PEMBUATAN MEDIA KARTU SOAL PERHITUNGAN pH PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA Di SMAN 1 JENAMAS

novrian dony, Jurniah J, Herlina Apriani

Abstract


Abstract This study aims to produce learning media in form question card for calculating pH on buffer material in Jenamas 1 Public High School. The media card of this question was made with the Research and Development method through Borg and Gall process steps (R & D) consisting of preliminary research information, planning, initial product development, initial product testing, major product revisions, main product trials, operational product revisions, final product revisions. The results of the feasibility test of the card about the feasibility of content, language, graphics, and presentation by the validator get an average value of 98.6% with a very feasible ratio. In just a small scale trial the average score is 16.9 with a very good category, while for large scale the average score is 19.6 with a very good category. Use it from the search for the situation above so that card media from abroad can be represented as learning media. Keywords: Learning Media; Question Card; Media Feasibility Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kimia berupa kartu soal untuk perhitungan pH pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 1 Jenamas. Media kartu soal ini dihasilkan dengan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) menurut Borg and Gall melalui langkah – langkah proses ( R & D ) terdiri dari penelitian awal pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba produk awal, revisi produk utama, uji coba produk utama, revisi produk operasional, revisi produk final. Hasil uji kelayakan media kartu soal kelayakan isi, bahasa, kegrafisan, dan penyajian oleh validator mendapatkan skor rata – rata sebesar 98,6% dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba skala kecil mendapatkan rata – rata skor sebesar 16,9 dengan kategori sangat baik, sedangkan untuk skala besar mendapatkan rata – rata skor sebesar 19,6 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan media kartu soal layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran; Kartu Soal;Kelayakan Media

Keywords


Media Pembelajaran; Kartu Soal;Kelayakan Media

Full Text:

PDF

References


Assriyanto, K. E., Sukardjo, J. S., dan Saputro, S. (2014): Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Kreativitas Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(3), 89–97.

Badlisyah, T., dan Maghfirah, M. (2017): Penggunaan Macromedia Flash Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN Darussalam, Lantanida Journal, 5(1), 42–58.

Dony, N., Nuriah, Jurniah, dan Karina (2018): Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Kartu, BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptua, 3(4), 405–413.

Maratusholihah, N. F., Rahayu, S., dan Fajaroh, F. (2017): Analisis Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Hidrolisis Garam dan Larutan Penyangga, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(July), 137–143.

Maratusholihah, N. F., Rahayu, S., dan Fajaroh, F. (2017): Hidrolisis Garam dan Larutan Penyangga, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 919–926.

Marsita, R. A., Priatmoko, S., dan Kusuma, E. (2010): Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA dalam Memahami Materi Larutan Penyangga dengan Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument, Jurnal inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 512–520.

Marsiti, C. I. R. (2011): Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pengembangan Profesionalisme Guru, Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(1), 157–168.

Nana, S. (2004): Dasar-dasar proses belajar mengajar (Sinar Baru Algensindo, Ed.), Bandung.

Novauli, F. (2015): Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar pada Smp Negeri dalam Kota Banda Aceh, Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 23(1), 45–67.

Nurhujaimah, R., Kartika, I. R., dan Nurjaydi, M. (2016): Analaisa Miskonsepsi Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga Menggunakan Instrumen Tes Three Tier Multiple Choice, Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(1), 15–28.

Parastuti, W. I., dan Ibnu, S. (2016): Miskonsepsi Siswa pada Materi Larutan Buffer, Jurnal pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (2007), 2307–2313.

Pratiwi, D. M. (2015): Pengembangan LKS Praktikum Berbasis Inkuiri pada Pokok Bahasan Larutan Penyanngga Kelas XI IPA SMA, Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 32–37.

Rahmadhani, A., Kartika, I. R., Kimia, J., dan Jakarta, U. N. (2013): Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Larutan Penyangga Melalui Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) Pada Siswa Kelas XI SMAN 21 Jakarta, JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 3(1), 156–165.

Yakina, Kurniati, T., Fadhilah, R. (2017): Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X di SMA Negeri 1 Sungai

Ambawang, Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(2), 287–297.

Yunitasari, W., Susilowati, E., dan Nurhayati, D. (2013): Pembelajaran Direct Instruction Disertai Hierarki Konsep Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2012 / 2013, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(3), 182–190.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v6i1.342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats