Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah di Jurnal Ilmiah berbasis TIK bagi Guru Kelas

Dina Mardiana, Simpun Simpun, Kuswari Kuswari, Ichyatul Afrom, Kristiani Natalina, Sapriline Sapriline, Femmy Femmy

Abstract


 

ABSTRACT

The Community Empowerment Program (PPM) is one of the schemes in community service (PKM) activitiy carried out by the FKIP Lecturer Team from Palangka Raya University (UPR). This PKM-PPM activity was carried out for 30 classroom-teachers in Central Kalimantan Province through training and mentoring in an online workshop by a virtual zoom cloud meeting. The purpose of this PKM-PPM activity is to support the human resource excellence of classroom-teachers in terms of their competence to write scientific papers known as Classroom Action Research (PTK) and how to publish those papers in ICT-Based Scientific Journals or OJS. The training and mentoring method used was an integrated direct instruction-communicative approach which was held in July 2023. The science and technology provided through the implementation of this PKM-PPM activity can increase the knowledge and skill of classroom-teachers. This improvement is shown through the ability to compile scientific papers resulting from PTK reports and to  submit those manuscripts to OJS-based scientific journals. This is also evidenced by the attainment of evaluation results on classroom-teacher activity and performance (during training and mentoring), in which it was shown by the score of 82 on-average with a completeness percentage of 91%. Thus it can be concluded that the PKM-PPM activity that has been carried out by the Lecturer Team from FKIP of Palangka Raya University in 2023 have succeeded.

Keywords: publications, scientific papers, scientific journals, class teachers

 

 

ABSTRAK

Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) merupakan salah satu skim dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim Dosen FKIP dari Universitas Palangka Raya (UPR). Kegiatan PKM-PPM ini dilaksanakan kepada 30 orang guru kelas di Provinsi Kalimantan Tengah melalui pelatihan dan pendampingan berbentuk workshop secara daring dalam virtual zoom cloud meeting. Tujuan kegiatan PKM-PPM ini untuk mendukung keunggulan SDM Guru Kelas dalam hal kompetensi penulisan karya ilmiah berbentuk PTK dan cara mempublikasikannya di Jurnal Ilmiah Berbasis TIK atau OJS. Metode pelatihan dan pendampingan menggunakan pendekatan terpadu direct instruction-komunikatif yang dilaksanakan di bulan Juli tahun 2023 ini. Ipteks yang diberikan melalui pelaksanaan kegiatan PKM-PPM ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru kelas.  Peningkatan tersebut ditunjukkan melalui kemampuan menyusun artikel ilmiah hasil laporan PTK  dan mengirimkan naskah artikel ilmiahnya tersebut ke jurnal ilmiah berbasis OJS. Hal tersebut juga dibuktikan dengan perolehan nilai hasil evaluasi terhadap aktivitas dan kinerja guru kelas (saat pelatihan dan pendampingan), yakni rata-rata 82 dengan persentase ketuntasan 91%.  Dengan demikian dapat disimpulkan kegiatan PKM-PPM yang telah dilaksanakan Tim Dosen dari FKIP Universitas Palangka Raya pada tahun 2023 ini telah terlaksana dengan baik.

Kata Kunci: publikasi, karya ilmiah, jurnal ilmiah, guru kelas


Keywords


publikasi, karya ilmiah, jurnal ilmiah, guru kelas

Full Text:

PDF

References


Ansori, I. & Purnomo. (2017). Pelatihan Tentang Penyusunan Proposal Dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru Sekolah Dasar Gugus Ki Hajar Dewantoro Dabin I Kecamatan Tugu Kota Semarang. Jurnal Kreatif, 131-142. https://doi.org/10.15294/kreatif.v7i2.9375

Brown, H. D. (2008). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Baghbadorani, E. A., & Roohani, A. (2014). The Impact of Strategy-Based Instruction on L2 Learners ’ Persuasive. In International Conference on Current Trends in ELT (Vol. 98, pp. 235–241). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.412

Dirjen GDTK. (2023). Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 2626/b/hk.04.01/2023 Tentang Model Kompetensi Guru. Jakarta: Kemendikbudristek.

Fauzi, I. & Mardiana, D. (2018). “Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas untuk Topik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru di SD Muhammadiyah Pahandut Palangkaraya”. Laporan PKM. Palangkaraya: LPPM Universitas Palangka Raya.

Fakhriyah, F., Wanabuliandari S., & Ardianti S.D. (2018). Pendampingan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SDN 5 Karangbener Kecamatan Bae, Kudus. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(1), 93-98. 10.30653/002.201831.44

Fauzi, I dan Mardiana, D. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bentuk PTK bagi Guru di SD Muhammadiyah Pahandut Kota Palangkaraya. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 37-48. http://dx.doi.org/10.30734/jabdipamas.v5i1.1526

Madjid, S., Emzir, E., & Akhadiah, S. (2017). Improving Academic Writing Skills through Contextual Teaching Learning for Students of Bosowa University Makassar. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 2(2), 268. https://doi.org/10.26737/jetl.v2i2.317

Purbasari, I., Kironoratri, L., & Fajrie, N. (2023). Pelatihan Penyusunan Materi Ajar Melalui OBS untuk Meningkatkan Keterampilan Profesional Guru Sekolah Dasar. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 97-106. http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i1.2338

Rahardi, K. (2010). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Richardo, R., Abdullah, A.A., Rochmadi, T., Rohayati, S., & Agustini, A. (2019). Peningkatan Pemahaman Guru dalam Menulis dan Mempublikasikan Artikel Ilmiah pada Jurnal Online. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 1-10. http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i2.599

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sinaga, P., & Feranie, S. (2017). Enhancing Critical Thinking Skills and Writing Skills through the Variation in Non-Traditional Writing Task. International Journal of Instruction, 10(2), 69–84.

Setiawan, M.A. & Trisnawati. (2018). Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SMK Al-Inabah Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 18-21.

Soares, A.DC. (2020). Persyaratan Kenaikan Pangkat Bagi Guru. Kupang: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT Bidang Pembinaan dan Ketenagaan.

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim UP3G. (2023). Panduan PLP I dan II. Palangkaraya: FKIP Universitas Palangka Raya (UPR).

Yang, Y. (2016). Teaching Chinese College ESL Writing : A Genre-Based Approach. English Language Teaching, 9(9), 36–44. https://doi.org/10.5539/elt.v9n9p36

Yundayani, A., Kardijan, D., & Apriliani, R. D. (2020). The Impact Of Pbworks Application, International Journal of English and Education, 39(3). https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.25077




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i2.3459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats