Hubungan antara Tingkat Kreativitas Verbal Siswa dengan Kemampuan Menulis

Penulis

  • M. Ali Ghufron IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Fitri Nurdianingsih IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Ayu Fitrianingsih IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Oktha Ika Rahmawati IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Moh. Fuadul Matin IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Ima Isnaini T R IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Ima Isnaini T.R. IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i1.489

Kata Kunci:

verbal creativity, writing skill

Abstrak

ABSTRACT

There are four aspects in language; listening, speaking, reading, and writing skill. Those aspect is an unity and connected each other. Writing skill is the competence to express someone’s ideas, thought in written form. The purpose of this activity was to enhance student’s verbal creativity through writing. The participants were the fifth grade studetns of SDN Tegalkodo Sukosewu.

Keywords:verbal creativity, writing skill

 

ABSTRAK

Keterampilan berbahasa digolongkan menjadi empat aspek, yaitu: keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Keempat keterampilan berbahasa merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan dan menunjangsatu dengan yang lain. Keterampilan menulis adalah keterampilan untuk mengekspresikan pendapat, pikiran/gagasan dalam bentuk tulisan yang baik dan benar. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan kreativitas verbal siswa sekolah dasar mealui kegiatan mengarang dan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi tingkat kreativitas verbal individu. Partisipan dari kegiatan ini adalah siswa kelas V SDN Tegalkodo Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro.

Kata Kunci: kreativitas verbal, keterampilan menulis

Referensi

Harefa, A. (2003). Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Semiawan, C. (1994). Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia.

Suryati, A. (2008). Implementasi Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Siswa. Artikel http://www.google.com.id.pendidikan//

Tarigan, H. G. (1996). Analisis Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

_____________. (1999). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Diterbitkan

2019-04-20

Cara Mengutip

Ghufron, M. A., Nurdianingsih, F., Fitrianingsih, A., Rahmawati, O. I., Matin, M. F., T R, I. I., & T.R., I. I. (2019). Hubungan antara Tingkat Kreativitas Verbal Siswa dengan Kemampuan Menulis. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 133–138. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i1.489

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.