Penggunaan Aplikasi Plickers untuk Data Penilaian Formatif di SMA Islam Assa’adah

Devi Yunita, Irpan Kusyadi, Nurhasanah Nurhasanah, Shelvi Eka Tassia

Abstract


Pendidikan merupakan usaha sadar dan disengaja serta bertanggung jawab yang dilakukan oleh orang dewasa untuk mendewasakan seseorang dan dilakukan secara terus menerus. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menuntut seseorang untuk menyesuaikan diri dengan keadaan saat ini. Seseorang dituntut memiliki kemampuan untuk dapat menguasai, memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan segala bentuk informasi dan ilmu pengetahuan yang ada dengan cara berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif. Plickers merupakan sebuah alat bantu yang digunakan oleh guru untuk memberikan penilaian dan mengumpulkan data dari hasil penilaian secara real- time dengan menciptakan suasana yang menyenangkan. pemanfaatan plickers oleh guru di lingkungan sekolah masih jarang digunakan. Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan mengadakan pelatihan dan praktik mengenai Penggunaan Aplikasi Plickers yang dapat digunakan sebagai alat bantu penilaian data formatif sehingga dapat membantu guru agar dapat menilai jawaban dari siswa/siswi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SMA Islam Assa’adah yang berlokasi di Tangerang Selatan. Kegiatan ini dimulai sejak pukul 09.00 sampai pukul 16.00. Dengan menggunakan Aplikasi Plickers siswa-siswi kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Sehingga dapat motivasi siswa-siswi dalam mengikuti test atau ujian menjadi meningkat dan hasil ujian menjadi lebih baik.


Keywords


Pendidikan, penilaian, teknologi, plickers

Full Text:

PDF

References


Solmaz and Cetin. (2017). Ask-Response-Play_Learn: Students Views on Gamification Interactive Response Systems. Journal of Educational Studies in the World, 7 (3), 28-40.

Hastratudin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika, 1 (2).

Ahmadi, A. dan Uhbiyati, N. (2007). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Rivalina, R. (2015). Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di SDN Cipayung 1, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Jurnal Teknodik. 19 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i1.1220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats