Permainan Ular Tangga Modifikasi sebagai Media Pembelajaran Alternatif untuk Siswa SDN Gondang 3 Bojonegoro

Fruri Stevani, Ayis Crusma Faradani, Ahmad Laizim

Abstract


ABSTRACT

Learning Media is really needed in the learning process. Learning media can be interpreted as all forms of tools in the form of audio, visual or audio-visual which can help or simplify the learning process and can stimulate students to be actively involved in the learning process. The use of media can also reduce students' boredom in the learning process, and can be interesting. students' attention to the learning being carried out. Based on the results of observations at the school, teaching and learning activities at SDN Gondang 3 Bojonegoro still use learning media that available in the school environment such as picture media on the classroom walls and only use the books that have been provided so that sometimes students feel bored with learning that is just like that. By using modified snakes and ladders learning media interspersed with playing or learning while playing, it makes students enthusiastic and enthusiastic, because with the modified snakes and ladders media students can get to know various kinds of learning media, so they can create new learning experiences for learners.

 

Keyword: Modified Snakes and Ladders, Learning Media, Student 

ABSTRAK

Media pembelajaran sangat dibuthkan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran dapat diartikan segala bentuk alat bantu baik dalam bentuk audio, visual maupun audio visual yang dapat membantu atau mempermudah proses pembelajaran serta dapat merangsang siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Penggunaan media juga dapat mengurangi rasa bosan siswa pada proses pembelajaran, serta dapat menarik perhatian siswa pada pembelajaran yang sedang dilaksanakan.  Berdasarkan hasil observasi di sekolah kegiatan belajar mengajar di SDN Gondang 3 Bojonegoro ini masih menggunakan media pembelajaran yang ada di lingkungan sekolah seperti media gambar yang ada di dinding kelas dan hanya memanfaatkan buku yang telah disediakan saja sehingga terkadang peserta didik merasa bosan dengan pembelajaran yang begitu-begitu saja. Dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga modifikasi dengan diselingi bermain atau belajar sambil bermain membuat peserta didik antusias dan bersemngat, karena dengan adanya media ular tangga yang telah dimodifikasi peserta didik dapat mengenal macam-macam media pembelajaran yang beragam, sehingga dapat menciptakan pengalaman belajar yang baru bagi peserta didik.

Kata Kunci: Ular Tangga Modifikasi, Media   Pembelajaran, Siswa


Keywords


Ular Tangga Modifikasi, Media Pembelajaran, Siswa

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 1(1):77–89.

Andi Press Citra, C. A., & Rosy, B. 2020. “Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8(2):261– 272.

Darimi, I. 2015. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Pembelajaran.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 5(2):309–24.

Dewi, T. L., Kurnia, D., & Panjaitan, R. L. 2017. “Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran PIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Wilayah Waktu Di Indonesia.” Jurnal Pena Ilmiah 2(1):2091–2100.

Juwantara, R. A. 2019. “Kemampuan Guru Melakukan Penilaian Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn).” TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 26(3):1–4.

Oemalik, H. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Wardani, F. T., Ibrahim, M. Y., & Zakso, A. 2013. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 2(6).




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i2.3667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats