Transfer Knowledge Robot Sederhana untuk Mengenalkan Teknologi Robot bagi Anak-Anak di Dusun Galingan, Boreng, Lumajang, Jawa Timur

Syifaul Fuada, Hendriyana Hendriyana, Nuur Wachid Abdul Majid, Nadia Tiara Antik Sari, Ovie Ayunda Rahmaputri Isnawan, Zhaza Nabila Zahra, Muhammad Dzikri Danuarteu, Sarah Agustin, Dita Dwi Andriyani

Abstract


ABSTRACT

Analog Line Follower Robot is one of the use cases from various simple electronic circuit applications. Robotics technology continues to be upgraded over time. On the other hand, it is necessary to prepare human resources from an early age to have the competence (skills in hardware and software) in this field for those who live in urban and rural areas. This community service program aims to introduce a simple robot technology to village children who study in elementary/junior high schools. This program took place at Galingan village, Lumajang city, East Java province, by one-day workshop. This program is divided into five major activities: (1) problem formulation based on field observation, (2) planning and preparation, (3) main activities, (4) evaluation, and (5) publication. We utilize robots available in online stores as a pilot in this program. The reason is as follows: it can cut preparation & implementation time, and they are also more affordable other than a DIY robot. The results showed that the participants were enthusiastic about a simple analog Line Follower robot. As an implication, this program can prepare children with competencies in the Robotics field. Children of Galingan village were selected as pilot projects for implementing a similar program with broader targets in the future. Hopefully, this village will become a central base in Lumajang city for children's hobbies in robotics.

 

Keywords: Robotics, Line Follower robot, Village kids

 

ABSTRAK

Robot Line Follower analog merupakan salah satu use case dari beragam aplikasi rangkaian elektronika sederhana. Teknologi robotika terus dimutakhirkan dari waktu ke waktu. Disisi lain, perlu disiapkan SDM sedari dini agar memiliki kompetensi dibidang robotika, baik skill pada hardware maupun bagian software, baik bagi mereka yang tinggal di perkotaan maupun desa. Pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi robot sederhana pada anak-anak desa yang sekolah di SD/SMP. Program ini dilaksanakan di desa Galingan, Kabupatan Lumajang provinsi Jawa Timur melalui workshop sehari. Kegiatan pengabdian dibagi menjadi lima aktivitas besar: (1) perumusan masalah berdasarkan tinjauan kondisi sasaran program (problem statement), (2) perencanaan dan persiapan, (3) kegiatan inti, (4) evaluasi, dan (5) publikasi. Pelaksana memanfaatkan robot yang tersedia di toko online sebagai percontohan dalam kegiatan, selain dapat memangkas waktu persiapan & pelaksanaan, juga lebih terjangkau dibandingkan membuat sendiri. Hasil menunjukkan, peserta antusias dengan robot sederhana Line Follower analog. Sebagai implikasinya, pengabdian ini mampu membekali anak-anak dengan kompetensi dalam bidang Robotika. Anak-anak di desa Galingan dipilih sebagai pilot project untuk referensi pelaksanaan kegiatan pengabdian serupa beberapa tahun kedepan, dengan sasaran yang lebih luas. Diharapkan, desa ini akan menjadi kampung percontohan dan central base untuk hobi anak-anak dibidang robotika.

 

Kata Kunci: Robotika, Line Follower, Anak-anak Desa


Keywords


Robotics, Line Follower robot, Village kids

Full Text:

PDF

References


Agustin, E. I., Yunardi, R. T., & Winarno, W. (2019). Line Follower Robot Training and Introduction of Internet of Things (IoT) for Students in Jombang City. Darmabakti Cendekia: Journal of Community Service and Engagements, 1(2), 50–55. https://doi.org/10.20473/dc.V1.I2.2019.50-55

AlQarzaie, K. N., & AlEnezi, S. A. (2022). Using LEGO MINDSTORMS in Primary Schools: Perspective of Educational Sector. International Journal of Online and Biomedical Engineering (IJOE), 18(1), 139–147. https://doi.org/10.3991/ijoe.v18i01.27579

Anggraini, A. W., & Dwiyanti, S. (2017). Penerapan Video Tutorial Make Up Pada Pelatihan Make Up Foto Casual di CV. Indo Creative Entertainment. Jurnal Tata Rias, 6(1), 99–107.

Budiyanta, N. E., Darmawan, I. A., Sarah, A., Mulyadi, M., Tanudjaja, H., & Widiarto, S. O. B. (2020). Line follower robot module design for increasing student comprehension in robotics. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 830(3), 032064. https://doi.org/10.1088/1757-899X/830/3/032064

Cangelosi, A., & Schlesinger, M. (2018). From Babies to Robots: The Contribution of Developmental Robotics to Developmental Psychology. Child Development Perspectives, 12(3), 183–188. https://doi.org/10.1111/cdep.12282

Farida, Y. E., Andriyani, S., & Wibowo, D. (2018). Inovasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 127–134. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.308

Febtriko, A. (2017). Pemakaian Mobile Robot dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 2(2), 125–135. https://doi.org/10.36341/rabit.v2i2.215

Fuada, S., Ichsan, I. N., Pratama, H. P., Putri, D. I. H., Suranegara, G. M., Setyowati, E., & Fauzi, A. (2020). Workshop Internet-Of-Things untuk Guru dan Siswa Sekolah Menengah di Purwakarta, Jawa Barat, Guna Menunjang Kompetensi Era Industri 4.0. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 39–52. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v4i2.938

Hadi, M. L. (2021). Implementasi metode pembelajaran virtual laboratory (praktikum robotika) dengan circuit wizard saat pandemi covid-19. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 2(3), 86–94.

Handayani, A. N., Lestari, D., Sendari, S., & Fadlika, I. (2020). Pelatihan Robot Edu Bagi Siswa SDN Sumbersuko di Desa Sumbersuko Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Ilmu Komputer Untuk Masyarakat, 1(1), 11–14. https://doi.org/10.33096/ilkomas.v1i1.770

Handayani, A. N., Wibawanto, S., & Faiz, M. R. (2021). Transfer Teknologi Line Robot Follower (LRF) Siswa Elbaith Rif’a Islamic Happy School Malang. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik (JITET), 1(5), 394–397.

Husni, N. L., Handayani, A., Prihatini, E., Evelina, E., & Anisa, M. (2019). Peningkatan Minat Anak di Bidang Robotika. SNAPTEKMAS, 1, 116–126. http://jurnal.polsri.ac.id/index.php/SNAPTS/article/view/2026

Islam, M. S., & Rahman, M. A. (2013). Design and Fabrication of Line Follower Robot. Asian Journal of Applied Science and Engineering, 2(2), 127–132.

Jannah, F. R., Fuada, S., Putri, H. E., Zanah, F. W., & Pratiwi, W. (2021). Teaching analog Line-Follower (LF) robot concept through simulation for elementary students. Journal of Physics: Conference Series, 1987(1), 012046. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1987/1/012046

Joni, K., Ulum, M., & Abidin, Z. (2016). Robot Line Follower Berbasis Kendali Proportional-Integral-Derivative (PID) Untuk Lintasan Dengan Sudut Ekstrim. Jurnal Infotel, 8(2), 138–142.

Junaidi, A. (2021). Pelatihan Robot Line Follower di Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper. TERANG, 3(2), 148–154. https://doi.org/10.33322/terang.v3i2.985

Kurniawati, R., Fuada, S., & Dawani, F. (2021). Pemanfaatan Linktree, Google Form, Youtube dan Quizizz Sebagai Media Bantu Pembelajaran Daring selama Periode Adaptasi Baru di SDN Dayeuhkolot II Subang. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(2), 85–94.

Maciel, G., Biundini, I. Z., Junior, I. C. S., Marcato, A., Pinto, M. F., & Filho, A. G. (2019). Design of a Low Cost Four-Channel LDR Based Line-Follower Sensor with Transient and External Interference Compensations. Anais do 14o Simpósio Brasileiro de Automação Inteligente, 1, 1321–1324. https://doi.org/10.17648/sbai-2019-111321

Maulidiyah, N. R., & Anistyasari, Y. (2020). Studi Literatur Pengaruh Media Robotik Terhadap Berpikir Komputasi Siswa. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(1), 133–140.

Novianta, M. A., & Firman, B. (2021). Pelatihan Robot Line Follower Analog Bagi Siswa SMK TKM Teknik Purworejo. Dharma Bakti, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.34151/dharma.v4i1.3477

Pakdaman, M., Sanaatiyan, M. M., & Ghahroudi, M. R. (2010). A line follower robot from design to implementation: Technical issues and problems. 2010 The 2nd International Conference on Computer and Automation Engineering (ICCAE), 1, 5–9. https://doi.org/10.1109/ICCAE.2010.5451881

Rinanto, N., Santoso, M. Y., Subiyanto, L., Endrasmono, J., Hardiyanti, F., Afiuddin, A. E., Prasojo, B., Apriani, M., Setiyoko, A. S., & Khumaidi, A. (2021). Peningkatkan Prestasi Siswa Tingkat SD di Kelurahan Wonorejo Surabaya Melalui Pelatihan Robot Perunut Garis Analog. Jurnal Cakrawala Maritim, 4(2), 231–233. https://doi.org/10.33863/cakrawalamaritim.v4i2.1365

Rinanto, N., Subiyanto, L., Endrasmono, J., Yusuf, M., Hardiyanti, F., Afiuddin, A. E., Prasojo, B., Apriani, M., & Setiyoko, A. S. (2019). Pelatihan Robot Line Tracer Analog untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Wonorejo 27 Surabaya. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 1(2), 15–22.

Sepriani, D. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menginstalasi Perangkat Jaringan Lokal Pada Mata Pelajaran Produktif Kelas X SMK Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan [Skripsi, Universitas Negeri Malang].

Setyarsih, W. (2020). Edukasi Robotika Siswa SDN Kecamatan Gayungan Surabaya dan Pengembangan Softskillnya. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.26740/ja.v6n1.p65-74

Siswanto, & Sigit, H. T. (2019). Pelatihan Pembuatan Robot Line Follower untuk Meningkatkan Pengetahuan Robotika pada Siswa SMK Negeri I Kramatwatu. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI), 1(1), 230–240.

Sukma, D. S., Dewi, E. P., Khaerunika, Y., Syahdela, A. A., Astuti, D. F., Rahmat, A. C., Zainudin, M., Rohmah, I. I. T., & Hidayat, T. (2021). Program “Desa Anak Negeri” untuk Akselerasi Recovery Literasi pada Masa Pandemi. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 69–78. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.2166

Sulastri, R., & Fuada, S. (2021). Bantuan Penyiapan Video Pembelajaran Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Guru TK IT Bina Insan Qur’ani Garut. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(2), 192–200. https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i2.4840

Suwarsono, R. M., & Muhid, A. (2020). Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 136–146. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14555

Tayal, S., Rao, H. P. G., Bhardwaj, S., & Aggarwal, H. (2020). Line Follower Robot: Design and Hardware Application. 2020 8th International Conference on Reliability, Infocom Technologies and Optimization (Trends and Future Directions) (ICRITO), 10–13. https://doi.org/10.1109/ICRITO48877.2020.9197968

Wahyudi, H. J., Rusdinar, A., & Hariyani, Y. S. (2015). Perancangan Dan Realisasi Robot Line Follower Untuk Pengangkut Sampah Otomatis (design And Realization Line Follower Robot For Automatic Garbage Carrier). eProceedings of Applied Science, 1(3), 2693–2700.

Wulandari, N. (2012). Pengembangan Paket Pelatihan Penegasan Konsep Diri Sosial Siswa SMP [Skripsi, Universitas Negeri Malang].

Wulandaru, N. A. (2015). Analisis Pemahaman Konseptual Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Siswa Kelas X IPA SMAN 9 Malang [Skripsi, Universitas Negeri Malang].

Yuliandani, T. (2017). Integrasi Kepentingan Stakeholder Dalam Pembangunan Berkelanjutan di Kabupaten Bojonegoro [Skripsi, Universitas Airlangga].

Zamisyak, O., Prayogo, S. I. Z. N. N. I., & Ahmad, B. S. (2016). Educational Multifunction Robot (Indobot) sebagai Robot Edukasi. Pelita - Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 11(1), 100–111.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i2.2161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats