PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN INDEX CARD MACHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X

Miftahus Surur, Rike Nor Umamiyatil Urfi

Abstract


Absract: Application of Problem Based Learning Model Using the Index Card Match To Improve Learning Activities and Results Class X. This study aims to improve the activity and student learning outcomes. Therefore, this study was designed with classroom action research model. Subjects in this study were students of class X 1 MAN 2 Situbondo The action taken is the implementation of Problem Based Learning using Index Card Macht conducted in two cycles. The technique of collecting data through observation sheet activities of every learning and evaluation at the end of each cycle.

From research conducted to prove that: 1) an increase in the activity of students in the first cycle and the second cycle. In the first cycle of student activity level of 89.10% and the second cycle of 92.52%, and both are included in the category of very active. 2) an increase in student learning outcomes in the first cycle and the second cycle. In the prior action of students who otherwise completed totaling 28 students or 71.79% increased in the first cycle to 31 students or 79.49% and increased again in the second cycle to 36 or 92.31% and otherwise completed in classical because it has exceeded the limit that is 80% complete.

 Keywords: Model PBL with Index Card Match, activities, learning outcomes

Abstract: Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Index Card Macht Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 1 MAN 2 Situbondo Tindakan yang dilakukan yaitu penerapan Problem Based Learning menggunakan Index Card Macht yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui lembar obsevasi aktivitas setiap proses pembelajaran dan evaluasi di setiap akhir siklusnya.

Dari penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa : 1) terjadi peningkatan aktifitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I tingkat aktifitas siswa sebesar 89,10% dan pada siklus II sebesar 92,52% dan keduanya termasuk dalam kategori sangat aktif. 2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada sebelum tindakan siswa yang dinyatakan tuntas berjumlah 28 siswa atau 71,79% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 31 siswa atau 79,49% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 36 atau 92,31% dan dinyatakan tuntas secara klasikal karena telah melebihi batas tuntas yaitu 80%.

 Kata kunci: Model PBL dengan Index Card Macht, aktifitas, hasil belajar

 


Full Text:

PDF

References


Dasna I.Wayan dan Sutrisno. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah. Tersedia pada http://www.lubisgrafura.wordpress.com.

Ismail. 2007. Index Card Match learning. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi. 2009. Model Pembelajaran dan Cara Belajar. Bandung: Rineka Cipta.

Rafi’i.2006. Metode Riset 1. Yogyakarta: Andi Offset.

Sardiman. 2003. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2005. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tim Pelatih Proyek PGSM. 2004. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta:Balai Pelatihan Dosen LPTK dan Guru Sekolah Menengah.Depdikbud Dikti PGSM




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v4i2.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats