POSKO GIAT EDUKASI LITERASI DAN NUMERASI (GELAR) SEBAGAI UPAYA PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI BAGI GEN ALPHA KELOMPOK MARGINAL DI KELURAHAN NGROWO

Fransisca Ajeng Fitri

Abstract


Pendidikan menjadi salah satu akses yang sudah seharusnya dimiliki oleh setiap anak. Namun, kenyataan di lapangan tidak demikian. Salah satu wilayah yang belum mendapatkan akses secara pendidikan secara penuh adalah Kelurahan Ngrowo, Bojonegoro khususnya di wilayah barak marginal. Masih banyak anak di daerah tersebut yang mengalami kendala dalam hal literasi dan numerasi. Karena hal ini lah, tim PPK ORMAWA Himmat 2023 melaksanakan sebuah program dengan judul POSKO GELAR (Giat Edukasi Literasi dan Numerasi) dengan sasaran anak usia Sekolah Dasar, yang berisi empat topik utama literasi yakni literasi bahasa, literasi numerasi, literasi sains, serta literasi budaya dan kewarganegaraan dan didukung dengan beberapa kegiatan dan fasilitas pendukung hasil luaran program seperti mini olimpiade, pentas seni, dan pengadaan pojok literasi. Program ini merupakan perwujudan dari pendanaan PPK ORMAWA oleh Direktorat Belmawa serta pelaksanaan pengabdian masyarakat dalam tri dharma perguruan tinggi. Hasil yang diharapkan dalam program ini adalah meningkatnya kemampuan literasi dan numerasi anak pada kelompok marginal di Kelurahan Ngrowo, Bojonegoro.


Full Text:

PDF

References


Christine, C. Karnawati, K., & Nugrahienny, D. (2021). Pola Asus Orang Tua Terhadap Anak Generasi Alfa Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2(2), 235-250.

Departemen Informasi dan Perpustakaan UNAIR. (2020, April 12). Pemberdayaan Literasi Kaum Marginal. https://dip.fisip.unair.ac.id/id_ID/pemberdayaan-literasi-kaum-marginal/

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107.

https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822

Risdaliani., et al. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di SD Negeri 48/I Penerokan. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (As-SABIQUN), 4(2), 238–251.

Robi, N., & Abidin, Z. (2020). Literasi Membaca sebagai Upaya Pembentuk Karakter Peserta Didik (Jujur dan Bertanggung Jawab). Prosding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 3(1), 791–797. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/669

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra Jurnal limah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1)

Tim Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ulfa, U., Saptaningrum, E., & Kurniawan, A. F. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Terhadap Penguasaan Literasi Sains Siswa. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 2(2), 257. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16408

Yuki, L. K. (2020). Implementasi Literasi Budaya Kuda Kosong dalam Meningkatkan Minat Membaca pada Mahasiswa Universitas Putra Indonesia. Jurnal Soshum Insentif, 44–50. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.215




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v3i2.3586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

pengeluaran sgp