Pelatihan Video Animasi untuk Meningkatkan Profesionalsime Guru di SMP Alam Karawang pada Masa Pandemi Covid-19

Attin Warmi, Alpha Galih Adirakasiwi, Ahmad Nawawi

Abstract


ABSTRACT

The Covid-19 pandemic has forced teachers to be creative in making media so that they can convey material easily. One that can be developed is animation-based video media. The purpose of this service is to provide training in the development of animation-based videos using plotagon. The activity was carried out on October 13, 2021 online by following the stages of planning, implementation and evaluation. Based on the discussion that has been discussed, the training activities for the development of animated video media using the platform received a positive response by the trainees and were able to assist teachers in developing teacher professionalism.

 

Keywords: Animated videos, teacher professionalism

 

ABSTRAK

Pandemi Covid-19 telah memaksa guru untuk kreatif dalam pembuatan media agar meraka dapat menyampaikan materi dengan mudah. Salah satu yang bisa dikembangkan adalah media video berbasis animasi. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan dalam pengembangan video berbasis animasi menggunakan plotagon. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2021 secara daring dengan mengikuti tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Berdasarkan pembahasan yang telah dibahas maka kegiatan pelatihan pengembangan media video animasi  menggunakan platogon direspon positif oleh peserta pelatihan dan mampu membantu guru dalam mengembangkan profesionalisme guru.

 

Kata Kunci: Video animasi, profesionalisme guru


Keywords


Animated videos, teacher professionalism

Full Text:

PDF

References


Anwar, A. S. (2020). Pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru pada satuan pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173.

Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenamedia Group.

Ariyani, R. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Bhakti, Y. B. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan Video Animasi Pembelajaran Interaktif dengan Powtoon. Jurnal SOLMA, 10(1), 61–69.

Hartono, H., & Angin, J. T. K. P. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Animasi Bagi Siswa SMK Immanuel. Pubarama: Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Ismail, R., & Imawan, O. R. (2021). Meningkatkan Penguasaan TPACK Guru di Papua Melalui Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 277–288.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Mursyidah, H., Hermoyo, R. P., Hidayah, E., Rizayana, A., Armando, D., & Malik, A. M. (2021). Pembuatan Video Animasi oleh Guru-Guru MI Muhammadiyah 09 Labuhan sebagai Solusi Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) Universitas Baturaja, 1(2), 48–57.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak positif pembelajaran online dalam sistem pendidikan Indonesia pasca pandemi covid-19. Adalah, 4(1).

Retnawati, L., Pratama, F., Widiartin, T., Karyanto, N. W., & Adisusilo, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Video Animasi Guna Meningkatkan Penjualan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 5(1), 35–44.

Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi profesionalisme guru pendidikan anak usia dini dalam penyelenggaraan perlindungan anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277.

Subaidi, Maswan, & Wibowo, P. A. (2020). Pelatihan penulisan buku ajar bagi guru di MA Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara. J-Abdipamas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 93–98.

Utami, P. S., & Sutrisno. (2017). Pelatihan teknik penulisan penelitian tindakan kelas pada guru PPKn MTs di Kabupaten Ponorogo. J-Abdipamas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 81–91.

Wahyujati, B. B. (2021). Peningkatan kemampuan guru sekolah dasar melalui pelatihan pembuatan media video pembelajaran interaktif menggunakan ms power point. ABDIMAS ALTRUIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 94–99.

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).

Yusutria. (2017). profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jurnal Curricula, 2(1), 38–46.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i1.2230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats