Peluang Media Interaktif dalam Menunjang Efektivitas Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Adi Sumarsono, Murni Sianturi

Abstract


Abstract. The purpose of this research was to investigate the effect of interactive media to support the effectiveness of thematic learning in elementary schools. This research was an experimental method with one group pretest posttest design. The sample of this research was second grade students of three schools such as SD YPK Mopah Lama, SD Wasur II and SD Theresia Buti Merauke. The number of students was 42 students. The results of data analysis revealed that there was a significant effect on the improvement of thematic learning by applying interactive media, as evidenced by the value of tcount> ttable (3.656> 1.845). Based on the experimental results, there was an increase of 2.476 or 6.11%. Furthermore, based on the effectiveness of the applying of interactive media was in the good category.

 

Keyword: interactive media; thematic learning

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media interaktif dalam menunjang efektifitas pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II yang terdiri dari tiga sekolah yaitu SD YPK Mopah Lama, SD Wasur II dan SD Theresia Buti Kabupaten Merauke. Jumlah sample yaitu 42 siswa. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pembelajaran tematik setelah diberikan pembelajaran menggunakan media interaktif, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (3,656>1,845). Berdasarkan hasil eksperimen mengalami peningkatan sebesar 2,476 atau sebesar 6,11%. Selanjutnya berdasar efektifitas penggunaan media interaktif masuk dalam kategori baik.

 

Kata kunci: media interaktif; pembelajaran tematik

Keywords


interactive media; thematic learning

Full Text:

PDF

References


Arsyad, & Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayati, N., & Kusmanto, B. (2017). Efektivitas pembelajaran menggunakan multimedia interaktif (adobe flash CS6) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD N Jurug Sewon. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(3), 169-172.

Mahya, A. F., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5.

Maksum, A. (2008). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: FIK Unesa Press.

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Newby, T. J. (2004). Instructional technology for teaching and learning. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Nurlaela, Wahyudin, & Hamdani, N. A. (2016). Efektivitas penggunaan multimedia pembelajaran interaktif melalui pendekatan CTL dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang pesawat sederhana pada pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar negeri Hanjuan I. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 48-59.

Ratnasari, A. (2016). pengembangan media pembelajaran interaktif keselamatan dan kesehatan Kerja (P3K) Pada program studi ketenaga listrikan di sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal program studi pendidikan teknik mekatronika, 6(1), 85.

Rizal, A. S., Rahmat, M., & Rizal, A. S. (2016). Efektivitas multimedia interaktif flash terhadapa pembelajaran pendidikan agama isalam di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta'lim, 14(2), 169-183.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russall, J. D. (2008). Instructional technology and media for learning. New Jersey: Pearson.

Walker, D. F., & Hess, R. D. (2000). Instructional Software. Belmot: Wadworth Publishing Company.

Wijaya, Agus, M., & Astono. (2006). Uji coba instrumen baku evaluasi pembelajaran dikdasor di SLTP negeri se Kota Sudaranaya. Laporan Khhir Asdep olahraga pendidikan, Kemenegpora, Kemenegpora RI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v6i2.353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats