Pelatihan Kinemaster bagi Guru TK Sekarwangi Cirebon untuk Meningkatkan Literasi dalam Pembuatan Video Pembelajaran Daring

Latipah Latipah, Syifaul Fuada

Abstract


ABSTRACT

Based on observations, the Kindergarten school of Sekarwangi-Cirebon carried out online learning ineffectively; teachers only gave assignments or text-based worksheets to students than the students collected their answers through WhatsApp messenger. This method was simultaneously carried out because most of teachers had low competence in ICT, they did not have enough understanding about creating online learning media independently. Therefore, it was necessary to provide a workshop in creating video-based learning media for the primary material during the Covid-19 pandemic. The Kinemaster application was chosen as a medium for creating videos because it could be accessed on a Smartphone and was also relatively easy to operate. The workshop was carried out online using a WhatsApp group. Two senior teachers were the target of program. The workshop was held for one day, i.e., 3 December 2020, for 2 hours duration. The workshop results showed that despite the training materials delivered on the WhatsApp group, the teacher was able to follow instructions very well because of their enthusiasm in accepting new things, in this case, creating videos with the Android-based Kinemaster application. Teachers were able to use the Kinemaster application to produce simple learning videos. It was hoped that teachers could create online learning media to provide optimum learning process to students during the Covid-19 Pandemic.

Keywords: Android, Kinemaster Application, Learning Videos

 

ABSTRAK

Berdasarkan observasi, TK Sekarwangi Cirebon melaksanakan pembelajaran daring dengan tidak efektif, guru hanya memberikan tugas/lembar kerja kepada siswa yang kemudian dikumpulkan melalui WhatsApp. Metode ini secara simultan dilakukan karena sebagian besar guru memiliki kemampuan IT yang rendah, mereka tidak memiliki cukup pemahamam tentang pembuatan media pembelajaran daring secara mandiri. Oleh karena itu, perlu diberikan pelatihan pembuatan video pembelajaran untuk materi utama selama pandemi Covid-19 berlangsung. Aplikasi Kinemaster dipilih sebagai media pembuatan video karena dapat diakses di Smartphone dan juga cukup mudah dalam pengoperasiannya. Pelatihan dilakukan secara daring, yaitu pada grup WhatsApp dengan 2 orang guru senior yang menjadi sasaran program. Kegiatan diselenggarakan satu hari saja, yaitu 3 Desember 2020 dengan durasi kegiatan selama 2 jam. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa meskipun penyampaian materi pelatihan di WhatsApp group, guru mampu mengikuti instruksi dengna sangat baik karena adanya antusiasme dalam menerima hal-hal baru, dalam hal ini adalah membuat video dengan aplikasi Android Kinemaster. Guru mampu menggunakan aplikasi Kinemaster untuk menghasilkan video pembelajaran daring. Materi yang disampaikan adalah Diharapkan, guru memiliki kemampuan dalam membuat media pembelajaran daring guna memberikan pembelajaran yang lebih maksimal kepada anak didik selama Pandemi Covid-19.

Kata Kunci: Android, Aplikasi Kinemaster, Video Pembelajaran


Keywords


Android, Kinemaster Application, Learning Videos

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia : Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam : Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Andriani, R., & Kasriyati, D. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia bagi Guru Sekolah Dasar (SD) Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru Provinsi Riau. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 119. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.306

Andy, S., Triyono, Sasongko, S. B. (2020). Pelatihan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru TK/KB IT Bina Insani Semarang Ditengah Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. Jawa Tengah : Universitas Diponegoro Semarang.

Azizah, H. N. & Setyowati, S. (2019). Pengaruh Media Video Binatang Terhadap Motorik Kasar Anak Kelompok A TK Permata Bunda Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 8(3), 1-4.

Dariyadi, M. W. (2019). Video Editing Untuk Pembelajaran Bahasa Arab. Retrievied from https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://prosiding.arab-um.com/index.php/rep/article/download/461/425&ved=2ahUKEwjnlpKri7vtAhXGdCsKHfJABioQFjAEegQIBRAB&usg=AOvVaw33pVED-G2xOhDCAWPWfWC3

Fajariyah, L. A. (2018). Pembelajaran Teks Report Dengan Proyek Cerdig Berbasis Kinemaster. Jurnal Dikdaktika Pendidikan Dasar, 2(1), 182-192.

Fazriah, S. R., Hafshah, T. A., & Maranatha, J. R. (2021). Penggunaan Media Film Animasi Bisu untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini TK Kemala Bhayangkari 10 Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education, 1 (1), 22–27.

Gusliati, P., Eliza, D., & Hartati, S. (2019). Analisis Video Pembelajaran Share Book Menggunakan Cerita Rakyat Sabai Nan Aluih pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 320-326. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.176

Hamdani., Nasution, N., Irfan, M., Nurmayati. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019. Edu Religia, 4(2), 150-158. https://dx.doi.org/10.47006/er.v4i2.8181

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Situasi Covid-19. Retrieved from https://kemkes.go.id

Majid, N. A., & Fuada, S. (2020). E-Learning for Society: A Great Potential to Implement Education for All (EFA) Movement in Indonesia. Int. J. of Interactive Mobile Technologies, 14 (2), 250–258.

Majid, N. W. A., Fuada, S., Fajri, M. K., Nurtanto, M., & Akbar, R. (2020). Progress report of cyber society v1. 0 development as a learning media for Indonesian society to support EFA. Int. J. Eng. Pedagogy, 10(4), 133-145.

Majid, N. A., Abukahir, A., Alfathin, A., Ummah, A. H., & Wardani, R. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Efektif di Rumah Saat Pandemi Covid-19 kepada Warga Persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education, 1 (1), 1–7.

Puryono, D. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru SD Kristen Terang Bagi Bangsa Pati Menggunakan Kinemaster. Jurnal Pengabdian Vokasi, 1(4).

Pusicov Kabupaten Cirebon. (2021). Pusat Data dan Informasi Covid-19. Retrieved from https://covid19.cirebonkab.go.id

Andriani, R., & Kasriyati, D. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia bagi Guru Sekolah Dasar (SD) Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru Provinsi Riau. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 119. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.306

Rochmawati, Susanti, Listiadi, A., Wahjudi, E., & Rohayati, S. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Perancangan Soal Berbasis Komputer. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 123–132. http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i1.233

Sepriani, D. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menginstalasi Perangkat Jaringan Lokal Pada Mata Pelajaran Produktif Kelas X SMK Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan (Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang). http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/39910

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508-520. https://dx.doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582

Surat Edaran Mendikbud RI No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Syafrida. & Hartati, R. (2020). Bersama Melawan Virus Covid-19 di Indonesia. Salam : Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(6), 495-508. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15325

Wulandaru, N. A. (2015). Analisis Pemahaman Konseptual Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Siswa Kelas X IPA SMAN 9 Malang (Skripsi Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang). http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/41174




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i1.1696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats