Hubungan Berpikir Positif Dan Stress Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Atas
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, F. A., Koesma, R. E., Joefiani, P., & Siregar, J. R. (2020). PENGEMBANGAN ALAT UKUR KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS REMAJA USIA 12-15 TAHUN. Journal of Psychological Science and Profession, 4(1), 1. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i1.24840
Budiarti, E., & Hanoum, M. (2019). Koping stres dan dukungan keluarga terhadap kesejahteraan psikologis orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. SOUL: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 11(1), 44–61.
Diananda, A. (2019). PSIKOLOGI REMAJA DAN PERMASALAHANNYA. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20
Estikasari, P., & Pudjiati, S. R. R. (2021). Gambaran Psikologis Remaja Selama Sekolah Dari Rumah Akibat Pandemi Covid-19. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 2(1), 23. https://doi.org/10.24014/pib.v2i1.11750
Hariswanto, Y. T. (2022). REGULASI DIRI DAN RESILIENSI AKADEMIK PADA FUNGSIONARIS LEMBAGA KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS DI MASA PANDEMI COVID-19.
Haryanto, Y. (2019). Hubungan antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Kecerdasan Emosi Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Havier Moreno, R. (2022). Hubungan Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Universitas Islam Riau. Universitas Islam Riau.
Herman, R., & Setiawati, S. (2022). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jambura Journal of Community Empowerment, 2(1), 23–35. https://doi.org/10.37411/jjce.v3i1.1261
Heydari, A., Bordbar, M. R. F., & Yazd, A. M. (2018). The effect of positive thinking education on quality of life in the patients with diabetic type 2. Biomedical Journal of Scientific & Technical Research, 5(4), 6449–6453.
Japar, M., & Parida, D. (2018). Pembentukan karakter kemandirian melalui kegiatan osis di sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 86–103. https://doi.org/10.2317/jpis.v28i1.6710
Juzailah, J., & Ilmi, I. M. B. (2022). Hubungan Emotional Eating, Citra Tubuh, dan Tingkat Stres dengan IMT/U Remaja Putri di SMK Negeri 41 Jakarta Tahun 2022: The Relationship Between Emotional Eating, Body Image, and Stress Level with The BMI-For-Age In Female Adolescents at SMK Negeri 41 Ja. JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 14(2), 271–284.
Marwoko, G. (2019). Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 60–75. https://doi.org/https://doi.org/10.29138/tasyri.v26i1.69
Matur, Y. P., Simon, M. G., & Ndorang, T. A. (2021). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja SMA Negeri Di Kota Ruteng. Wawasan Kesehatan, 6(2), 55–66.
Maulana, M. A. (2020). Hubungan Antara Tingkat Stres Belajar Dengan Kecanduan Game Online Pada Remaja Di Smk Negeri 2 Jember. Fakultas Keperawatan.
Minarsi, M., Nirwana, H., & Syukur, Y. (2017). Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 1–14. https://doi.org/10.29210/02017113
Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 5(2), 296–302. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2016.15224
Nurcahyani, D. I., & Prastuti, E. (2021). Regulasi Diri Sebagai Prediktor Stres Akademik Mahasiswa Bekerja Paruh Waktu. PSIKOVIDYA, 24(2), 94–101. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v24i2.161
Rachmawati, B. D., Listiyandini, R. A., & Rahmatika, R. (2019). Resiliensi psikologis dan pengaruhnya terhadap kualitas hidup terkait kesehatan pada remaja di panti asuhan. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 11(1), 21–30. https://doi.org/10.31289/analitika.v11i1.2314
Rexy, R. A. P., & Barimbing, M. A. (2022). Hubungan Intensitas Bermain Game Online dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja di SMP Kristen Citra Bangsa Kupang. CHMK Nursing Scientific Journal, 6(1), 10–17. http://cyber-chmk.net/ojs/index.php/ners/article/view/1117
Sari, H. R., & Arjanggi, R. (2020). PERAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP BELAJAR BERDASAR REGULASI DIRI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Proyeksi, 14(1), 53. https://doi.org/10.30659/jp.14.1.53-62
Setyawan, I. A., Setiawati, O. R., Dharmawan, A. K., & Pramesti, W. (2021). Pengaruh Stres dengan Perilaku Olahraga Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(1), 241–247. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i1.593
Siregar, N. P. S., Menanti, A., & Hasanuddin, H. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Regulasi Diri Belajar Terhadap Resiliensi pada Siswa SMA Tunas Harapan Mandiri Rantau Prapat. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 284–292. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i1.1200
Suryadi, B., Soriha, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pengaruh gaya pengasuhan orang tua, konsep diri, dan regulasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v23i2.10969
Syaifulina, S. (2022). Aspek Psikologis Anak Usia Sekolah Terdampak Pandemi Covid-19.
SYALIS, E. R., & Nurwati, N. N. (2020). Analisis Dampak Pernikahan Dini Terhadap Psikologis Remaja. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(1), 29. https://doi.org/10.24198/focus.v3i1.28192
Tjahyadi, A. V., & Ersa Lanang Sanjaya, E. L. (2021). Peran Self-Esteem dan Stress terhadap Harassment Pada Pemain Online Game Dewasa Awal.
Widiyastari, U. (2019). Hubungan antara rasa syukur dengan stres akademik pada santri Pondok Pesantren An-Nur Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.3395
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/Â is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.