Pendampingan Strategi Branding dan Pembuatan Laporan Keuangan bagi Wirusaha Pemula Milenial

Dwi Hasmidyani, Ikbal Barlian, Siti Fatimah, Edutivia Mardetini, Dian Eka Amrina

Abstract


The purpose of this community service activity is to provide assistance in branding strategies (labeling and packaging) and making financial reports, as well as providing label and packaging assistance for millennial beginner entrepreneurs. This is important to do as part of increasing income and orderly administration of financial reporting for millennial entrepreneurs. The number of participants involved in mentoring in this community service activity is 10 beginner entrepreneurs belonging to the millennial generation. In delivering this mentoring material, several methods were used, including the tutorial method, and the field trip method. After being given the mentoring material, there was an increase in the target audience's understanding of the importance of labeling and packaging, as well as the preparation of financial reports.


Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melakukan pendampingan strategi branding (labeling dan packaging) dan pembuatan laporan keuangan, serta pemberian bantuan label dan kemasan bagi wirausaha pemula milenial. Hal ini penting dilakukan sebagai bagian dari meningkatkan pendapatan  dan tertib administrasi pelaporan keuangan wirausaha pemula milenial. Jumlah peserta yang terlibat dalam pendampingan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah 10 orang wirausaha pemula yang tergolong generasi milenial. Dalam penyampaian materi pendampingan ini, digunakan beberapa metode antara lain metode tutorial, dan metode field trip. Setelah diberikan materi pendampingan, terdapat peningkatan pemahaman khalayak sasaran terhadap pentingnya labeling dan packaging, serta pembuatan laporan keuangan.


Keywords


labeling, packaging, strategi branding, laporan keuangan, generasi milenial

Full Text:

PDF

References


Afnibar, Fajhriani, D. (2020). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen dan Mahasiswa dalam Menunjang Kegiatan Belajar (Studi terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang). Al Munir: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 11(1), 70-83.

Al Mukminah, I. (2019). Bahaya Wadah Styrofoam dan Alternatif Penggantinya. Majalah Farmasetika, 4(2), 32-34.

Anwar, H.S. (2018). Resilience pada Generasi Millenial dalam Berwirausaha di Kota Surabaya. In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018 (pp.205-229). Gresik, Indonesia: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik.

Aryanti, N.N.S. (2021). Efektifitas Google Form Sebagai Media Evaluasi Di Masa Pandemi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 329-342.

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital dalam Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES (pp.298-303). Semarang, Indonesia: Universitas Negeri Semarang.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 : (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218.

Dewobroto, W. (2021). 5 Peluang Usaha dari Hobi Memasak dan Cara Mengembangkannya. Daya.id. https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/5-peluang-usaha-dari-hobi-memasak-dan-cara-mengembangkannya, diakses 10 November 2021.

Irrubai, M. (2015). Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Society. 6(1), 15-30.

Istiqomah & Andriyanto, I. (2017). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus). Bisnis, 5(2). 363-382.

Jayengsari, R. (2021). Branding Dalam Strategi Marketing Keripik Pisang pada Pelaku Usaha Rumahan. Journal of Empowerment, 2(1), 111-124.

Mardetini, E., Barlian, I., Fatimah, S., & Hasmidyani, D. (2021). Challenges, Opportunities, and Management of Entrepreneurship in the COVID-19 Pandemic for the Milenial Generation. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 5(1), 31-46.

Meilani. (2014). Pencitraan Desain Kemasan Oleh-Oleh Jepang. Humaniora, 5(2), 901-908.

Nugraha, H. S., Ariyanti, F., & Darwanto. (2017). Penerapan Branding Pada UKM Makanan Ringan di Kabupaten Jepara. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1), 16-23.

Sari, D.D. (2021). Pemanfaatan Whatsapp Group Sebagai Sarana Komunikasi Guru dan Orangtua Siswa Selama Masa Pandemi Covid 19. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 79-88.

Sukandar, C.A. 24 Januari 2019. Oh, Jadi Ini Alasan Milenial Lebih Pilih Wirausaha daripada Kerja Kantoran. Warta Ekonomi Online. (https://www.wartaekonomi.co.id/read212821/oh-jadi-ini-alasan-milenial-lebih-pilih-wirausaha-daripada-kerja-kantoran), diakses 12 Maret 2020.

Susetyarsi, T. (2012). Kemasan Produk Ditinjau dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan dan Pelabelan pada Kemasan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Minuman Mizone di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(3), 19-28.

Wardah, I. (2021). Cara Menemukan Ide dan Peluang Usaha dengan Hobi. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/imayatulwardah/60faffb906310e585879fe22/cara-menemukan-ide-dan-peluang-usaha-dengan-hobi, diakses 10 November 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i1.2347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats