PELATIHAN MENYUSUN DESAIN PEMBELAJARAN INOVATIF BERBANTU FILMORA BAGI GURU DI SMA NEGERI 1 GELUMBANG

Deskoni Deskoni, Firmansyah Firmansyah, Dian Eka Amrina

Abstract


ABSTRACT

This activity was carried out at SMA Negeri 1 Gelumbang, with a target audience of 21 teachers of various subjects. The activity model used is a mentoring model with technical assistance methods in the preparation of innovative learning designs assisted by the Filmora Application which is carried out by socializing the nature of innovative learning to technical design preparation and making learning videos with the Filmora application which is carried out for two days through zoom meetings. The purpose of this activity is to produce a product in the form of an innovative learning video with the Filmora application. Activity evaluation is carried out by testing and product assessment. The results of the initial knowledge test regarding the nature of innovative learning were an average of 7.04, increasing to an average of 8.96 on the final knowledge test. The increase in test results is 0.43 in the medium category. The product assessment made by the target audience shows that the product made is in the good category with a value of 77.42%. With this service activity, it is hoped that in the future it can contribute to teachers in the form of knowledge and skills in the preparation of innovative learning designs with learning applications.

Keywords: Learning design, Innovative Learning, Filmora

 

ABSTRAK

Pengabdian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gelumbang, dengan khalayak sasaran yang berjumlah 21 orang guru berbagai mata pelajaran. Model pengabdian yang digunakan adalah model pendampingan dengan metode pendampingan teknis dalam penyusunan desain pembelajaran inovatif berbantu Aplikasi Filmora yang dilakukan dengan cara sosialisasi mengenai hakikat pembelajaran inovatif sampai pada teknis penyusunan desain dan Pembuatan video pembelajaran dengan Aplikasi filmora yang dilakukan selama dua hari melalui zoom meeting. Tujuan pengabdian adalah menghasilkan produk berupa video pembelajaran inovatif dengan Aplikasi Filmora. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan tes dan penilaian produk. Hasil tes pengetahuan awal mengenai hakikat pembelajaran inovatif yaitu rata-rata 7,04, meningkat menjadi rata-rata 8,96 pada tes pengetahuan akhir. Peningkatan hasil tes sebesar 0,43 dengan kategori sedang. Penilaian produk yang dibuat oleh khalayak sasaran menunjukkan bahwa produk yang dibuat termasuk dalam kategori baik dengan nilai sebesar 77,42%. Dengan kegiatan pengabdian ini diharapkan ke depannya dapat memberikan kontribusi bagi para guru berupa pengetahuan dan keterampilan dalam penyusunan desain pembelajaran inovatif dengan Aplikasi pembelajaran.

Kata Kunci: Desain pembelajaran, Pembelajaran inovatif, Filmora

 


Keywords


Desain Pembelajaran; Pembelajaran Inovatif; Filmora

Full Text:

PDF

References


Wondershare Filmora. (2019). Retrieved from Panduan Pengguna Wondershare Video Editor: http://id.wondershare.com/video-editor/guide.html

Kemendikbud. (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Vol. 1).

Muslim, B., & Setiadi, D. (2018). Pelatihan Aplikasi Editing Video dengan Filmora. Retrieved from Researchgate: https://www.researchgate.net/publication/336871046_LAPORAN_PENGABDIAN_KEPADA_MASYARAKAT_PELATIHAN_APLIKASI_EDITING_VIDEO_DENGAN_FILMORA

Farikah, & Al Firdaus, M. M. (2020). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK): The Students' Perspective on Writing Class. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 190-199.

Tea, F. G. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Software Wondershare Filmora pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA N 3 Palembang. Universitas Sriwijaya.

Nida, H. H. (2019). Penerapan Model POE2WE dalam Pembuatan Video Pembelajaran Fisika dengan Aplikasi Filmora Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Psikomotor Siswa. Retrieved from osf.io: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjdia3C4L3vAhWwIbcAHebBBO4QFjAHegQICRAD&url=https%3A%2F%2Fosf.io%2F6tnv2%2Fdownload&usg=AOvVaw1a47OzcUzek3TSoarpCtiv

Wahyuningsih , A. (2021). Pembelajaran Inovatif Abad 21. Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/8238/1/3-Arsita.pdf

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2239-2253.

Sugianto, R., Utami, A., & Abeng, A. T. (2018). Pembuatan media Pembelajaran Berbasis Vidio untuk Guru Sekolah Dasar Kota Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 196-201.

Dasna, I. W. (n.d.). Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Retrieved from Repository UT: http://repository.ut.ac.id/4324/1/MPDR5203-M1.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i1.1673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats