Efektivitas LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Hasil Belajar Berdasarkan Perbedaan Level Kognitif Siswa

Fendy Saputra, Srihandono Budi Prastowo, Bevo Wahono

Abstract


Abstract: This study aims to measure the effectiveness of STEM-based worksheets to improve scientific literacy skills based on differences in students' cognitive levels in science learning at MTs.The subjects in this study consisted of 44 grade 7 students at MTs Fatihul Ulum Al Mahfudz, Tanggul, Jember, East Java. The research design used was carried out descriptively using the ADDIE development model on Environmental Pollution material. Then the data on scientific literacy results were analyzed using effect size calculations with the Cohen's d formula. The results of the analysis of scientific literacy abilities and learning outcomes based on differences in students' cognitive levels showed a significance value of 0.006 (< 0.05) and 0.001 (< 0.05). Then the results of the effect size assessment of scientific literacy skills and learning outcomes based on differences in students' cognitive levels show values of 0.96 and 1.82. The conclusion of the research results shows that the level of effectiveness of STEM-based LKPD implementation on scientific literacy abilities and learning skills based on differences in students' cognitive levels is in the high effectiveness category and there is a significant difference between high students' cognitive and low students' cognitive in its application.


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektifan LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains berdasarkan perbedaan level kognitif siswa pada pembelajaran IPA di MTs. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 44 orang siswa kelas 7 di MTs Fatihul Ulum Al Mahfudz, Tanggul, Jember, Jawa Timur. Desain penelitian yang digunakan dilakukan secara diskriptif menggunakan model pengembangan ADDIE pada materi pencemaran lingkungan. Data hasil literasi sains siswa dianalisis menggunakan perhitungan effect size dengan rumus Cohen’s d. Hasil analisis kemampuan literasi sains dan hasil belajar berdasarkan perbedaan level kognitif siswa menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,006 (< 0,05) dan 0,001 (< 0,05). Kemudian hasil penilaian effect size analisis kemampuan literasi sains dan hasil belajar berdasarkan perbedaan level kognitif siswa menunjukkan nilai sebesar 0,96 dan 1,82. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keefektifan implementasi LKPD berbasis STEM terhadap kemampuan literasi sains dan ahsil belajar berdasarkan perbedaan level kognitif siswa berada pada kategori keefektifan besar dan terdapat perbedaan secara signifikan antara kognitif siswa tinggi dengan kognitif siswa rendah dalam penerapannya.


Keywords


Literasi sains, LKPD, STEM, Level kognitif

Full Text:

PDF

References


Adlim, A., & Mursal, M. (2015). Pengembangan LKS STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa SMA Negeri 1 Beutong pada materi induksi elektromagnetik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1), 239-250.

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202-212.

Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (Lks) berbasis keterampilan proses di SMAN 4 Jember. Jurnal pembelajaran fisika, 4(4), 350-365.

Arrohman, D. A., Wahyuni, A. L. E., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2022). Implementasi Penggunaan LKPD Pencemaran Air Berbasis STEM dan Model Learning Cycle 6E Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 279-293.

Asyhari, A. (2015). Profil peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni [Journal of Physics Education Al-Biruni], 4(2), 179-191.

Becker, L. A. (2000). Effect size measures for two independent groups. Journal: Effect Size Becker, 63, 928-937.

Dachi, F. A., & Perdana, D. N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Efikasi Diri pada Siswa Kelas XI Busana SMK Negeri 6 Padang. JANGKA Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti, 1(1), 38-48.

Fu’adah, H., Rusilowati, A., & Hartono, H. (2017). Pengembangan Alat Evaluasi Literasi Sains untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa Bertema Perpindahan Kalor dalam Kehidupan. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(2), 51-59.

Kompas.com (2019). Skor PISA 2018: Peringkat Lengkap Sains Siswa di 78 Negara, Ini Posisi Indonesia. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/07/10225401/skor-pisa-2018-peringkat-lengkap-sains-siswa-di-78-negara-ini-posisi (diakses 11 Mei 2022)

Mahjatia, N., Susilowati, E., & Miriam, S. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 139-150.

OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do, PISA, OECD Publishing, Paris.

Parwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suheri, T. (2015). Studi pendahuluan: Potret mata kuliah Kimia Lingkungan di beberapa LPTK. Jurnal JPII, UNNES, Semarang, 4(1), 1-7.

Pertiwi, R. S., Abdurrahman, A., & Rosidin, U. (2017). Efektivitas lks stem untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2).

Sari, A. I., & Faizah, U. (2018). Pengembangan LKPD Berbantu Website Pada Materi Invertebrata Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 7(2), 89-99.

Sulviana, F. (2016). Pengembangan LKPD IPA guided inquiry untuk meningkatkan produk kreativitas peserta didik SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 75-88.

Suryani, A. I., Jufri, A. W., & Setiadi, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran 5E Terintegrasi Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Smpn 1 Kuripan Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pijar Mipa, 12(1).

Wahono, B., Lin, P. L., & Chang, C. Y. (2020). Evidence of STEM enactment effectiveness in Asian student learning outcomes. International Journal of STEM Education, 7(1), 1-18.

Wahono, B., & Chang, C. Y. (2018). Examining the relationship between science teachers' knowledge, attitude, and application of STEM education. In International Conference of East-Asia Association for Science Education (EASE) (pp. 1-3).

Waluyo, J. (2019). Pengembangan LKS IPA berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematics) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa SMP/MTS (Doctoral dissertation).

Zahro, U. L., Serevina, V., & Astra, M. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) fisika dengan menggunakan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) berbasis karakter pada pokok bahasan hukum newton. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i2.3281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats