Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro

Sarjono Sarjono, Fifi Zuhriah, Siti Herawati Nur Hidayah

Abstract


Abstrak: This research aims to determine: (1) the effect of learning interest on student learning achievement, (2) the influence of the family environment on student learning achievement, and (3) the simultaneous influence between learning interest and the family environment towards student learning achievement in business economics subjects.This research uses quantitative research. Population af this research are all the students of class X SMK PGRI 2 Bojonegoro consists of 101 students. Sampling technique that used in this research is proportional random sampling technique which obtained a total sample of 81 students. This research uses questionaries and documentation method to collected data. The results showed that: (1) There was a positive and significant influence between learning interest on student achievement on business economics subjects (2) There is a positive and significant influence between the family environment on student achievement on business economics. (3) There is a positive and significant influence between interest in learning and the family environment simultaneously on student achievement in the subjects of business economics.

 

Keywords: Learning Interest, Family Environment, Student Learning Achievement

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh  minat belajar terhadap prestasi belajar siswa,, (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) pengaruh secara simultan antara minat belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis.  Penelitian ini menggunakan  metode  penelitian kuantitatif. Popoulasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro sejumlah 101 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam peneletian ini adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 81 siswa. Penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis. (3)  Ada pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar dan lingkungan keluarga secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. 

Kata kunci: Minat Belajar, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar Siswa.

 


Keywords


Learning Interest, Family Environment, Student Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S.B.(2008). Prestasi belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ghozali, I.(2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasbullah, (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Araimi, M. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI SMA Negeri 3 Peusangan. Universitas Almuslim

Slameto, .(2010). Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Cetakan ke-5. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1.771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats