Pengembangan Usaha Kelompok Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisyiyah (BUEKA) PDA Sukoharjo Melalui Pemasaran Digital Berbasis Internet

Joko Suwandi, Surya Jatmika, Ahmad Chamsudin, Faizal Makhrus

Abstract


The Covid-19 pandemic has been able to change consumer behavior in shopping. From those who have to go directly to traders to market stalls, shops or stalls, now with the help of sophisticated high-tech internet-based equipment, they can choose products through digital tracking facilities, transact and make payments through online applications and e-payments. This change was addressed by the UMS PKM team together with the Sukoharjo PDA Economic and Employment Council as partners to empower the businesses of Aisyiyah women assisted by BUEKA to change service strategies according to consumer demands. The programs carried out include; increasing human resources in carrying out marketing strategies for business products in the digital era, digitizing marketing and product placement on the Shopee and Facebook Marketplaces. The PKM program was successful; 1) Increase the insight of BUEKA fostered business actors about the demands of modern marketing and the interest in implementing them in their business development; 2) As many as 46% of BUEKA fostered businesses have been able to create digital advertisements and place their products on the Shopee marketplace and display them on Youtube; and 3) Increase sales volume by 20%.


Pandemi Covid-19 telah mampu mengubah perilaku konsumen dalam berbelanja. Dari yang harus mendatangi pedagang langsung ke lapak pasar, toko atau warung, sekarang dengan bantuan kecanggihan peralatan berteknologi tinggi berbasis internet bisa memilih produk lewat fasilitas lacak digital, bertransaksi dan melakukan pembayaran melalui aplikasi online dan e-payment.  Perubahan ini disikapi oleh tim PKM UMS bersama Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan PDA Sukoharjo sebagai mitra untuk memberdayakan usaha ibu-ibu Aisyiyah binaan BUEKA untuk merubah strategi layanan sesuai tuntutan konsumen. Program yang dilakukan meliputi; peningkatan SDM dalam melakukan strategi pemasaran produk usaha di era digital, digitalisasi pemasaran dan penempatan produk di Marketplace Shopee dan Facebook. Program PKM ini berhasil; 1) Meningkatkan wawasan pelaku usaha binaan BUEKA tentang tuntutan pemasaran modern dan minat untuk menerapkan dalam pengembangan usahanya; 2) Sebanyak 46% pelaku usaha binaan BUEKA telah mampu membuat iklan digital dan menempatkan produknya di marketplace Shopee dan menampilkan di Youtube; dan 3) Meningkatkan volume penjualan sebesar 20%.


Keywords


Business development; BUEKA; digital marketing

Full Text:

PDF

References


Ahmed, M., & Zahid, Z. (2014). Role of Social Media Marketing to Enhance CRM and Brand Equity in Terms of Purchase Intention. Asian Journal of Management Research, 4(3), 533-549.

Alfin, A. (2020). Analisis Strategi UMKM Dalam Menghadapi Krisis di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1543-1552. https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.280.

Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha ‘Emping Jagung’ di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(6), 1286-1295.

Arianto, B. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233-247. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512.

Giones, F. & Brem, A. (2017). Digital Technology Entrepreneurship: A Definition and Research Agenda. Technology Innovation Management Review, 7(5), 44-51.

Indra, I. (2019). [Terbaru] 4+ Strategi Pemasaran Produk + Contohnya. Diakses dari https://www.niagahoster.co.id/blog/strategi-pemasaran-produk/ pada tanggal 20 Februari 2022.

Juju, D. & Maya, M. (2010) Cara Mudah Buka Toko Online dengan Wordpress+WP E-Commerce. Yogyakarta: Andi Offset.

Jundrio, H. & Keni. (2020). Pengaruh Website Quality, Website Reputation Dan Perceived Risk Terhadap Purchase Intention Pada Perusahahaan E-Commerce. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 4(2), 229-239. http://dx.doi.org/10.24912/jmieb.v4i2.7802.

Limanseto, H. (2021). Dukungan Pemerintah Bagi UMKM Agar Pulih di Masa Pandemi. Diakses dari https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2939/dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi pada tanggal 27 Februari 2022.

Mujiyana, M., & Elissa, I. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143-152. https://doi.org/10.12777/jati.8.3.143-152.

Pane, E.S. (2014). Tingkat Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Produk Industri Kecil dan Menengah. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika, 5(1), 1-14.

Pasigai, M.A. (2010). Pentingnya Konsep dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Balance: Jurnal Ekonomi, 6(2), 51-56. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jeb/article/view/581.

Politton, M. (2021). Daftar 10 Media Sosial yang Paling Diminati di Indonesia. Diakses dari https://www.popbela.com/career/inspiration/mariana-politton/daftar-media-sosial-yang-paling-diminati-di-indonesia/11.

Purnomo, F. (2019). Program Ladit (Lapak Digital): Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah dalam Pengembangan Umkm di Madura. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 55-61. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6687.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1 - 17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.

Rusdiana, A. (2018). Kewirausahaan: Teori dan Praktek. Bandung: Pustaka Setia.

Sari, C.A. (2015). Perilaku Berbelanja Online di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. AntroUnairdotNet, Vol.IV/No.2/Juli 2015, 205-216.

Stephanie, C. (2021). Berapa Lama Orang Indonesia Akses Internet dan Medsos Setiap Hari? Diakses dari https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/11320087/berapa-lama-orang-indonesia-akses-internet-dan-medsos-setiap-hari?page=all.

Syarizka, D. (2018). Pemerintah Targetkan 6 Juta UMKM Go Digital Tahun Ini. Diakses dari https://ekonomi.bisnis.com/read/20180228/12/744047/pemerintah-targetkan-6-juta-umkm-go-digital-tahun-ini pada tanggal 27 Februari 2022.

Wikanto, A. (2020). Daftar 10 Negara Masuk Jurang Resesi Ekonomi Akibat Pandemi Corona. Diakses dari https://internasional.kontan.co.id/news/daftar-10-negara-masuk-jurang-resesi-ekonomi-akibat-pandemi-corona? tanggal 28 Februari 2022.

Yusup, D. K., Badriyah, M., Suyandi, D., & Asih, V. S. (2020). Pengaruh Bencana Covid-19, Pembatasan Sosial, Dan Sistem Pemasaran Online Terhadap Perubahan Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Retail. Diakses dari http://digilib.uinsgd.ac.id/30872/.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i2.2499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats