Pelatihan Implementasi Strategi Pembelajaran Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Dayak Ngaju di Sekolah Dasar

Iwan Fauzi, Dina Mardiana, Akhmad Syifa Ramadhani, Ririn Mahdiyani Safutri

Abstract


ABSTRACT

The Lecturer Program for Assisting Excellent Human Resources (PDPSU) is one of the schemes in the community service activities at the university which was carried out by the FKIP Lecturer Team from the University of Palangka Raya (UPR). The PDPSU program was implemented to six teachers of Dayak Ngaju Language (BDN) Subject at SD Muhammadiyah Pahandut and SDN-5 Panarung Palangkaraya city through training and assistance in implementing the strategy of language learning. The purpose of this PDPSU activity was to help fulfill the pedagogic competence of the BDN subject teachers in applying the theory of language learning strategy including techniques for using BDN learner dictionary and developing teaching materials, grammar translation teaching method, communicative approach, and language learning techniques in learning BDN at the elementary schools. The results of the program can improve teachers’ competence in mastering the basic concepts and theories of language learning strategy and apply them to develop the learners’ worksheet of BDN in the elementary schools and implementing them in learning activities within their respective classes. It showed by the observation grade attained by the teachers during training and mentoring reached an average of 81.6.

 

Keywords: language learning strategy, Dayak Ngaju language, primary school

 

ABSTRAK

Program Dosen Pendamping SDM Unggul (PDPSU) merupakan salah satu skim dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi, yang dilaksanakan oleh Tim Dosen FKIP dari Universitas Palangka Raya (UPR). Program PDPSU ini dilaksanakan kepada enam orang Guru Mata Pelajaran Bahasa Dayak Ngaju (Guru Mapel BDN) di SD Muhammadiyah Pahandut dan SDN-5 Panarung Kota Palangkaraya melalui pelatihan dan pendampingan implementasi strategi pembelajaran bahasa. Tujuan kegiatan PDPSU ini untuk membantu memenuhi kompetensi pedagogik para guru mapel BDN tersebut dalam mengaplikasikan teori strategi pembelajaran bahasa yang mencakup teknik penggunaan kamus pelajar BDN dan pengembagan materi ajar, metode pengajaran terjemahan tata bahasa, pendekatan komunikatif, dan teknik pembelajaran bahasa dalam pembelajaran BDN pada sekolah dasar. Hasil kegiatan pada program PDPSU ini dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menguasai konsep dasar dan teori strategi pembelajaran bahasa dan mengaplikasikannya dalam bentuk pengembangan LKPD pembelajaran BDN di sekolah dasar serta mengimplementasikannya pada kegiatan pembelajaran BDN di kelasnya masing-masing. Hal itu ditunjukkan dengan nilai pengamatan terhadap aktivitas dan kinerja guru saat pelatihan dan pendampingan, yakni rata-rata 81,6.

 

Kata kunci: strategi pembelajaran bahasa, bahasa Dayak Ngaju, sekolah dasar


Keywords


strategi pembelajaran bahasa, bahasa Dayak Ngaju, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Brown. (2008). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Dikti. (2007). Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007: Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Kemendiknas.

Darwis, M. (2011). Nasib Bahasa di Era Globalisasi: Peluang dan Tantangan. Makalah pada Workshop Pelestarian Bahasa Daerah Bugis Makassar. Pare-pare: Balitbang Agama Makassar. https://www.semanticscholar.org/paper/NASIB-BAHASA-DAERAH-DI-ERA-GLOBALISASI%3A-PELUANG-DAN Darwis/17970ad273ccc7c12a7cea0d1d32329f6ba71925

Fauzi, I dan Mardiana, D. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bentuk PTK bagi Guru di SD Muhammadiyah Pahandut Kota Palangkaraya. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 37-48. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i1.1526

Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kemdikbud. (2014). Permendikbud Nomor 79 Tahun 2014: tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Kuswari, Mardiana, D., Simpun, dan Sapriline. (2021). Keefektifan Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa di SD. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(2), 39-48. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1735

Mardiana, D., Supryanto, T, RM., dan Pristiwati, R. (2021). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa. Tunas: Jurnal PGSD. 6(2), 1-18. DOI : https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2519

Pratidhina, E, Herwinarso, Koswojo, J, dan Winarlim, H.S. (2019). Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Sains Sekolah Dasar untuk Para Guru. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 139-148. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i2.630

Tarigan, H. G. (2011). Pengajaran dan Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim UP3G. (2021). Panduan PLP dan Pendidikan Profesi Guru. Palangkaraya: FKIP Universitas Palangka Raya.

Usup, A., dkk., (2021). Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat: Sumber Dana DIPA PNBP UPR 2021. Palangkaraya: LPPM UPR.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i1.2105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats