Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Tabung Ditinjau dari Disposisi Matematis

Authors

  • Ali Noeruddin IKIP PGRI Bojonegoro
  • Faizatul Maghfiroh IKIP PGRI Bojonegoro
  • Ali Mujahidin IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.30734/jpe.v10i1.3071

Keywords:

masalah sistematis siswa, materi tabung

Abstract

Abstract: Education is an effort to cultivate noble character, change one's attitude and behavior in maturing through teaching. Education is very important for people, both young and old, in group or individual life, to increase knowledge and abilities. decision making on a problem faced with a great sense of responsibility. An education, humans have and do not have to think critically or study in school but can understand mathematical problems and solve mathematical problems as well as problems in everyday life. The type of research used in this research is descriptive method, in the form of observations with people or actors who are observed in written or spoken words. The results of this study are the extent to which students' systematic problem solving abilities in tube material are viewed from a mathematical position.

Keywords: student systematic problems, tube material

 

Abstrak: Pendidikan adalah upaya penanaman budi pekerti luhur, mengubah sikap dan prilaku seseorang dalam mendewasakan melalui pengajaran. Pendidian sangatlah penting bagi masyarakat baik tua maupun muda dalam kehidupan berkelompok atau inividu, untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. pengambilan keputusan suatu masalah yang dihadapi dengan rasa tanggung jawaayang besar. Suatu pendidikan, manusia memiliki dan tidak harus berfikir kritis atau pelajaran di sekolah saja melainkan dapat memahami permasahan matematis dan memecahakan masalah matematis juga persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian  yang digunakan  dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, berupa pengamatan dengan orang-orang atau pelaku yang diamati dengan kata-kata tertulis atau lisan. Hasil penenelitian tersebut adalah sejauh mana kemampuan pemecahan masalah sistematis siswa pada materi tabung ditinjau dari diposisi matematis.

Kata Kunci: masalah sistematis siswa, materi tabung

References

Undang-Undang NO. 02. 2013. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Republik Indonesia

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana

Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Artikel pada FPMIPA UPI Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara, Observasi, Dan Focus Groups. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Additional Files

Published

2023-01-20

How to Cite

Noeruddin, A., Maghfiroh, F., & Mujahidin, A. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Tabung Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 177–184. https://doi.org/10.30734/jpe.v10i1.3071

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.