Analisis Tingkat Hubungan Karakter Jujur Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu

Cicyn Riantoni, Arip Nurrahman

Abstract


Abstract: This research aims to analyze the relationship between students' honest character towards the learning outcomes of integrated science in calor and its transfer material in SMP Negeri 6 Kota Jambi, and analyze the level of relations of the two variables. The method used in this research is descriptive quantitative method. The population in this research were 61 students of class VIIA and VIIB SMP Negeri 6 Kota Jambi. The Data in this research were obtained by the results of filling out questionnaires and quiz distributed directly to the subject, as well as documentation and observation techniques. The data analysis in this research used descriptive statistical calculations. The results of the analysis show that there is a significant relationship between students' honest character towards integrated science learning outcomes. The level of relationship between students' honest character toward integrated science learning outcomes is in a very strong category where the Pearson Correlations value is obtained at 0.919. Thus, if the higher the level of honesty of students, the higher the learning outcomes that will be achieved, in this case on integrated science subjects.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara karakter jujur siswa terhadap hasil belajar IPA terpadu materi kalor dan perpindahannya di SMP Negeri 6 Kota Jambi, serta menganalisis tingkat hubungan dari kedua variabel tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitaf. Populasi dalam penelitian ini adalah 61 siswa kelas VIIA dan VIIB SMP Negeri 6 Kota Jambi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian angket dan kuesioner yang disebarkan langsung ke subjek, serta dilakukan teknik dokumentasi dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara karakter jujur siswa terhadap hasil belajar IPA terpadu. Tingkat hubungan karakter jujur siswa terhadap hasil belajar IPA terpadu berada pada kategori sangat kuat dimana nilai Pearson Correlations diperoleh sebesar 0,919. Dengan demikian, apabila semakin tinggi tingkat kejujuran siswa, maka semakin tinggi pula hasil belajar yang akan dicapai, dalam hal ini pada mata pelajaran IPA terpadu.

 


Keywords


Pendidikan karakter, Jujur, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, S. (2014). Pembelajaran Nilai-Karakter. Jakarta: Rajawali Pers.

Alimin, A. (2014). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Prestasi

Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK N 1 Losarang Kabupaten Indramayu. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Fitri, N, Safei, Marjuni, H. (2016). Pengaruh Sikap Kedisiplinan dan Kejujuran Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Biotek, 4 (1), 99.

Hardiyanti, K, Astalini, Kurniawan, D, A. (2018). Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 5 Muaro Jambi. Jurnal Edufisika, 3 (2), 3.

Janah, I, N, Chamisijatin, L, Husamah. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA di SMPN XY Kota Malang. Jurnal Biotek, 6 (1), 3.

Muhibbin, Syah. (2006). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Prasasty, A, T. (2017). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Bina Karya Insan Tangerang Selatan. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 1 (1), 65.

Sukardjo, M, Yusdiningtias, K. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar Kelas VI. Jurnal Pendidikan Edutama, 5 (1), 102.

Syamsudin. (2012). Pengaruh Kejujuran dalam Mengerjakan Tugas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Jaten Karanganyar ditinjau dari Jenis Kelamin. Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i2.512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats