Hubungan Berpikir Positif Dan Stress Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Narastri Insan Utami, Eti Fari’ah

Abstract


Berpikir positif merupakan keterampilan yang penting dimiliki untuk menghadapi tekanan akademik pada siswa SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan negatif antara berpikir positif dan stres akademik pada siswa SMA bilingual. Penelitian ini melibatkan 102 siswa SMA di institusi bilingual dan menggunakan skala stres akademik serta skala berpikir positif sebagai instrumen penelitian. Hasil analisis menggunakan teknik korelasi product moment menunjukkan hubungan yang negatif antara berpikir positif dan stres akademik pada siswa SMA bilingual, dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar -0,572 dan p=0,001(p≤0,01). Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa berpikir positif memberikan kontribusi efektif sebesar 32,8% dalam mengurangi stres akademik pada siswa SMA bilingual. Temuan ini memberikan implikasi penting untuk upaya mengurangi tingkat stres akademik pada siswa SMA dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Keywords


Berpikir Positif, Stress Akademik, Siswa SMA, Sekolah Bilingual

References


Abidin, F. A., Koesma, R. E., Joefiani, P., & Siregar, J. R. (2020). PENGEMBANGAN ALAT UKUR KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS REMAJA USIA 12-15 TAHUN. Journal of Psychological Science and Profession, 4(1), 1. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i1.24840

Budiarti, E., & Hanoum, M. (2019). Koping stres dan dukungan keluarga terhadap kesejahteraan psikologis orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. SOUL: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 11(1), 44–61.

Diananda, A. (2019). PSIKOLOGI REMAJA DAN PERMASALAHANNYA. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Estikasari, P., & Pudjiati, S. R. R. (2021). Gambaran Psikologis Remaja Selama Sekolah Dari Rumah Akibat Pandemi Covid-19. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 2(1), 23. https://doi.org/10.24014/pib.v2i1.11750

Hariswanto, Y. T. (2022). REGULASI DIRI DAN RESILIENSI AKADEMIK PADA FUNGSIONARIS LEMBAGA KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS DI MASA PANDEMI COVID-19.

Haryanto, Y. (2019). Hubungan antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Kecerdasan Emosi Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Havier Moreno, R. (2022). Hubungan Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Universitas Islam Riau. Universitas Islam Riau.

Herman, R., & Setiawati, S. (2022). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jambura Journal of Community Empowerment, 2(1), 23–35. https://doi.org/10.37411/jjce.v3i1.1261

Heydari, A., Bordbar, M. R. F., & Yazd, A. M. (2018). The effect of positive thinking education on quality of life in the patients with diabetic type 2. Biomedical Journal of Scientific & Technical Research, 5(4), 6449–6453.

Japar, M., & Parida, D. (2018). Pembentukan karakter kemandirian melalui kegiatan osis di sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 86–103. https://doi.org/10.2317/jpis.v28i1.6710

Juzailah, J., & Ilmi, I. M. B. (2022). Hubungan Emotional Eating, Citra Tubuh, dan Tingkat Stres dengan IMT/U Remaja Putri di SMK Negeri 41 Jakarta Tahun 2022: The Relationship Between Emotional Eating, Body Image, and Stress Level with The BMI-For-Age In Female Adolescents at SMK Negeri 41 Ja. JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 14(2), 271–284.

Marwoko, G. (2019). Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 60–75. https://doi.org/https://doi.org/10.29138/tasyri.v26i1.69

Matur, Y. P., Simon, M. G., & Ndorang, T. A. (2021). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja SMA Negeri Di Kota Ruteng. Wawasan Kesehatan, 6(2), 55–66.

Maulana, M. A. (2020). Hubungan Antara Tingkat Stres Belajar Dengan Kecanduan Game Online Pada Remaja Di Smk Negeri 2 Jember. Fakultas Keperawatan.

Minarsi, M., Nirwana, H., & Syukur, Y. (2017). Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 1–14. https://doi.org/10.29210/02017113

Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 5(2), 296–302. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2016.15224

Nurcahyani, D. I., & Prastuti, E. (2021). Regulasi Diri Sebagai Prediktor Stres Akademik Mahasiswa Bekerja Paruh Waktu. PSIKOVIDYA, 24(2), 94–101. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v24i2.161

Rachmawati, B. D., Listiyandini, R. A., & Rahmatika, R. (2019). Resiliensi psikologis dan pengaruhnya terhadap kualitas hidup terkait kesehatan pada remaja di panti asuhan. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 11(1), 21–30. https://doi.org/10.31289/analitika.v11i1.2314

Rexy, R. A. P., & Barimbing, M. A. (2022). Hubungan Intensitas Bermain Game Online dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja di SMP Kristen Citra Bangsa Kupang. CHMK Nursing Scientific Journal, 6(1), 10–17. http://cyber-chmk.net/ojs/index.php/ners/article/view/1117

Sari, H. R., & Arjanggi, R. (2020). PERAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP BELAJAR BERDASAR REGULASI DIRI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Proyeksi, 14(1), 53. https://doi.org/10.30659/jp.14.1.53-62

Setyawan, I. A., Setiawati, O. R., Dharmawan, A. K., & Pramesti, W. (2021). Pengaruh Stres dengan Perilaku Olahraga Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(1), 241–247. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i1.593

Siregar, N. P. S., Menanti, A., & Hasanuddin, H. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Regulasi Diri Belajar Terhadap Resiliensi pada Siswa SMA Tunas Harapan Mandiri Rantau Prapat. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 284–292. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i1.1200

Suryadi, B., Soriha, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pengaruh gaya pengasuhan orang tua, konsep diri, dan regulasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v23i2.10969

Syaifulina, S. (2022). Aspek Psikologis Anak Usia Sekolah Terdampak Pandemi Covid-19.

SYALIS, E. R., & Nurwati, N. N. (2020). Analisis Dampak Pernikahan Dini Terhadap Psikologis Remaja. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(1), 29. https://doi.org/10.24198/focus.v3i1.28192

Tjahyadi, A. V., & Ersa Lanang Sanjaya, E. L. (2021). Peran Self-Esteem dan Stress terhadap Harassment Pada Pemain Online Game Dewasa Awal.

Widiyastari, U. (2019). Hubungan antara rasa syukur dengan stres akademik pada santri Pondok Pesantren An-Nur Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.3395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats