Efektivitas Literasi Keuangan terhadap Keputusan Investasi Digital pada Mahasiswa

Erika Putri, Mega Sifa Eliza, Lintang Jawaril Qudsi, Liya Khamida, Eka Nana Susanti

Abstract


Abstract: An understanding of financial literacy can influence digital investment decisions that can have an impact on individual and social financial well-being. The importance of having an understanding of financial literacy should be encouraged by formal and informal education up to the tertiary level. The purpose of this study was to determine the effect of financial literacy on the investment decisions of FKIP Muhammadiyah University students. Dr. Hamka. This study used quantitative methods with a total of 98 respondents. This study uses data analysis, namely validity test, reliability test, simple linear regression, partial t test and simultaneous F test. The results of this study show that in the partial test t count is 3.660 and t table is 1.985 and the significance value is 0.000 then 3.660 > 1.985 and and significance 0.001 <0.05 indicates that H 0 is rejected and H 1 is accepted which shows the effect of financial literacy on investment decisions. The simultaneous F test shows that financial literacy simultaneously has a positive effect on excessive decisions marked by F count of 13.396 and F table of 3.94 and a significance value of 0.000, it can be concluded that 13.396 > 3.94 and a significance of 0.000 <0, 05 it can be concluded that simultaneously financial literacy influences investment decisions.

 

Keywords: based on scientific literacy learning model, critical thinking.

 

Abstrak: Pemahaman literasi keuangan dapat berpengaruh dalam pengambilan keputusan investasi digital yang dapat berdampak pada kesejahteraan keuangan individu dan sosial. Pentingnya memiliki pemahaman tentang literasi keuangan harus didorong dengan pendidikan formal dan informal hingga ke tingkat perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap keputusan investasi mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 98 orang. Penelitian ini menggunakan analisis data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, uji t parsial dan uji F simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji parsial thitung sebesar 3,660 dan ttabel sebesar 1,985 serta nilai signifikansi 0,000 sehingga 3,660 > 1,985 dan signifikansi 0,001 < 0,05 menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang menunjukkan adanya pengaruh literasi keuangan pada keputusan investasi. Pada uji F secara simultan menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif terhadap keputusan investasi yang ditunjukkan dengan F hitung sebesar 13,396 dan F tabel sebesar 3,94 serta nilai signifikansi sebesar 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa 13,396 > 3,94 dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa secara simultan keputusan literasi keuangan berpengaruh terhadap investasi.

 

Kata kunci: model pembelajaran berbasis literasi ilmiah, berpikir kritis.


Keywords


model pembelajaran berbasis literasi ilmiah, berpikir kritis.

Full Text:

PDF

References


Afriani, S., & Yanti, R. T. (2019). The Effect Of Financial Literacy On Student Financial Behavior. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(4), 1227–1236. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Aryani, N., Yulaika, R., & Wikanso. (2021). Pengaruh literasi finansial dan intensitas penggunaan gadget terhadap shopping lifestyle mahasiswa Universitas PGRI Madiun tahun akademik 2019/2020. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajaran, 9(1), 14–25. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/equilibrium.v9i1.8516

Christanti, N., & Mahastanti, L. A. (2011). Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Investor Dalam Melakukan Investasi. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 4(3), 37–51. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20473/jmtt.v4i3.2424

Fadhilah, M. F., Alkindi, D., & Muhid, A. (2021). cyber counseling sebagai metode meningkatkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah: studi literature. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 86–94. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8393

Fianto, F., Prismayani, R., Wijaya, N. I., Miftahussururi, Hanifah, N., Noorthertya, M., Akbari, Q. S., & Adryansyah, N. (2017). materi pendukung literasi finansial (L. A. Mayani (ed.)). Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Fitriani, Y., & Aziz, I. A. (2019). Literasi era revolusi industri 4.0. Prosiding SENASBASA, 3(1), 100–104. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/.v3i1.2592

Goyal, K., & Kumar, S. (2021). Financial literacy: A systematic review and bibliometric analysis. International Journal of Consumer Studies, 45(1), 80–105. https://doi.org/10.1111/ijcs.12605

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah pembelajaran menggunakan teknologi dapat meningkatkan literasi manusia pada generasi z di Indonesia? Jurnal JAMIKA Manajemen Informatika, 10(1), 12–28. https://doi.org/https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

HC, R., & Gusaptono, R. H. (2020). The impact of financial literacy on investment decisions between saving and credit: Studies on Sharia bank customers in the special region of Yogyakarta. Journal of Economics and Business, 3(4).

Herlianto, D. (2013). Manajemen investasi plus jurus mendeteksi investasi bodong (D. Herlianto (ed.); Pertama). Gosyen Publishing.

Islmail, A. R. N., Noviartati, K., Syahril, & Fikri, A. R. (2021). Investasi digital sebagai solusi mengurangi perilaku konsumtif milenial masa pandemi covid-19. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(125–136). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/capital.v4i2.8742

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463–474. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, & Harlina, D. (2017). Perilaku konsumtif dikalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/3003210000

Li, J., & Meyer‐Cirkel, A. (2021). Promoting financial literacy through a digital platform: A pilot study in Luxembourg. International Journal of Finance & Economics, 26(1), 73–87. https://doi.org/10.1002/ijfe.1777

Litterscheidt, R., & Streich, D. J. (2020). Financial education and digital asset management: What’s in the black box? Journal of Behavioral and Experimental Economics, 87, 101573. https://doi.org/10.1016/j.socec.2020.101573

Lusardi, A. (2019). Financial literacy and the need for financial education: evidence and implications. Swiss Journal of Economics and Statistics, 155(1), 1. https://doi.org/10.1186/s41937-019-0027-5

Mahafani, D. F., Puspa, D. M., Khasanah, N., Wulandari, S., & Andriani, V. (2021). Analisis Perilaku Generasi Milenial Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham Di Masa Pandemi Covid-19. Academica. Jurnal of Multidisciplinary Studies, 5(1), 121–140.

Mastura, A., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh motivasi investasi, pengetahuan investasi dan teknologi informasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal. JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 9(1), 64–75.

Mendari, A. S., & Soejono, F. (2018). Literasi keuangan dosen-dosen perguruan tinggi di palembang: faktor gender dan usia. Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 74–88. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.6181

Purnamasari, V., Merlinda, S., Narmaditya, B. S., & Irwansyah, M. R. (2021). The Millennial’s Investment Decisions: Implications of Financial Literacy, Motivation, and Digitalization. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 314. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.39328

Ramadhanty, V. D., Permana, R. I., Fauzia, B. R. S., & Rakhmawati, N. A. (2021). Analisis faktor penggunaan dompet digital di kalangan mahasiswa perguruan tinggi surabaya. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(1), 312–322. https://doi.org/https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i1.584

Rinawati, D., & Darisman, E. K. (2020). Survei tingkat kejenuhan siswa smk belajar dirumah pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan selama masa pandemi covid-19. Journal of Science and Education (JSE), 1(1), 32–40. https://doi.org/https://doi.org/10.56003/jse.v1i1.11

S, K., Soetiono, & Setiawan, C. (2018). Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia. Rajawali Pers.

Saputra, R., Kartawinata, B. R., Wijayangka, C., & Moeliono, N. N. K. (2019). Analisis faktor investasi pada mahasiswa generasi z. Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA), 9(1), 42–48. https://doi.org/https://doi.org/10.34010/jika.v9i1.2679

Sari, C. N. P., Jumiati, A., & Muslihatinningsih, F. (2019). Analisis pengaruh inflasi dan investasi terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di pulau jawa tahun 2006-2016. Jurnal Ekonomi Ekuilibrium (JEK), 3(1), 45–60.

Sari, D. A. (2015). Finalcial literacy dan perilaku keuangan mahasiswa (studi kasus mahasiswa stie ‘YPPI’ Rembang). Buletin Bisnis & Manajemen, 01(02), 171–189. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47686/bbm.v1i2.14

Suciana, A. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat literasi finansial mahasiswa pendidikan ekonomi fakultas tarbiyah dan keguruan uin suska riau. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. accounthink: Journal of Accounting and Finance, 4(02), 804–818. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2208

Utami, N., Sitanggang, M. L., & Sitanggang, M. L. (2021). The Analysis of Financial Literacy and Its Impact on Investment Decisions: A Study on Generation Z In Jakarta. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 9(1), 33. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v9i1.1840

Widayati, I. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi finansial mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas brawijaya. ASSET: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 1(1), 89–99. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jap.v1i1.527

Widyastuti, M., Indrawati, L., & Paula, P. (2022). Level of Financial Literacy Reviewed Various Factors on Economic Students. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(2), 937–949. https://doi.org/10.29040/ijebar.v6i2.5503

Yin Yin, K., Yusof, R., & Abe, Y. (2022). Integrating financial literacy into economics courses through digital tools: the Finlite app. Journal of International Education in Business, 15(2), 331–350. https://doi.org/10.1108/JIEB-06-2021-0068




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.3135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats