Implementasi Modul Kewirausahaan berbasis Project Based Learning (PBL) pada UMKM Desa Karyamukti

Authors

  • Lessa Roesdiana Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Nita Hidayati Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i1.2197

Keywords:

Implementasi, Modul Kewirausahaan, Project Based Learning

Abstract

ABSTRACT

Entrepreneurship during the COVID-19 pandemic will be difficult if there is no development in its implementation. Therefore, to improve the ability of entrepreneurs, especially SMEs in Karyamukti Village, the authors consider it necessary to implement a Project Based Learning-based entrepreneurship module with the hope that the results of the implementation of this module will provide benefits for entrepreneurs in Karyamukti Village. The method used in this service activity is the approach and implementation method. The purpose of this service activity is to increase mastery and entrepreneurial skills in developing products or businesses being run. The result of the implementation of this module is the addition of new knowledge for entrepreneurs in product development and business marketing strategies, which with this knowledge can facilitate entrepreneurs in business development during the COVID-19 pandemic.

 

Keywords: Implementation, Entrepreneurship Module, Project Based Learning

 

ABSTRAK

Berwirausaha pada masa pandemi COVID-19 akan sulit dilakukan jika tidak ada pengembangan dalam pelaksanaanya. Oleh karenanya, untuk meningkatkan kemampuan para wirausahawan khususnya UMKM di Desa Karyamukti, penulis memandang perlu untuk mengimplementasikan modul kewirausahaan berbasis Project Based Learning dengan harapan agar hasil dari implementasi modul ini akan memberikan manfaat bagi para wirausahawan di Desa Karyamukti. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode pendekatan dan pelaksanaan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah menambah penguasaan dan keterampilan wirausaha dalam mengembangkan produk atau usaha yang dijalankan. Hasil dari implementasi modul ini adalah adanya penambahan pengetahuan baru bagi wirausahawan dalam pengembangan produk dan strategi pemasaran usaha, yang mana dengan pengetahuan ini dapat mempermudah wirausahawan dalam pengembangan usaha di masa pademi COVID-19.

 

Kata Kunci: Implementasi, Modul Kewirausahaan, Project Based Learning

Author Biographies

Lessa Roesdiana, Universitas Singaperbangsa Karawang

Prodi Pendidikan Matematika

Nita Hidayati, Universitas Singaperbangsa Karawang

Prodi Pendidikan Matematika

References

Aini, I. N., dkk (2022). Sosialisasi Pentingnya Matematika Dalam Permasalahan Ekonomi Di Majelis Tabani -Yayasan Darul Huda. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 33-41.

Arsanti, M., Wardani, O. P., Zulaeha, I., Subyantoro, S., Setyaningsih, N. H., & Hasanudin, C. (2022). Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Analisis Kesalahan Berbahasa berdasarkan Kompetensi Abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 41-50.

Fitrianto, A. R., dkk. (2010). Modul Kewirausahaan Bagi Dosen dan Mahasiswa. Surabaya: Sunan Ampel Press (SA Press).

Fajarwati, S. (2021). Pelatihan Teknik Crochet untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan bagi Ibu-Ibu Dawis. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 25-30.

Khoiron, A. M., Anis, S., Kusumastuti, A., & Indrianingrum, L. (2021). Strategi Pengembangan Wirausaha Mandiri Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL ABDI : Media Pengabdian Kepada masyarakat, 6(2), 125-134.

Marganingsih, A., & Pelipa, E. D. (2020). Analisis Praktik Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang pada Masa Pandemi Covid-19. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 113-124.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Rahayu, P. Y. (2020). Analisis Valididtas Isi Produk Pengembangan Modul Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Project Based Learning. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 3(2), 228-237.

Saragih, R., & Elisabeth, D. M. (2020). Kewirausahaan Sosial dibalik Pandemi Covid-19: Penelusuran Profil dan Strategi Bertahan. Jurnal Manajemen, 6(1), 47-56.

Wati, L. F. (2018). Model pembelajaran projectbased learning berbasis potensi lokal pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (SMA/SMK di Malang). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 39-47.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Roesdiana, L., & Hidayati, N. (2022). Implementasi Modul Kewirausahaan berbasis Project Based Learning (PBL) pada UMKM Desa Karyamukti. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 115–122. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i1.2197

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.