Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di SMPN 4 Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau

Leni Apriani, Novri Gazali, Idawati Idawati

Abstract


ABSTRACT

This community service activity aims to provide skills to teachers and students of SMPN 4 Tapung Hilir Kampar Regency, Riau Province. The material discussed in this activity is the writing and publication of scientific papers and basic technical training in public speaking. This activity was attended by 14 teachers and 30 students. The results of this activity are (1) teachers have the ability to write scientific papers, especially in classroom action research (PTK), (2) teachers know how to publish scientific papers in National Journals, (3) teachers can use published journals for the purposes of promotion, (4) students, especially student council members and Boy Scouts have the ability to communicate well.

 

KeywordsScientific Papers, Public Speaking.

 

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian kepada masyarkat ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada para guru dan siswa SMPN 4 Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Materi yang dibahas dalam kegiatan ini yaitu penulisan dan publikasi karya tulis tulis ilmiah serta pelatihan teknik dasar public speaking. Kegiatan ini diikuti oleh 14 orang guru dan 30 orang siswa. Hasil dari kegiatan ini yaitu  (1) guru memiliki kemampuan dalam menulis karya ilmiah khususnya dalam penelitian tindakan kelas (PTK), (2) guru mengetahui cara mempublikasikan karya tulis ilmiah di Jurnal Nasional, (3) guru bisa menggunakan jurnal yang sudah terbit untuk keperluan kenaikan pangkat, (4) siswa khususnya anggota OSIS dan Pramuka memilki kemampuan berkomunikasi dengan baik.

 

Kata Kunci: Karya Tulis Ilmiah, Public Speaking.


Keywords


Karya Tulis Ilmiah, Public Speaking

Full Text:

PDF

References


Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70-81.

Hasyim, M. dan Irwan D. W. (2014). Pelatihan Public Speaking Pada Remaja dan Anak-Anak Dusun Puluhan, Desa Banyusidi, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 3(2), 96-100.

Hardiningrum, I. S. (2018). Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 07 Kota Kediri. Jurnal Aplikasi Administrasi, 19(2), 121-129.

Kepmenpan No. 84/1993.

Nellitawati, N. & Aswardi, A. (2017). Efektivitas Pelatihan Metode Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SD di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 1(1), 1-5.

Noorjannah, L. (2015). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).

Nurmaini, M. Y. (2017). Implementasi Teknik Triple P Dalam Memudahkan Guru Bahasa Inggris SMA N 4, SMA N 5, Dan SMA N 8 Kota Jambi Menulis Proposal Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(1), 93-97.

Permenpan RB No. 16 Tahun 2009.

Purnamasari, D., Pratiwi, M., & Rosalia, N. (2018). Pengembangan Public Speaking Bagi Pengurus OSIS di SMPN 30 Semarang. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(2), 63-66.

Siregar, E. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. JURNAL Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(77).

Warsono, W. (2017). Guru: Antara Pendidik, Profesi, dan Aktor Sosial. The Journal of Society & Media, 1(1), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i2.503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats