Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD

Putri Dewi, Abdul Azis Muslimin, Muhlis Madani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model Contextual Teaching and Learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari enam sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sehingga sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V di UPT SPF SD Negeri Cambaya yang berjumlah 25 orang dan UPT SPF SD Negeri Ujung Tanah 1 yang berjumlah 25 orang dan dipilih secara acak. Kelas V di UPT SPF SD Negeri Ujung Tanah 1 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas V di UPT SPF SD Negeri Cambaya sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakanan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik uji independent sample t-test dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar murid pada siswa kelas V SD Di Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar.

Keywords


Model Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Adim, M., Herawati, E. S. B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) menggunakan media kartu terhadap minat belajar IPA kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(1), 6–12. https://doi.org/10.52188/jpfs.v3i1.76

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827

BAHRI, S. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Daerah Tempat Tinggalku di Sdn Sumbersari 01 Jember.

Hajerina, H. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 18 Sigi pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 113–122. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v5i2.270

Harahap, T. D., Husein, R., & Suroyo, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Berpikir Kritis. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 972–978. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.462

Haris, P. A. A. (2020). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbantuan Media Boneka Tongkat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Sdn Kebonsari 01 Jember.

Hasan, H. (2021). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model contextual teaching and learning pada era new normal. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 630–640. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560726

Ismatunsarrah, I., Ridha, I., & Hadiya, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Elastisitas di SMAN 1 Peusangan. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 70–80. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.14567

Kartikasari, A. D. (2022). PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MAPEL IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2074

Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching And Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33.

Lestari, N. A. P. (2019). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(1), 72. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12845

Manurung, A. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching dan Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 31 Jakarta. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 1–10. https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19454

Manurung, H. M. (2021). Model Pembelajaran Kimia Kreatif Berbasis PBL Menggunakan Macromedia Flash.

Novitri, R. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SDN 12 2x11 ENAM LINGKUNG. Jurnal Pendidikan Nasional, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.21

Paramitha, I., Misdalina, M., & Andinasari, A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS. JURNAL E-DuMath, 5(1). https://doi.org/10.52657/je.v5i1.915

Pitnelly, P., Wahyuni, S., Elisa, E., Zurweni, Z., & Malik, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantukan Google Classroom Dimasa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Kimia. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress), 13(1), 58–65. https://doi.org/10.22437/jisic.v13i1.14507

Prayunisa, F., & Mahariyanti, E. (2022). ANALISA KESULITAN SISWA SMA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS TWO TIER MULTIPLE CHOICE INSTRUMENT. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, 3(1), 24–30. https://doi.org/10.55681/jige.v3i1.167

Ria Puspita Sari, Nabila Bunnanditya Tusyantari, dan M. S. (2021). Dampak pembelajaran daring bagi siswa sekolah dasar selama covid-19. Jurnal Prima Magistra, 2(1), 9–15.

Syuhada, F. A., Dalimunthe, M., Sari, W. S. N., & Sihombing, J. L. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA LKS UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DANHASIL BELAJAR KIMIA SISWA. JS (JURNAL SEKOLAH), 4(2), 150–157. https://doi.org/10.24114/js.v4i2.17971

Takim, R. R. (2021). Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Melalui Metode Eksperimen. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 3(2), 53–62. https://doi.org/10.14421/jtcre.2021.32-01

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Widyaiswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4), 389. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21311

Yuris Nasri. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 27 Limau Asam. INVENTA, 5(2), 302–308. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3187

Yusransal, Y., Agustina, A., Arifah, M., Nurliana, N., Kurniawan, A., Ismail, N., Amiruddin, A., & Salfiyadi, T. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DI KELAS V SD NEGERI REUDEUP KABUPATEN ACEH BARAT. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(3), 309. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.36590

Zulfa, K., Santosa, A. B., & William, N. (2020). PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 101–111. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i2.74




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.3181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats