Penguatan Strategi Pemasaran dengan Kemasan Kekinian pada Proposal Rencana Bisnis UMKM Desa Kebontunggul Kabupaten Mojokerto

Cesya Rizkika Parahiyanti, Yana Respati Dewi, Arum Prasasti, Ita Prihatining Wilujeng

Abstract


ABSTRACT

Community empowerment in the era of globalization is facing big challenges. Desa Kebontunggul also faces the same challenge. Desa Kebontunggul is one of the villages located in Gondang, Kabupaten Mojokerto, which becomes a concern for village community empowerment office in Mojokerto. This village has a lot of potential to be developed because its strategic geographical location on the slopes of Mount Anjasmoro. Desa Kebontunggul has some superior products to be developed such as family medicinal plants (toga), organic plants, mushrooms, tortillas, and eggs. Unfortunately, the popularity of those products could not be competed to its natural tourism which is Mbencirang Valley. This community service activity aims to provide training and assistance in making business plan, especially strengthening the marketing plan for micro, small and medium enterprises (MSMEs) in Kebontunggul. Through this training and mentoring, superior products of MSMEs in the village are expected having a good marketing plan, thus, they can increase the added value of the products.

 

ABSTRAK

Pemberdayaan masyarakat di era globalisasi sedang menghadapi tantangan yang besar. Kondisi ini juga tidak terkecuali untuk masyarat di desa. Desa Kebontunggul merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto yang menjadi perhatian bagi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Kabupaten Mojokerto. Desa ini memiliki banyak potensi untuk dikembangkan karena letak geografisnya terbilang strategis di lereng Gunung Anjasmoro. Dari segi produk yang bisa dikembangkan, Desa Kebontunggul memiliki potensi produk unggulan diantaranya toga (tanaman obat keluarga), tanaman organik, jamur, tortilla, dan telur. Namun sayang, kepopuleran produk-produk tersebut belum bisa sebanding dengan wisata alam di Kebontunggul yaitu Wisata Lembah Mbencirang. Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan pelatihan serta pendampingan pembuatan proposal rencana bisnis khususnya penguatan pada rencana pemasaran kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di desa Kebontunggul. Dengan adanya pelatihan dan pendampingan ini, diharapkan masyarakat desa Kebontunggul, khususnya warga yang memiliki usaha di produk unggulan desa, akan memiliki rencana pemasaran bisnis yang baik sehingga dapat menambah nilai tambah dari produk yang dihasilkan.


Keywords


desa Kebontunggul, rencana bisnis; nilai tambah; strategi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Hisrich, R. D., Peters, M. P., Shepherd, D. A. (2017). Entrepreneurship (10th ed). New York: Mc-Graw Hill

Lin, D. (2017). The Power of Packaging You Probably Did Not Know About. Diakses melalui https://www.packagingoftheworld.com/2017/07/the-power-of-packaging-you-probablydid.html#:~:text=Packaging%20is%20at%20the%20heart,of%20an%20effective%20packaging%20is.

Yasin, N. (2019). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembangunan Desa. Diakses melalui https://dpmd.jatimprov.go.id/component/content/article/90-berita/492-opini-pemberdayaan-masyarakat-dalam-pembangunan-desa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v4i2.1234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats