Pendampingan Guru dalam Menyusun Media 3D dengan Konsep Kartun berbantuan Meta AI Dan Chat GPT untuk Pembelajaran di Sekolah Dasar
Abstract
ABSTRACT
Assisting teachers in compiling cartoon-based 3D media using Meta AI and ChatGPT was innovative step in improving the learning quality in primary school. This activity aimed to equip teachers withskill in developing interactive learning media based on students' needs. There were 3 main stages in it, namely identifying needs and situation analysis, designing training program, conducting training and mentoring. Results of this activity showed that teachers were able to understand and utilize Meta AI and ChatGPT in creating 3D cartoon illustrations. Moreover, they were able to develop pop-up media using various mechanism, such as V-fold, rotary, and mouth mechanism. Result of evaluation showed that teachers' creativities were improved in compiling interesting and applicative learning media. It could be concluded that the utilization of AI technology and 3D media were potential to improve learning effectivity, motivate the students, and support teachers in delivering learning materials in more innovative ways.
Keywords: 3D media, Meta AI, ChatGPT, primary school
ABSTRAK
Pendampingan guru dalam menyusun media 3D berbasis kartun dengan bantuan Meta AI dan ChatGPT merupakan langkah inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali guru dengan keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Metode yang digunakan mencakup tiga tahap utama, meliputi identifikasi kebutuhan dan analisis situasi, perancangan program pelatihan, pelaksanaan pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru mampu memahami dan memanfaatkan teknologi Meta AI serta ChatGPT dalam menciptakan ilustrasi kartun 3D. Selain itu, mereka berhasil mengembangkan media pop-up menggunakan berbagai mekanisme, seperti V-fold, rotary, dan mouth mechanism. Evaluasi menunjukkan peningkatan kreativitas guru dalam menyusun media pembelajaran yang menarik dan aplikatif. Simpulan dari kegiatan ini adalah pemanfaatan teknologi AI dan media 3D berpotensi meningkatkan efektivitas pembelajaran, memotivasi siswa, serta mendukung guru dalam menyampaikan materi secara lebih inovatif.
Kata Kunci: media 3D, kartun, meta AI, Chat GPT, sekolah dasar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alatas, M. A. (2024). Penggunaan AI dalam Pembelajaran Bahasa Madura pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Pamekasan. Ganesha: Journal of Applied Linguistics, 1(3), 174-185. http://aajournalinstitute.com/index.php/ganesha/article/view/104.
Ardiani, K. E. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 26-35. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45159
Arigiyati, T. A., Kuncoro, K. S., & Kusumaningrum, B. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis smartphone bagi guru SD Muhammadiyah Girikerto. Kanigara, 1(2), 140-149. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i2.4022
Dwiyanti, N., & Perdana, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan 3D Aplication Scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Topik Gelombang Bunyi. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 6(1), 20-29. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction/article/view/9399
Fariz, R., & Dewi, N. R. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline 3 pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 304-310). https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54191
Fatkhurrohman, M. A., Nasibah, A., Hayati, M. N., & Fatkhomi, F. (2021). Pengembangan media pembelajaran 3D buklet berbasis literasi sains. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(2), 77-83. https://doi.org/10.24905/psej.v6i2.128
Fitriani, F., Muzakkir, M., Astuti, E. R. P., Jayadi, A., & Gunawan, S. (2021). Pelatihan pemanfaatan media pembelajaran Linktree dan Microsoft Kaizala untuk menunjang pembelajaran daring bagi guru. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 839-843. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/5393
Gusli, R. A., Zakir, S., & Akhyar, M. (2023). Tantangan Guru terhadap perkembangan teknologi agar memanfaatkan Artificial Intelligence dalam meningkatkan kemampuan siswa. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(3), 229-240.https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i3.15418
Hulu, Y. (2023). Problematika guru dalam pengembangan teknologi dan media pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 840-846.https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.285
Ilham, K. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Ai Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Dan Media Pembelajaran. Jurnal Pema Tarbiyah, 1(1), 44–53. Https://Doi.Org/10.30829/Pema.V3i2.4044
Kusumawardani, S., Susanti, S. B., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Mariyah. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Ai Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Minat Belajar Kelas V Sdn 1 Karangtengah Universitas Negeri Semarang , 5 SD Negeri 1 Karangtengah. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan, 11, 80–84. https://edutainment.unmuhbabel.ac.id/index.php/Edutainment/article/view/794
Lutfiyatun, E., Kurniati, D., & Fajriah, N. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Meningkatkan Kompetensi Pembelajaran Gramatikal, Tarjamah dan Muhadatsah Di Perguruan Tinggi. seulanga, 2(2), 93-105. https://seulanga.kemenag.go.id/index.php/journal/index
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312-325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1373
Meliyani, A. R., Mentari, D., Syabani, G. P., & Zuhri, N. Z. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Agar Tercipta Kegiatan Pembelajaran yang Efektif dan Siswa Aktif. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 264-274. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/179
Muhamad, T. (2024). PENERAPAN CHAT-GPT DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Journal of Social & Technology/Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), 4(3).
Niryan, A., & Aramudin, A. (2024). Meta Analisis: Pendekatan Kooperatif untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 269-277. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.465
Nugraha, A. C., Bachmid, K. H., Rahmawati, K., Putri, N., Hasanah, A. R. N., & Rahmat, F. A. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Pembelajaran Tematik Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Elektro, 5(2), 138–147. Https://Doi.Org/10.21831/Jee.V5i2.45497
Nugroho, S. H., & Ruliana, P. (2021). Kartun Sebagai Media Komunikasi Visual Materi Ajar Di Dunia Pendidikan. Caraka : Indonesian Journal Of Communications, 2(2), 57–64. Https://Doi.Org/10.25008/Caraka.V2i2.60
Pagarra H & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit Unm.
Patindra, G. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelegence (AI) ChatGPT dalam Pembelajaran Menulis Puisi di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 891-900.https://doi.org/10.58230/27454312.1623
Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19-28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Prastya, S. D., Mujiwati, E. S., & Putri, K. E. (2023). Pengembangan Media Visual 3d Materi Organ Pencernaan Manusia Siswa Kelas V MI Miftahul Huda. Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-6, 152–157. https://doi.org/10.29407/xdzfzg41
Pratama, A. D., & Hadi, M. S. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui implementasi media belajar mika hologram 3D pada pembelajaran IPA SD kelas 5: Peningkatan hasil belajar IPA SD kelas 5. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 172-183. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/view/2115
Putra, D. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Kartun 3d. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 88–93. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.17
Putra, W. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 174. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V26i1.31841
Rahma, T. D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Bangun Ruang Berbantu Media Papercraft Berkarakter Kartun di SDN Dukuh Kupang I/488 Surabaya. Edutama: Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 135-147. https://doi.org/10.69533/8ftjmc94
Saleh & Syahruddin, D. (2023). Media Pembelajaran (1st Ed.). Penerbit Cv. Eureka Media Aksara
Salim, A., & Aryuni, V. T. (2022). Penggunaan Prinsip Recycle di Media Pembelajaran 3D untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Tata Surya. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 949-956. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.698
Saputro, B. A. (2023). Pengembangan Media Animasi Kartun Dengan Software Unity Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Perkalian Pada Siswa Kelas II SD Negeri Klidang Lor 01. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1339-1353. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.792
Sari, N. W. E., & Susrawan, I. N. A. (2024). Pelatihan pembuatan media pembelajaran bahasa Indonesia berbasis etnopedagogi di SDN 10 pemecutan. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 871-878. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i3.3508
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v9i1.5090
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats